❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Mengenal Perbedaan VTEC dan i-VTEC pada Mesin Mobil Honda

perbedaan vtec dan i-vtec

Dalam dunia otomotif, peningkatan performa mesin dan efisiensi bahan bakar selalu menjadi fokus utama bagi para produsen mobil.

Honda adalah salah satu dari sekian banyak perusahaan yang berhasil mencapai keseimbangan sempurna antara kinerja mesin dan efisiensi bahan bakar.

Sebagai salah satu pemimpin dalam inovasi teknologi otomotif, Honda telah menghadirkan dua teknologi katup variabel yang legendaris, yaitu VTEC (Variable Valve Timing and Lift Electronic Control) dan i-VTEC (Intelligent Variable Valve Timing and Lift Electronic Control).

Perbedaan VTEC dan i-VTEC pada umumnya terletak pada efisiensi bahan bakar yang digunakan untuk menggerakan mesin. Dalam hal ini i-VTEC adalah teknologi katup mesin terbaru yang merupakan hasil inovasi dari VTEC.

Untuk lebih lengkap tentang penjelasan perbedaan mesin VTEC dan i-VTEC, mari simak ulasan kami berikut ini!

Pengertian VTEC

VTEC adalah teknologi katup variabel pertama yang diperkenalkan oleh Honda pada awal tahun 1990-an.

VTEC merupakan solusi inovatif untuk mencapai dua hal yang tampaknya bertentangan dalam mesin mobil, yaitu performa tinggi pada kecepatan tinggi dan efisiensi bahan bakar yang baik pada kecepatan rendah atau beban ringan.

Teknologi VTEC beroperasi dengan menggunakan dua profil kemampuan katup yang berbeda, yang dikenal sebagai “profil rendah” dan “profil tinggi.”

Pada kecepatan rendah atau beban ringan, mesin beroperasi pada profil rendah, di mana satu katup masuk bertanggung jawab untuk mengalirkan campuran udara-bahan bakar ke ruang bakar.

Namun, saat mesin mencapai kecepatan tinggi atau beban berat, VTEC beralih ke profil tinggi dengan membuka tambahan katup masuk, sehingga lebih banyak campuran udara-bahan bakar dapat masuk ke dalam ruang bakar dan menghasilkan lebih banyak tenaga.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Pengertian i-VTEC

i-VTEC adalah pengembangan lebih lanjut dari teknologi VTEC yang diperkenalkan oleh Honda untuk beberapa model mobil mereka.

i-VTEC menambahkan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dalam mengatur waktu buka dan penutupan katup serta mengoptimalkan waktu pembukaan katup masuk.

Perbedaan paling mencolok antara VTEC dan i-VTEC adalah integrasi teknologi VTC pada sistem i-VTEC.

Dengan VTC, mesin dapat mengubah waktu pembukaan katup masuk, selain dari kemampuan tradisional VTEC dalam mengontrol angkat katup.

Hal ini memungkinkan mesin untuk lebih responsif terhadap perubahan kecepatan dan beban, sehingga mencapai efisiensi maksimum dan performa optimal dalam berbagai kondisi berkendara.

Perbedaan VTEC dan i-VTEC

Berikut adalah beberapa perbedaan antara mesin berteknologi VTEC dan i-VTEC:

Teknologi Tambahan

Perbedaan utama antara VTEC dan i-VTEC terletak pada tambahan teknologi VTC pada sistem i-VTEC.

Mesin VTEC hanya mampu mengontrol angkat katup. Sedangkan i-VTEC menggabungkan kemampuan ini dengan mengatur waktu pembukaan katup masuk, sehingga mengoptimalkan efisiensi dan performa mesin.

Responsif terhadap Perubahan

i-VTEC lebih responsif terhadap perubahan kecepatan dan beban, karena kemampuan VTC-nya yang memungkinkan penyesuaian waktu pembukaan katup masuk secara otomatis.

Hal ini membantu menghadirkan performa lebih baik dan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi dibandingkan dengan VTEC.

Pemenuhan Standar Emisi yang Lebih Ketat

Perbedaan VTEC dan i-VTEC lainnya juga terdapat pada pemenuhan standar emisinya.

Dengan teknologi i-VTEC, mobil-mobil keluaran pabrikan Honda dapat mencapai tingkat emisi yang lebih rendah dan memenuhi standar emisi yang lebih ketat.

Pengoptimalan pembakaran bahan bakar berkat kemampuan VTC membantu mengurangi jumlah emisi berbahaya dari mesin.

Penghematan Bahan Bakar yang Lebih Baik

Meskipun VTEC sudah menghadirkan efisiensi bahan bakar yang baik pada kecepatan rendah atau beban ringan, i-VTEC membawa perbaikan lebih lanjut dalam hal ini.

Pengaturan katup yang cerdas memungkinkan lebih banyak udara-bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, menghasilkan pembakaran yang lebih efisien dan penghematan bahan bakar yang lebih baik.

Baca Juga: Inilah 5 Perbedaan Mesin Diesel dan Bensin pada Mobil

Nikmati Kualitas Premium Lapisan Coating Graphene 10+ dengan Garansi 3 Tahun dari RustPro!

RustPro merupakan pusat perawatan kendaraan bermotor masa kini yang memanfaatkan perlengkapan dan produk paling mutakhir. Kami menawarkan layanan coating yang menjanjikan dengan daya tahan lama dan mampu membuat penampilan mobil menjadi lebih memukau.

Kami menerapkan teknologi coating Graphene 10+, yakni lapisan coating yang telah teruji efektif memberikan efek kilau dan memiliki tingkat ketahanan yang lebih lama dibanding dengan teknologi nano ceramic.

Selain itu, lapisan coating teknologi terbaru ini juga mampu melindungi kendaraan Anda dari potensi kerusakan akibat goresan dan debu selama beberapa tahun ke depan.

RustPro memberikan jaminan mutu pada produk coating Graphene 10+ dengan garansi hingga 3 tahun!

Jika Anda ingin mobil kesayangan Anda berpenampilan prima tanpa perlu menguras isi dompet, ini merupakan solusi yang tepat!

Segera hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di 0813-1150-2678. Nikmati POTONGAN HARGA SAMPAI 40% untuk layanan antara pukul 5 sore sampai 10 malam!

Proses aplikasi lapisan coating di RustPro ga perlu waktu lama. Dalam waktu 1×24 jam saja, lapisan coating akan menyerap sempurna ke dalam cat mobil Anda.

Untuk informasi lebih detil tentang layanan RustPro, seperti detailing mobil, perlindungan anti karat, dan instalasi kaca film, silakan kunjungi akun Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Kepada Anda yang berdomisili di wilayah Jabodetabek, Anda dipersilakan untuk datang ke cabang kami di alamat yang akan kami sampaikan.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Itulah beberapa perbdaan VTEC dan i-VTEC pada mesin mobil Honda.

Meskipun keduanya memiliki tujuan yang sama, yaitu mengoptimalkan kinerja mesin, perbedaan utama antara keduanya terletak pada integrasi teknologi VTC pada sistem i-VTEC.

Dengan demikian, i-VTEC memberikan respons yang lebih baik terhadap perubahan kecepatan dan beban, serta lebih efisien dalam hal konsumsi bahan bakar dan pemenuhan standar emisi yang ketat.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility