❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Bukan Jaminan Aman, Inilah Penyebab Mobil Baru Berkarat

Bukan Jaminan Aman, Inilah Penyebab Mobil Baru Berkarat

Mobil baru seringkali dianggap tahan karat karena masih baru dan memiliki cat yang bersih dan mengkilap. Namun, kenyataannya mobil baru juga bisa mengalami karat. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor. Oleh karena itu, penting untuk memahami penyebab mobil baru berkarat dan mengambil tindakan pencegahan yang tepat untuk menjaga mobil tetap awet dan tahan lama. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail tentang penyebab mobil baru berkarat dan tips perawatan untuk melindungi mobil dari risiko korosi.

Penyebab Mobil Baru Berkarat

Mobil baru yang berkarat mungkin terdengar tidak masuk akal, tetapi kenyataannya, mobil baru juga bisa mengalami karat. Berikut ini adalah beberapa penyebab mobil baru berkarat:

  1. Paparan Air

Paparan air merupakan salah satu penyebab utama mobil baru berkarat. Air hujan, air asin dari laut, atau bahkan semprotan air saat mencuci mobil dapat memicu korosi. Hal ini terjadi karena air mengandung oksigen yang dapat menyebabkan proses oksidasi pada permukaan logam. Selain itu, kondisi lingkungan yang lembab dan basah juga dapat mempercepat proses korosi pada mobil. Oleh karena itu, jika mobil sering terpapar air, perlu dilakukan perawatan yang lebih sering dan penggunaan bahan anti-karat.

  1. Asam

Asam merupakan salah satu bahan kimia yang dapat merusak lapisan pelindung cat mobil dan memicu korosi pada permukaan logam. Asam sulfat dan asam hidroklorida, misalnya, dapat berasal dari polusi udara, industri, atau bahkan asap rokok. Jika mobil sering terpapar asam, seperti daerah dengan polusi udara yang tinggi atau jalur transportasi yang padat, maka risiko mobil berkarat akan meningkat. Oleh karena itu, mobil perlu dirawat dengan lebih sering, dan dicuci secara teratur menggunakan bahan pembersih yang aman untuk mobil.

  1. Garam

Garam merupakan salah satu zat yang dapat merusak cat mobil dan memicu korosi pada permukaan logam. Garam dapat berasal dari lingkungan sekitar mobil atau dari jalur transportasi yang menggunakan garam untuk menghilangkan salju atau es. Jika mobil sering digunakan di daerah yang dekat dengan pantai atau sering melewati jalan yang telah dibersihkan dengan garam, maka risiko mobil berkarat akan meningkat. Oleh karena itu, perlu dilakukan perawatan dan penggunaan bahan anti-karat untuk melindungi mobil dari pengaruh garam.

  1. Tidak Dilap dengan Baik

Sisa air atau debu yang tertinggal pada mobil setelah dicuci dapat menyebabkan korosi. Hal ini karena partikel-partikel tersebut dapat menarik air dan menyebabkan permukaan mobil tetap basah, sehingga memicu korosi. Oleh karena itu, setelah mencuci mobil, pastikan mobil dikeringkan dengan baik dan tidak ada sisa air atau debu yang tertinggal pada mobil. Selain itu, mobil perlu dirawat secara teratur dengan menggunakan bahan anti-karat untuk melindungi mobil dari risiko korosi akibat sisa air atau debu yang tertinggal.

  1. Kontak dengan Zat Kimia

Kontak dengan zat kimia seperti bensin, pelarut cat, atau bahan pembersih rumah tangga juga dapat merusak cat mobil dan menyebabkan mobil baru berkarat. Bahan kimia tersebut dapat menembus lapisan pelindung cat mobil dan merusak permukaan logam, sehingga memicu korosi. Oleh karena itu, jika mobil terkena zat kimia, segera bersihkan dengan bahan pembersih yang aman dan keringkan dengan baik. Selain itu, perlu dihindari penggunaan bahan kimia yang tidak cocok untuk mobil pada saat membersihkan atau merawat mobil.

  1. Cacat dalam Produksi

Beberapa mobil mungkin memiliki cacat dalam produksi, seperti ketidaksempurnaan pada lapisan cat atau pengelasan yang tidak sempurna, yang dapat memicu mobil baru berkarat. Cacat ini dapat terjadi pada mobil baru karena proses produksi yang tidak sempurna atau pengiriman mobil yang tidak memperhatikan kondisi lingkungan sekitar mobil. Oleh karena itu, penting untuk memeriksa mobil baru sebelum membelinya dan memastikan mobil yang dibeli dalam kondisi baik dan tidak memiliki cacat produksi yang dapat memicu karat.

  1. Kurangnya Perawatan

Kurangnya perawatan juga dapat memicu mobil baru berkarat. Jika mobil tidak pernah dicuci atau dilindungi dengan bahan anti-karat, maka risiko karat dapat meningkat. Selain itu, perawatan yang buruk, seperti tidak mengganti oli, filter udara, dan filter bahan bakar, juga dapat mempercepat korosi pada mobil. Oleh karena itu, penting untuk merawat mobil secara teratur dan menggunakan bahan anti-karat untuk melindungi mobil dari pengaruh lingkungan yang buruk. Perawatan yang baik akan membuat mobil tetap awet dan tahan lama, dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan pada mobil.

Baca Juga: 8 Perawatan Body Mobil Agar Mengkilap & Tidak Kusam

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Beri Perlindungan Ekstra Cegah Mobil Baru Berkarat dengan Anti Karat Rustpro!

Memiliki mobil baru memang memberikan kebanggaan tersendiri, namun sayangnya hal ini tidak menjamin mobil terbebas dari risiko karat. Meskipun mobil baru biasanya sudah dilengkapi dengan lapisan anti karat bawaan pabrik, namun kenyataannya anti karat tersebut hanya diaplikasikan pada bagian-bagian tertentu saja. Bagian-bagian yang rentan terkena karat, seperti sambungan body mobil, celah di bawah kap mobil, dan bagian-bagian lain yang tidak terjangkau oleh lapisan cat mobil, tidak diaplikasikan dengan anti karat. Hal ini menyebabkan mobil tetap rentan terkena karat meskipun sudah dilengkapi dengan anti karat bawaan pabrik.

Oleh karena itu, sebagai pemilik mobil, perlu menggunakan lapisan anti karat tambahan dengan kualitas terbaik agar dapat memberikan perlindungan yang kuat dan tahan lama. Salah satu merek anti karat mobil yang terkenal dengan kualitas terbaik adalah Rustpro.

Rustpro menghadirkan lapisan anti karat dengan formulasi berbahan rubber atau karet yang mampu memberikan perlindungan maksimal pada mobil Anda. Anti karat mobil Rustpro jauh lebih ringan, cepat kering, dan tahan di suhu tinggi dibandingkan lapisan anti karat merek lain yang berbahan dasar aspal.

Tapi karena sering dipenuhi antrean, pastikan Anda melakukan reservasi untuk amankan antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau hubungi di sini) untuk dapatkan penanganan langsung tanpa menunggu antrean.

Penutup

Mengenal penyebab mobil baru berkarat penting untuk menjaga kondisi mobil tetap prima dan menghindari kerusakan yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, perawatan mobil perlu dilakukan dengan lebih sering dan dilakukan dengan menggunakan bahan yang aman untuk mobil. Salah satunya dengan berikan lapisan anti karat mobil Rustpro untuk perlindungan esktra yang lebih kuat untuk cegah mobil baru berkarat.

RUSTPRO

It's My Responsibility