❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Syarat Bawa Mobil Naik Kapal Laut untuk Mudik Antar Pulau

Syarat Bawa Mobil Naik Kapal Laut untuk Mudik Antar Pulau

Berkendara dengan mobil mungkin adalah salah satu cara paling nyaman untuk berlibur atau melakukan perjalanan jarak jauh. Namun, ada kalanya kita membutuhkan kapal laut atau kapal ferry untuk menyeberang ke tempat tujuan yang ingin kita tuju. Anda perlu tahu bawa ada syarat bawa mobil naik kapal laut. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara rinci syarat bawa mobil naik kapal laut atau kapal ferry dengan aman dan nyaman. Simak informasi lengkapnya di bawah ini!

Syarat Bawa Mobil Naik Kapal Laut atau Kapal Ferry

Bawa mobil naik kapal laut atau kapal ferry bisa menjadi alternatif transportasi yang efisien, terutama saat ingin menyeberangi pulau atau negara dengan jarak jauh. Namun, sebelum memutuskan untuk membawa mobil naik kapal laut atau kapal ferry, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar perjalanan Anda berjalan lancar. Berikut adalah beberapa syarat bawa mobil naik kapal laut atau kapal ferry:

  1. Mempersiapkan Dokumen Kendaraan yang Lengkap

Syarat bawa mobil naik kapal laut pertama yang harus dipenuhi adalah mempersiapkan dokumen kendaraan yang lengkap dan valid. STNK, BPKB, dan STNK harus dalam kondisi yang baik, dan pastikan bahwa masa berlaku surat-surat tersebut masih berlaku pada saat Anda melakukan perjalanan. Pihak kapal laut atau kapal ferry biasanya memeriksa dokumen kendaraan tersebut sebelum kendaraan Anda diizinkan naik kapal. Pastikan juga bahwa nama pemilik kendaraan di dokumen sesuai dengan nama yang tercantum pada tiket kapal laut atau kapal ferry yang dibeli.

  1. Membuat Reservasi Kapal Laut atau Kapal Ferry Terlebih Dahulu

Untuk membawa mobil naik kapal laut atau kapal ferry, pastikan Anda telah memesan tiket kapal terlebih dahulu. Pastikan Anda mengetahui jadwal keberangkatan kapal, jadwal boarding, dan jadwal tiba sebagai syarat bawa mobil naik kapal laut. Jangan lupa untuk mengecek ketersediaan kapal laut atau kapal ferry yang bisa mengangkut kendaraan. Lakukan reservasi sejak jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket dan mendapatkan harga yang lebih murah.

  1. Memeriksa Ukuran Kendaraan

Setiap kapal laut atau kapal ferry memiliki batasan ukuran kendaraan yang bisa dibawa. Pastikan kendaraan Anda sesuai dengan batasan ukuran yang ditetapkan sebagai syarat bawa mobil naik kapal laut. Pihak kapal laut atau kapal ferry biasanya memiliki aturan tertentu untuk jenis kendaraan yang dibawa. Pastikan kendaraan Anda tidak melebihi ukuran atau berat maksimal yang ditetapkan. Jika kendaraan Anda terlalu besar atau terlalu berat, Anda mungkin harus membayar biaya tambahan atau menunda perjalanan Anda.

  1. Membawa Perlengkapan Keselamatan Kendaraan

Pastikan kendaraan Anda dilengkapi dengan perlengkapan keselamatan yang memadai seperti ban cadangan, dongkrak, kunci roda, dan segala perlengkapan yang dibutuhkan dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik sebagai syarat bawa mobil naik kapal laut. Persiapkan juga segala perlengkapan yang diperlukan untuk kondisi darurat seperti alat pemadam api ringan, kotak peralatan darurat, dan pertolongan pertama. Memiliki perlengkapan keselamatan yang memadai dapat membantu Anda menghindari risiko saat melakukan perjalanan.

  1. Mengikuti Prosedur Bongkar-Muat Kendaraan

Setiap kapal laut atau kapal ferry memiliki prosedur bongkar-muat kendaraan yang berbeda-beda sebagai syarat bawa mobil naik kapal laut. Pastikan untuk mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh pihak kapal laut atau kapal ferry agar tidak terjadi kesalahan saat proses bongkar-muat kendaraan. Jangan melakukan tindakan yang melanggar aturan, seperti membuka pintu kendaraan saat kapal sedang bergerak, karena tindakan tersebut bisa membahayakan keselamatan Anda dan orang lain.

