❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ternyata Ini 4 Penyebab Pintu Mobil Berbunyi

penyebab pintu mobil berbunyi

Jika Anda mendapati bunyi-bunyian yang tidak biasa ketika membuka atau menutup pintu mobil, itu bisa mengganggu dan mengindikasikan masalah yang perlu segera ditangani.

Pintu mobil yang berbunyi mungkin terdengar seperti masalah kecil, tetapi itu bisa menjadi tanda dari masalah yang lebih besar di baliknya.

Maka dari itu, melalui artikel ini, rustpro.id akan membagikan beberapa informasi tentang penyebab pintu mobil berbunyi yang mengganggu.

So, ini dia informasi lengkapnya untuk Anda!

Penyebab Pintu Mobil Berbunyi

Berikut adalah 4 (empat) penyebab pintu mobil yang berbunyi:

1. Karet Pintu yang Aus

Salah satu penyebab utama dari bunyi-bunyian pada pintu mobil adalah karet pintu yang aus. Karet pintu berfungsi sebagai segel antara pintu dan rangka mobil yang membantu mencegah kebocoran air dan suara masuk ke dalam kabin.

Akan tetapi, seiring waktu dan penggunaan, karet pintu bisa menjadi aus dan kaku, yang dapat menyebabkan gesekan dan bunyi-bunyian saat pintu dibuka atau ditutup.

Cara mengatasi pintu mobil berbunyi akibat masalah ini adalah dengan mengganti karet pintu yang aus dengan yang baru.

Anda dapat melakukannya sendiri karena caranya cukup sederhana. Namun jika Anda ragu, Anda dapat mengunjungi bengkel untuk mendapatkan bantuan dari ahlinya.

Dengan mengganti karet pintu yang aus, Anda dapat mengembalikan fungsi segel pintu dan menghilangkan bunyi-bunyian yang mengganggu.

2. Kerak pada Engsel Pintu

Engsel pintu yang kotor atau terdapat kerak juga dapat menjadi penyebab pintu mobil berbunyi.

Debu, kotoran, dan kelembaban dapat menumpuk di sekitar engsel pintu sehingga menyebabkan gesekan dan suara yang tidak diinginkan saat pintu dibuka atau ditutup.

Untuk mengatasi masalah pintu berbunyi yang satu ini, Anda perlu membersihkan engsel pintu secara menyeluruh.

Gunakan sikat atau kain yang lembut untuk membersihkan semua bagian dari engsel pintu, termasuk bagian yang tersembunyi.

Setelah membersihkan, Anda juga dapat melumasi engsel dengan pelumas khusus untuk mencegah terbentuknya kerak dan mengurangi gesekan saat pintu digerakkan.

3. Engsel Pintu yang Longgar atau Aus

Engsel pintu yang longgar atau aus juga bisa menjadi penyebab dari bunyi-bunyian pada pintu mobil. Seiring penggunaan, engsel pintu dapat mengalami keausan atau longgar, yang menyebabkan pintu bergoyang atau bergetar saat dibuka atau ditutup.

Cara mengatasi pintu mobil berbunyi karena masalah ini adalah Anda perlu mengencangkan atau bahkan mengganti engsel pintu yang aus.

Pastikan untuk memeriksa semua baut dan pengencang pada engsel pintu dan pastikan semuanya dalam kondisi yang baik.

Jika engsel pintu terlalu aus atau rusak, Anda mungkin perlu menggantinya dengan yang baru untuk mengembalikan kestabilan pintu dan menghilangkan bunyi-bunyian yang tidak diinginkan.

4. Karat pada Komponen Pintu

Terakhir, penyebab pintu mobil berbunyi dapat berasal dari karat yang terdapat pada komponen pintu.

Karat bisa terbentuk di sekitar engsel pintu, klip atau kait pintu, atau di dalam mekanisme kunci pintu.

Karat dapat menyebabkan gesekan dan kebisingan yang tidak diinginkan saat pintu dibuka atau ditutup, serta dapat menyebabkan kerusakan yang lebih serius jika tidak ditangani dengan cepat.

Cara mengatasi masalah pintu mobil yang berkarat, Anda perlu membersihkan karat dari komponen pintu dan melindungi mereka dari korosi lebih lanjut.

Gunakan sikat kawat atau penghilang karat untuk membersihkan karat dari permukaan komponen pintu, lalu gunakan pelumas atau anti-karat untuk melindungi mereka dari kerusakan lebih lanjut.

Pastikan untuk memeriksa secara berkala dan membersihkan komponen pintu secara teratur untuk mencegah terbentuknya karat.

Baca Juga: Ini Dia 5 Manfaat Poles Mobil

Cegah dan Atasi Karat pada Pintu Mobil bersama RustPro! Garansi 8 Tahun!

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu  penyebab pintu mobil berbunyi adalah adanya karat pada komponen pintu.

Nah, untuk mengatasi masalah itu, RustPro menawarkan layanan anti karat mobil yang bisa Anda nikmati untuk mengatasi karat pada bagian doortrim atau pintu mobil.

Tersedia beragam paket layanan anti karat di RustPro. Selain penyemprotan pada bagian doortrim, kami juga melayani penyemprotan anti karat pada bagian-bagian mobil yang rentan lainnya, seperti kolong dan fender roda.

Untuk bahan anti karat, kami menggunakan cat anti karat berbahan rubber yang memiliki sifat tahan air, sehingga aman digunakan saat melewati genangan air atau cuaca hujan.

RustPro pun memberikan garansi selama 8 tahun untuk menjamin kualitas dan ketahanan cat anti karat yang digunakan.

Selama masa garansi ini juga Anda dapat melakukan maintenance anti karat secara GRATIS. Jadi, Anda dapat jauh lebih hemat biaya karena tidak perlu berulang kali keluar biaya untuk memberikan perlindungan anti karat pada mobil kesayangan Anda.

Yuk, segera lindungi mobil Anda dari karat atau korosi bersama RustPro sekarang! Hubungi kami via WhatsApp di nomor 0812-1130-9522 untuk info lengkap dan reservasi layanan.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.68, RT.3/RW.19, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Demikianlah informasi mengenai penyebab pintu mobil berbunyi beserta cara untuk mengatasinya.

engan pemeliharaan yang tepat dan perawatan yang teratur, Anda dapat mengatasi masalah ini dan menjaga pintu mobil Anda berfungsi dengan baik.

Jadi, jangan biarkan bunyi-bunyian pada pintu mobil mengganggu lagi! Temukan penyebabnya dan segera ambil tindakan untuk mengatasinya!

RUSTPRO

It's My Responsibility