❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Perbedaan Nano Wax dan Ceramic Coating

perbedaan nano wax dan ceramic coating

Dalam dunia perawatan dan perlindungan mobil, ada yang namanya Coating mobil. Coating sendiri adalah suatu proses pemberian cat tambahan bersifat khusus. Fungsi dari coating sendiri adalah agar cat mobil tidak putar dan juga daya tahannya semakin baik. Coating sendiri ada dua jenis, yaitu Nano wax dan ceramic coating.

Meski keduanya sama-sama merupakan perlindungan yang diberikan untuk cat mobil, namun dalam banyak detail keduanya memiliki banyak perbedaan. Untuk mengetahui detailnya masing-masing, berikut mari kita bedah satu persatu perbedaannya

Beda bagian yang dilapisi nano wax dan ceramic coating

perbedaan nano wax dan ceramic coating

Perbedaan nano wax dan ceramic coating yang pertama adalah bagian yang dilapisi. Memang keduanya sama-sama memberikan pelapisan pada cat, namun detailnya sangat berbeda.

Kalau nano wax bagian yang dilapisi adalah permukaan cat namun bisa meresap lebih dalam, masuk ke pori-pori cat. Hal ini karena memang menggunakan bahan dengan ukuran nano sehingga dapat menembus pada lapisan yang lebih dalam.

Sedangkan untuk ceramic coating, bagian yang dilapisi hanya bagian luar catnya saja. Lain lagi kalau ceramic coating ini juga menggunakan bahan nano juga. Maka namanya menjadi nano ceramic coating dan dapat melapisi lebih dalam juga. Demikian perbedaan nano wax dan ceramic coating yang pertama.

Beda cairan yang digunakan nano wax dan ceramic coating

Kalau ceramic coating, pelapisannya menggunakan cairan yang didalamnya terkandung partikel keramik khusus. Namun tentu saja untuk ceramic coating bahan cairannya tidak berukuran nano sehingga bagian yang dilapisi hanya lapisan cat bagian luar.

Sedangkan untuk nano wax, cairan yang digunakan menggunakan partikel berukuran nano yang dapat meresap lebih dalam sampai pori-pori cat. Jadi untuk jenis ini cairannya akan melekat lebih kuat karena tidak hanya pada bagian luar saja.

Demikian perbedaan nano wax dan ceramic coating yang kedua. Jelas bahwa bahan dasarnya juga berbeda, yang satu menggunakan wax dan yang satu menggunakan ceramic. Perbedaan lainnya adalah yang wax menggunakan partikel berukuran nano.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  1. Beda perlindungan yang diberikan nano wax dan ceramic coating

Perbedaan nano wax dan ceramic coating yang selanjutnya adalah pada perlindungan atau proteksi yang diberikan. Jika dilihat secara detail, nano wax memang lebih meresap karena partikelnya berukuran nano.

Namun ternyata, perlindungan yang diberikan ceramic coating lebih baik dari nano wax. Hal ini mengacu pada bahan dasarnya. Karena meski nano, pada dasarnya wax adalah cairan serupa lilin. Sedangkan ceramic adalah partikel yang ketika kering akan menjadi sangat keras dan kuat.

Selain itu molekul yang dimiliki wax terlalu besar sehingga dia tidak bisa bertahan lama. Disamping itu juga kurang maksimal dalam memproteksi.

  1. Beda daya tahan nano wax dan ceramic coating

Seperti telah disebutkan diatas bahwa bahan dasar dari jenis ceramic coating lebih unggul. Karena itulah daya tahan ceramic coating juga lebih unggul. Ceramic coating paling lama bisa bertahan sampai 2 tahun. Hal ini tentu jika disertai dengan perawatan yang diberikan pada mobil.

Semakin baik perawatannya, maka hasil coating akan bertahan lebih lama. Bahkan ada yang bisa bertahan sampai 3 tahun. Namun hal ini tentu dipengaruhi juga oleh jenis ceramic coating yang dipilih. Semakin mahal biasanya kualitas dan daya tahannya semakin bagus.

Kalau nano wax tidak bisa bertahan selama ceramic coating. Di Indonesia paling lama bisa bertahan 1 bulan. Hal ini karena pengaruh iklim Indonesia. Namun jika di luar negeri bisa bertahan sampai 1 tahun lamanya. Demikian perbedaan nano wax dan ceramic coating dari segi daya tahan.

Mau yang wax atau ceramic semua tergantung pilihan. Tidak ada ketentuan khusus mobil apa harus menggunakan bahan coating apa. Jadi pemilik mobil berhak menentukan sesuai minatnya sendiri. Namun untuk hemat jangka panjang tentunya lebih baik sekalian pakai ceramic coating.

  1. Beda perawatan nano wax dan ceramic coating

Sebenarnya kalau soal perawatan sama sama saja. Karena baik nano wax ataupun ceramic coatiing, keduanya tetap harus mendapatkan perawatan maksimal. Hal ini agar keduanya bisa memberikan perlindungan maksimal sesuai kapasitasnya masing-masing.

Namun secara garis besar, perawatan ceramic coating jelas lebih banyak dan bersifat khusus. Jadi buat kalian yang ingin menggunakan jenis nano ceramic, sebaiknya mengetahi lebih lanjut seputar perawatannya. Jangan sampai sudah pasang namun justru abai untuk merawat mobil. Misal dengan rutin mencuci agar kebersihannya terjaga.

Yang perlu diperhatikan, mobil yang telah dilapisi dengen ceramic coating sebaiknya tidak dicuci dulu selama dua hari setelah pelapisan. Hal ini untuk membuat seluruh lapisan benar-benar solid sehingga tidak berpotensi luntur saat dicuci.

  1. Beda harga nano wax dan ceramic coating

Diatas telah dijelaskan bahwa perbedaan nano wax dan ceramic coating lebih tahan lama dan proteksinya lebih baik. Maka tentu saja ceramic coating juga membutuhkan biaya yang lebih tinggi. Paling murah biasanya kisaran harga Rp 3 juta. Semakin tinggi lagi harganya, tentu kualitas ceramic coating juga semakin bagus.

Sedangkan untuk nano wax harganya tidak semahal ceramic coating. Namun jika untuk perhitungan jangka panjang, nano ceramic coating lebih disarankan. kalian juga bisa memasangnya di Dokter mobil sekalian dengan pemasangan anti karat Rustpro.

Beda harga dari kedua jenis ini juga ditentkan oleh ukuran kendaraan. Yang ukurannya lebih besar tentu saja tidak sama harganya dengan yang berukuran kecil atau sedang. Karena kaitannya dengan bahan yang digunakan. Semakin besar ukuran mobil, bahan yang digunakan akan semakin banyak. Demikian perbedaan nano wax dan ceramic coating dari segi harga.

Dibaca Juga:Simak Manfaat Rust Protection Pada Kolong Mobil

  1. Beda gambaran bentuk nano wax dan ceramic coating

Ceramin coating menggunakan bahan silika yang juga memiliki kandungan keramik dalam cairannya. Yang mana cairan silika ini dapat berubah menjadi keras dengan mengkristal. Jadi kalau sudah kering bisa dikatakan bentuknya seperti akrilik yang sangat tipis.

Sedangkan wax lebih ke semi ceramic. Kalau tepatnya bisa dikatakan cairan lilin. Sehingga kalau soal keoadatannya juga tidak akan sekeras perbedaan nano wax dan ceramic coating. Demikian perbedaan nano wax dan ceramic coating dari segi gambaran bentuknya.

Demikian perbedaan nano wax dan ceramic coating secara keseluruhan, mulai dari cairan yang digunakan, proteksi yang diberikan, dan juga perbedaan harga antara perbedaan nano wax dan ceramic coating. Kalau secara perawatan keduanya hampir sama karena harus sama-sama rutin dibersihkan agar tahan lama. Hanya saja untuk ceramic coating biasanya lebih khusus jadi harus dipahami secara mendetail.

Disamping coating, mobil sebaiknya juga dipasangi anti karat agar terhindar dari kerusakan akibat karat. Salah satu anti karat yang dapat digunakan adalah Rustpro. Perlindungan anti karat yang diberikan oleh Rustpro bersifat menyeluruh dan juga tahan lama mencapai 8 tahun. Jadi sangat disarankan menggunakan Rustpro juga disamping coating

RUSTPRO

It's My Responsibility