❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Perbedaan Wax dan Coating Mobil, Agar Tak Salah Pilih

Perbedaan Wax dan Coating Mobil

Jika Anda ingin melindungi dan mempercantik mobil Anda, Anda mungkin sudah familiar dengan produk wax dan coating mobil. Kedua produk ini memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memberikan perlindungan dan meningkatkan tampilan mobil. Namun, apakah Anda tahu bahwa perbedaan wax dan coating sangatlah signifikan? Di artikel ini, akan dibahas secara detail perbedaan wax dan coating mobil, sehingga Anda dapat memilih produk yang tepat untuk mobil Anda dan menjaga mobil Anda selalu dalam kondisi terbaik.

Perbedaan Wax dan Coating Mobil

Wax dan coating mobil merupakan dua jenis produk yang sering digunakan untuk melindungi dan mempercantik kendaraan Anda. Meskipun keduanya bertujuan sama, namun terdapat perbedaan penting antara keduanya. Berikut ini adalah perbedaan wax dan coating mobil yang perlu Anda ketahui:

  1. Cara Kerja

Perbedaan wax dan coating mobil terletak pada cara kerjanya dalam melindungi dan mempercantik mobil Anda. Wax bekerja dengan membentuk lapisan tipis pada permukaan mobil yang membuat air dan kotoran mudah terlepas saat dicuci. Lapisan wax ini juga memberikan kilau yang lebih pada mobil Anda. Sedangkan coating mobil bekerja dengan membentuk lapisan pelindung yang jauh lebih kuat dan tahan lama dibandingkan wax. Lapisan pelindung yang dihasilkan oleh coating mobil dapat menahan goresan dan noda, serta melindungi mobil dari sinar UV dan cuaca ekstrem.

Wax biasanya digunakan sebagai produk perawatan mobil yang ringan dan mudah diaplikasikan. Produk wax yang bagus dapat membantu menjaga kilau mobil Anda dalam jangka pendek, tetapi perlu diulang aplikasinya setiap beberapa minggu atau bulan. Sementara itu, coating mobil lebih mahal dan memerlukan lebih banyak perhatian dalam proses aplikasinya. Namun, coating mobil dapat memberikan perlindungan yang jauh lebih lama, sehingga dapat menghemat biaya perawatan mobil dalam jangka panjang.

  1. Lamanya Efek

Lama efek yang dihasilkan oleh wax dan coating mobil juga menjadi satu tanda perbedaan wax dan coating mobil. Wax hanya dapat bertahan selama beberapa minggu hingga beberapa bulan tergantung dari jenis produk dan pemakaian mobil. Setelah itu, wax perlu diaplikasikan ulang untuk menjaga kilau mobil Anda. Sementara itu, coating mobil dapat bertahan selama 1-2 tahun bahkan lebih tergantung dari jenis produk dan kondisi mobil. Hal ini karena lapisan pelindung yang dihasilkan oleh coating mobil jauh lebih kuat dan tahan lama dibandingkan wax. Meskipun coating mobil lebih mahal, namun lama efek yang jauh lebih lama dapat menghemat biaya perawatan mobil dalam jangka panjang.

  1. Proses Aplikasi

Proses aplikasi wax dan coating mobil juga jadi tanda perbedaan wax dan coating mobil. Wax dapat diaplikasikan dengan menggunakan kain atau spons dan diterapkan dengan gerakan melingkar pada permukaan mobil yang telah dibersihkan. Setelah itu, wax harus dihapus dengan kain yang bersih dan kering. Wax sangat mudah diaplikasikan dan dapat dilakukan sendiri di rumah. Sementara itu, coating mobil memerlukan proses aplikasi yang lebih teliti dan rumit. Biasanya, coating mobil diaplikasikan dalam beberapa lapisan dengan menggunakan aplikator khusus dan memerlukan waktu pengeringan yang lebih lama. Proses aplikasi coating mobil yang rumit dan memerlukan keahlian khusus membuatnya lebih cocok dilakukan oleh profesional di bengkel atau detailing center.

  1. Harga

Selain perbedaan dalam cara kerja, lama efek, dan proses aplikasi, harga juga menjadi perbedaan wax dan coating mobil. Harga wax umumnya lebih murah dibandingkan coating mobil. Produk wax berkualitas bisa ditemukan dengan harga yang terjangkau, dan seringkali dapat dibeli di toko-toko otomotif atau online shop. Sementara itu, harga coating mobil jauh lebih mahal dibandingkan dengan wax. Hal ini karena produk coating mobil memiliki kandungan bahan yang lebih banyak, sehingga memberikan perlindungan yang lebih kuat dan tahan lama.

  1. Ketersediaan Produk

Ketersediaan produk juga menjadi perbedaan wax dan coating mobil. Produk wax lebih mudah ditemukan di toko-toko otomotif dan online shop, bahkan di supermarket atau minimarket tertentu. Produk wax juga memiliki beragam jenis dan merek yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda. Sebaliknya, coating mobil biasanya hanya tersedia di bengkel atau detailing center yang memiliki spesialisasi dalam perawatan mobil. Produk coating mobil yang berkualitas baik biasanya diimpor dari luar negeri dan dapat lebih sulit ditemukan di Indonesia.

  1. Kebutuhan Perawatan

Sisi perbedaan wax dan coating mobil juga ada pada kebutuhan perawatannya. Wax hanya membutuhkan perawatan yang sederhana, seperti mencuci mobil secara teratur dan mengaplikasikan wax kembali setelah beberapa minggu atau bulan tergantung dari jenis produk dan pemakaian mobil. Sementara itu, coating mobil membutuhkan perawatan yang lebih intensif dan teratur, seperti mencuci mobil secara teratur dan melakukan pemeliharaan coating mobil setiap beberapa bulan atau setahun tergantung dari jenis produk dan pemakaian mobil.

Meskipun coating mobil membutuhkan perawatan yang lebih intensif, namun perawatan ini sangat penting untuk menjaga keefektifan perlindungan yang diberikan oleh coating mobil. Pemeliharaan coating mobil secara teratur dapat memperpanjang umur coating mobil dan membantu melindungi mobil Anda dari goresan dan noda.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  1. Tingkat Perlindungan

Perbedaan wax dan coating mobil juga terlihat dalam tingkat perlindungan yang diberikan. Wax memberikan perlindungan yang lebih ringan dan hanya dapat melindungi mobil dari kotoran dan air. Sedangkan coating mobil memberikan perlindungan yang lebih kuat dan tahan lama terhadap goresan, noda, sinar UV, dan cuaca ekstrem. Perlindungan yang diberikan oleh coating mobil jauh lebih efektif dalam menjaga tampilan mobil Anda tetap terjaga dan terlindungi dari kerusakan.

Namun, kebutuhan akan tingkat perlindungan yang diperlukan dapat bervariasi tergantung dari kondisi dan penggunaan mobil Anda, selain dari menimbang perbedaan wax dan coating mobil. Jika mobil Anda digunakan dalam kondisi yang ekstrem atau rentan terhadap goresan dan noda, maka coating mobil bisa menjadi pilihan yang lebih baik untuk memberikan perlindungan yang lebih kuat dan tahan lama. Namun, jika mobil Anda digunakan dalam kondisi yang lebih ringan dan hanya membutuhkan perlindungan yang ringan, maka wax bisa menjadi pilihan yang lebih hemat biaya dan mudah diaplikasikan.

Pentingnya Penanganan Mobil Hanya di Tempat Terpercaya, Seperti di Rustpro!

Memilih tempat atau bengkel yang tepat untuk melakukan perawatan pada bodi mobil sangat penting karena bodi mobil yang terawat dengan baik akan memperpanjang umur mobil Anda dan menjaga nilai jualnya. Bengkel yang tepat akan memiliki peralatan dan bahan yang tepat untuk menjaga kondisi bodi mobil, serta memiliki teknisi yang terlatih dan berpengalaman dalam melakukan perawatan mobil.

Selain itu, tempat atau bengkel yang tepat akan memberikan jaminan kualitas layanan dan hasil kerja yang memuaskan, sehingga Anda dapat yakin bahwa mobil Anda selalu dalam kondisi terbaik.

Nah, salah satu bengkel yang tak boleh Anda lewatkan karena keunggulan kualitasnya, jika Anda ingin melakukan coating mobil adalah Rustpro.

Rustpro Menggunakan formulasi coating mobil Graphene 10H+ Protection pertama dan satu-satunya di Indonesia, coating Graphene di Rustpro ini selain efektif melindungi mobil dari goresan, juga memiliki proteksi dari sinar UV dan memiliki sifat hydraphobic, yang membuat tetesan air hujan tak akan menyerap ke dalam permukaan cat bodi mobil.

Dengan masa garansi 3 tahun, klaim garansi ini bisa dengan mudah Anda klaim di seluruh cabang Rustpro tanpa terkecuali selama masa garansi masih berlaku.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Cirebon, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133
  2. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  3. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena seringkali layanan coating detailing mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho.

Akhir Kata

Ada perbedaan wax dan coating mobil dari sisi cara kerja, lama efek, proses aplikasi, harga, ketersediaan produk, kebutuhan perawatan, dan tingkat perlindungan yang diberikan. Wax lebih mudah diaplikasikan dan lebih murah, sementara coating mobil memberikan perlindungan yang lebih kuat dan tahan lama.

Dalam memilih produk perawatan mobil, pastikan Anda mempertimbangkan faktor seperti lama efek, jenis perlindungan yang dibutuhkan, dan proses aplikasi yang diperlukan. Dengan memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, Anda dapat memastikan mobil Anda selalu dalam kondisi terbaik. Salah satunya dengan percayakan layanan coating dan detailing mobil terbaik hanya dari Rustpro!

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility