❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Berbagai Penyebab Kaca Mobil Jadi Tipis yang Harus Diwaspadai

Penyebab Kaca Mobil Jadi Tipis

Apakah Anda pernah mengalami masalah kaca mobil jadi tipis dan rentan terhadap kerusakan? Penipisan kaca mobil adalah masalah yang umum terjadi dan dapat memengaruhi keamanan dan kenyamanan Anda saat berkendara. Tidak hanya itu, kerusakan pada kaca mobil juga dapat berdampak pada biaya perbaikan yang cukup mahal. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai penyebab kaca mobil jadi tipis dan tips untuk menghindarinya. Yuk, disimak!

Penyebab Kaca Mobil Jadi Tipis

Kaca mobil jadi tipis adalah masalah yang umum terjadi dan dapat memengaruhi kualitas mobil Anda secara keseluruhan. Berikut ini adalah beberapa penyebab kaca mobil jadi tipis:

  1. Kaca Mobil yang Sudah Tua

Kaca mobil yang sudah digunakan selama bertahun-tahun akan mengalami penipisan yang disebabkan oleh proses penguraian. Proses ini terjadi ketika kaca terpapar sinar matahari, polutan, dan zat kimia lainnya selama waktu yang lama. Hal ini bisa membuat kaca mobil jadi tipis dan lebih mudah pecah atau retak.

Untuk mengatasi masalah ini, perlu dilakukan perawatan yang tepat pada kaca mobil. Pastikan untuk membersihkan kaca mobil secara teratur dan hindari terlalu lama membiarkan mobil terkena sinar matahari langsung. Jangan biarkan kaca mobil terkena polutan atau debu yang dapat membuatnya kusam dan mengurangi kualitasnya.

  1. Kerusakan Akibat Benturan

Kaca mobil yang mengalami benturan atau retak juga dapat mengalami penipisan secara bertahap. Proses ini dapat terjadi ketika kaca retak atau pecah dan mengalami kerusakan lebih lanjut seiring waktu. Bahkan setelah kaca diperbaiki atau diganti, kerusakan awal yang terjadi masih bisa membuat kaca mobil jadi tipis.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan mobil Anda tidak terkena benturan atau kerusakan yang berlebihan. Jangan terlalu memaksakan mobil Anda melewati jalan yang berlubang atau buruk. Jika kaca mobil mengalami retak atau kerusakan lainnya, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperbaiki dan jangan biarkan kerusakan tersebut semakin parah.

  1. Paparan Cuaca yang Ekstrim

Kondisi cuaca ekstrim seperti hujan lebat, panas terik, atau angin kencang dapat mempercepat proses kaca mobil jadi tipis. Ini terutama terjadi pada mobil yang sering diparkir di luar ruangan dan terpapar langsung oleh cuaca ekstrim.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan mobil Anda selalu terlindungi dari kondisi cuaca ekstrim. Jika memungkinkan, parkirkan mobil Anda di dalam garasi atau tempat yang aman dan jangan terlalu memaksakan mobil Anda melewati kondisi cuaca yang tidak aman. Selalu perhatikan kondisi kaca mobil Anda dan pastikan untuk membersihkannya secara teratur untuk menjaga kualitasnya.

  1. Penggunaan Pembersih Kaca Mobil yang Salah

Penggunaan pembersih kaca mobil yang mengandung bahan kimia keras atau penggosok yang kasar dapat mempercepat penipisan kaca. Penggunaan bahan kimia yang keras dan penggosok yang kasar dapat mengikis lapisan kaca pelindung, membuat kaca lebih mudah retak dan terkelupas.

Untuk menghindari masalah ini, gunakan pembersih kaca mobil yang dirancang khusus untuk membersihkan kaca mobil. Hindari penggunaan bahan kimia yang keras dan penggosok yang kasar, yang bisa merusak lapisan pelindung kaca. Jangan juga membiarkan kotoran atau debu menumpuk di kaca mobil, karena hal ini dapat membuat kaca menjadi kusam dan lebih rentan terhadap kerusakan.

  1. Kualitas Kaca Mobil yang Buruk

Kaca mobil yang tidak berkualitas baik atau palsu yang dipasang bisa mengalami penipisan lebih cepat dari kaca mobil asli yang berkualitas baik. Kaca mobil yang palsu seringkali dipasang untuk mengurangi biaya, namun kualitasnya lebih rendah dan lebih rentan terhadap kerusakan.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan Anda selalu membeli kaca mobil yang asli dan berkualitas dari produsen terpercaya. Hindari memilih kaca mobil yang murah dan palsu, karena kualitasnya cenderung lebih buruk dan rentan terhadap kerusakan.

Baca Juga: Inilah Kriteria Kualitas Kaca Film Mobil yang Perlu Diperhatikan

  1. Kondisi Jalan yang Buruk

Saat mobil melewati jalan yang buruk atau berlubang, getaran yang dihasilkan dapat mempercepat kaca mobil jadi tipis. Getaran yang dihasilkan saat mobil bergerak dapat membuat lapisan kaca pelindung lebih tipis dan lebih rentan terhadap kerusakan.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan mobil Anda memiliki suspensi yang baik dan selalu perhatikan kondisi jalan yang dilalui. Hindari jalan yang berlubang atau buruk, dan jika memungkinkan, gunakan rute alternatif yang lebih mulus dan tidak terlalu berisiko merusak mobil. Selalu perhatikan kondisi kaca mobil Anda setelah melewati jalan yang berlubang atau buruk dan pastikan untuk membersihkannya dengan lembut untuk menjaga kualitasnya.

Cegah Kaca Mobil Jadi Tipis dengan Perawatan Paripurna Coating Mobil dari Rustpro

Beberapa kesalahan penggunaan serta pengaruh lingkungan memang kerap menyebab kaca mobil jadi tipis. Hal ini tentu sangat riskan alami permasalahan karena kaca mobil sewaktu-waktu bisa saja pecah tanpa bisa diprediksi kapan terjadinya.

Untuk itu, pastikan Anda selalu emrawat bagian kaca mobil dengan benar agar kaca mobil tak mengalami penipisan, salah satunya dengan melakukan coating pada bagian kaca mobil. Salah satu pilihan paling terpercaya dengan kualitasnya yang terjamin untuk bisa Anda tuju adalah coating mobil di Rustpro.

Rustpro menghadirkan layanan coating mobil menggunakan formulasi Graphene 10H+ Protection yang memiliki sifat hydraphobic atau seperti efek daun talas. Sehingga percikan cairan, kotoran, dan polusi tak akan menempel di permukaan kaca mobil yang menyebabkan baret atau rusak. Selain itu, sifat Graphene memiliki perlindungan yang jauh lebih kuat dari ceramic dan nano coating biasa dalam menjaga kondisi permukaan kaca mobil dari goresan.

Dengan masa garansi 3 tahun, Anda bisa melakukan maintenance ulang dengan klaim garansi secara berkala di seluruh cabang Rustpro di Indonesia, selama garansi masih berlaku.

Jika Anda berdomisili di sekitar Cirebon, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133
  2. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  3. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena seringkali layanan coating mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau hubungi di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho. Jangan sampai ketinggalan, segera dipesan!

Akhir Kata

Itulah beberapa penjelasan rinci mengenai penyebab kaca mobil jadi tipis dan tips untuk mengatasi masalah ini. Penting untuk selalu merawat kaca mobil dengan baik agar dapat bertahan lebih lama dan tetap aman untuk digunakan, salah satunya dengan percayakan layanan coating di Rustpro untuk berikan perlindungan di kaca mobil kesayangan Anda.

RUSTPRO

It's My Responsibility