❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

5 Penyebab Rem Mobil Terkunci, Waspada!

penyebab rem mobil terkunci

Rem yang terkunci adalah masalah yang sangat mengganggu dan berpotensi berbahaya bagi pengemudi dan penumpang. Ketika rem mobil terkunci, kendaraan tidak dapat bergerak dengan lancar, bahkan dapat menyebabkan kecelakaan serius.

Supaya Anda terhindar dari masalah ini, rustpro.id telah menyiapkan beberapa informasi tentang penyebab rem mobil terkunci.

Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

Penyebab Rem Mobil Terkunci

Inilah 5 (lima) penyebab rem mobil yang terkunci:

1. Karat pada Sistem Rem

Karat adalah salah satu penyebab rem mobil terkunci yang paling utama. Karat dapat terbentuk pada bagian-bagian rem seperti cakram atau drum rem, serta pada bagian-bagian yang terlibat dalam pergerakan rem seperti kaliper dan silinder roda.

Ketika karat terbentuk, itu dapat mengganggu pergerakan pada bagian-bagian sistem rem tersebut, sehingga dapat menyebabkan rem terkunci.

Untuk mencegah masalah ini, pastikan untuk melakukan pemeriksaan berkala pada sistem rem Anda dan membersihkan setiap tanda-tanda karat yang mungkin muncul.

Selain itu, menjaga mobil Anda terlindungi dari kelembaban dapat membantu mencegah pembentukan karat.

2. Stelan Rem Terlalu Rapat

Stelan rem yang terlalu rapat juga dapat menyebabkan rem mobil terkunci. Ketika stelan rem diatur terlalu ketat, tekanan yang diberikan pada kanvas rem dapat menjadi terlalu tinggi, menyebabkan roda terkunci saat direm.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan untuk memeriksa stelan rem secara teratur dan pastikan bahwa mereka diatur dengan benar sesuai dengan spesifikasi produsen.

Jika Anda merasa rem terlalu ketat, segera periksakan kendaraan Anda ke bengkel terdekat untuk penyesuaian yang diperlukan.

3. Kanvas Rem yang Basah Didiamkan Lama

Kanvas rem yang basah dan didiamkan dalam jangka waktu yang lama juga dapat menjadi penyebab rem mobil terkunci.

Basahnya kanvas rem bisa disebabkan oleh kebocoran cairan rem atau paparan air yang berlebihan, misalnya saat melewati genangan air dalam jumlah besar.

Jika kanvas rem basah, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk diperiksa dan dikeringkan. Kanvas rem yang basah dapat menyebabkan gesekan berlebihan saat rem diterapkan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rem terkunci.

4. Mobil Sudah Lama Tidak Digunakan

Mobil yang sudah lama tidak digunakan juga rentan mengalami rem terkunci. Ketika mobil dibiarkan diam dalam waktu yang lama, komponen-komponen rem dapat berkarat atau tersumbat, yang dapat menjadi penyebab rem mobil terkunci saat mobil kembali digunakan.

Pastikan untuk menjalankan mobil secara rutin, bahkan jika hanya untuk jalan pendek. Ini berguna untuk membantu menjaga komponen-komponen rem tetap berfungsi dengan baik dan menghindari terjadinya karat atau kelembaban yang dapat menyebabkan rem terkunci.

5. Kurangnya Perawatan

Kurangnya perawatan secara umum juga dapat menjadi penyebab rem mobil terkunci. Ketika mobil tidak mendapatkan perawatan yang cukup, komponen-komponen rem dapat mengalami aus atau rusak, yang dapat menyebabkan masalah seperti rem terkunci.

Oleh karena itu, penting untuk menjadwalkan pemeriksaan dan perawatan reguler untuk mobil Anda, termasuk sistem rem. Ini akan membantu mendeteksi masalah dengan cepat dan mencegah masalah serius seperti rem terkunci terjadi.

Cara Mengatasi Rem Mobil Terkunci

Berikut adalah 4 (empat) cara untuk mengatasi rem mobil yang terkunci:

1. Jalankan Mobil dengan Sedikit Dihentak

Langkah pertama yang dapat Anda ambil ketika rem mobil terkunci adalah mencoba untuk menggerakkan mobil dengan sedikit dihentak.

Ini bisa membantu melepaskan tekanan dari rem yang terkunci dan memungkinkan roda untuk bergerak lagi. Cobalah untuk menggerakkan mobil maju secara perlahan sambil memberikan sedikit tekanan pada pedal gas.

2. Jika Belum Berhasil, Mundurkan Mobil

Jika mencoba untuk maju tidak berhasil, coba mundurkan mobil. Mundurkan dengan hati-hati sambil memberikan sedikit tekanan pada pedal gas.

Proses ini dapat membantu melepaskan rem yang terkunci dan memungkinkan roda untuk bergerak kembali.

3. Manjukan Mundurkan Mobil Hingga Roda Bisa Berjalan Lancar

Jika mundurkan mobil dengan sedikit tekanan pada pedal gas juga gagal, coba manjukan mundurkan mobil dengan lebih tegas.

Ini mungkin memerlukan sedikit usaha ekstra, tetapi dapat membantu melepaskan rem mobil yang terkunci.

4. Bawa Mobil Keliling untuk Mempercepat Pengeringan Kanvas dan Menggilas Debu yang Mengeras

Ketika ban mobil sudah bisa digerakan, bawalah mobil keliling jalanan untuk mempercepat pengeringan kanvas rem dan menggilas debu yang mungkin telah mengeras di antara rem dan cakram.

Namun, pastikan untuk tetap berhati-hati dan waspada selama proses ini, dan jika rem masih terkunci setelah mencoba ini, segera bawa mobil Anda ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut.

Baca Juga: Ini 4 Fungsi Anti Karat Mobil

Cegah Karat pada Mobil bersama RustPro Garansi 8 Tahun!

Karat merupakan musuh utama bagi mobil. Karat dapat merusak bodi mobil dan membuat mobil menjadi tidak aman untuk dikendarai.

Lindungi mobil Anda dari karat sekarang bersama RustPro!

RustPro menyediakan layanan anti karat mobil dengan garansi 8 tahun. Kami menggunakan teknologi anti karat terbaik yang sama seperti yang digunakan pada kapal laut.

Cat anti karat yang biasa digunakan kapal laut terbukti lebih tahan lama. Hal ini dapat terlihat dari kapal yang selalu kokoh ketika diterjang ombak air laut.

Selain garansi, RustPro juga menyediakan layanan maintenance secara GRATIS setiap tahun. Ini untuk memastikan mobil Anda selalu terbebas karat dan korosi.

Bersama RustPro, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan karat pada mobil, karena dijamin terlindungi selama bertahun-tahun.

Yuk, segera reservasi di RustPro sekarang untuk mendapatkan penawaran terbaik! Hubungi kami via WhatsApp Customer Service di nomor 0812-1130-9522!

Jika Anda berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, Anda bisa mengunjungi cabang kami yang beralamat lengkap di bawah ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Jl. Pegangsaan Dua No.68, RT.3/RW.19, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi.74A, Drajat, Kec. Kesambi Kota Cirebon Jawa Barat, Lantai 2, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Itulah dia beberapa penyebab rem mobil terkunci yang perlu Anda ketahui dan waspadai.

Pastikan untuk melakukan pemeriksaan reguler pada sistem rem Anda dan perhatikan tanda-tanda masalah potensial.

Jika Anda mengalami masalah dengan rem terkunci, segera periksakan kendaraan Anda ke bengkel terdekat untuk perbaikan yang diperlukan. Dengan tindakan yang tepat, Anda dapat menjaga sistem rem Anda tetap berfungsi dengan baik dan aman untuk penggunaan sehari-hari.

RUSTPRO

It's My Responsibility