  1. Memeriksa Kondisi Mobil Sebelum Keberangkatan

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi yang baik. Periksa kondisi mesin, rem, lampu, ban, dan segala hal yang berkaitan dengan keamanan kendaraan. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi bahan bakar kendaraan dan pastikan bahan bakar mencukupi untuk menyelesaikan perjalanan. Memeriksa kondisi kendaraan sebelum keberangkatan dapat membantu menghindari risiko kerusakan kendaraan selama perjalanan.

Baca Juga: 6 Cara Cek Body Mobil Bekas, Agar Tak ‘Zonk’

  1. Mematuhi Aturan Keselamatan

Selama berada di kapal laut atau kapal ferry, pastikan untuk mematuhi semua aturan keselamatan yang berlaku sebagai syarat bawa mobil naik kapal laut. Aturan keselamatan ini bisa berupa memakai pelampung keselamatan, tidak merokok di dalam kapal laut atau kapal ferry, dan tidak bergerak di luar area kendaraan saat kapal sedang berlayar. Pastikan Anda mengetahui semua aturan keselamatan yang berlaku dan patuhi aturan tersebut dengan ketat.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  1. Menyiapkan Perlengkapan Pribadi

Selain persiapan kendaraan, pastikan juga untuk menyiapkan perlengkapan pribadi yang cukup. Siapkan pakaian yang nyaman, makanan dan minuman yang cukup, serta perlengkapan pribadi lainnya seperti obat-obatan dan alat kebersihan diri. Anda juga bisa membawa buku atau permainan untuk mengisi waktu selama perjalanan.

  1. Memperhatikan Waktu Boarding

Pastikan Anda tiba di pelabuhan atau tempat keberangkatan kapal laut atau kapal ferry dalam waktu yang cukup agar tidak terlambat. Jangan lupa untuk mengecek jadwal boarding yang telah ditetapkan oleh pihak kapal laut atau kapal ferry. Pastikan Anda datang tepat waktu agar tidak kehilangan kesempatan untuk naik kapal.

  1. Menjaga Keamanan Kendaraan saat Berada di Kapal

Selama perjalanan di kapal laut atau kapal ferry, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi aman. Jangan biarkan barang berharga terlalu terlihat dan pastikan kendaraan Anda terkunci dengan baik. Selain itu, jangan membiarkan kendaraan Anda bergerak saat kapal sedang berlayar. Pastikan Anda mengikuti aturan yang telah ditetapkan oleh pihak kapal laut atau kapal ferry terkait dengan penempatan kendaraan dan pergerakan selama kapal berlayar. Jangan biarkan kendaraan Anda mengganggu penumpang lain atau membahayakan keselamatan selama kapal berlayar.

Cegah Kerusakan Bawa Mobil ke Atas Kapal Laut dengan Rustpro!

Membawa mobil ke atas kapal laut jelas pengalaman yang cukup seru jika dilihat, meski ada syarat bawa mobil naik kapal laut. Namun, sesungguhnya ada satu bahaya yang mengincar saat bawa mobil ke atas kapal laut. Ya, hawa air laut yang asin dan mengandung garam menjadi faktor penyebab mobil mengalami masalah karat yang cukup parah.

Untuk itu banyak para pengguna mobil yang sudah melakukan perjalanan abwa mobil naik kapal laut segera membersihkan mobilnya agar air laut yang asin tidak akan merusak komponen mobil dengan mengakibatkan karat.

Selain segera membersihkan mobil sesaat setelah bawa mobil naik kapal laut, pencegahan karat akibatkan udara dan air laut bisa dilakukan dengan pengaplikasian lapisan anti karat mobil terbaik dari Rustpro!

Anti karat mobil di Rustpro adalah layanan pengaplikasian anti karat mobil yang paling banyak digemari di Indonesia. Berbahan dasar rubber atau karet, anti karat mobil Rustpro memiliki ketahanan yang lebih kuat dari karat, paparan bahan bakar, hingga di suhu tinggi dengan garansi hingga 8 tahun.

Tak hanya berikan penanganan, Rustpro juga bahkan memberikan layanan inspeksi pada bagian bodi mobil hingga interior mobil untuk memastikan kondisi mobil Anda tetap prima, dengan layanan inspeksi mobil bersertifikat khusus, yakni Chekko, yang bisa didapatkan di seluruh cabang Rustpro di Indonesia.

Tapi karena sering dipenuhi antrean, pastikan Anda melakukan reservasi untuk amankan antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau hubungi di sini) untuk dapatkan penanganan langsung tanpa menunggu antrean.

Akhir Kata

Bawa mobil naik kapal laut memang jadi pengalaman yang menyenangkan bagi orang-orang yang memang jarang melintasi antar pulau dengan kapal dengan syarat bawa mobil naik kapal laut yang ada. Namun di balik pengalamannya yang menyenangkan, penting untuk mengetahui bahwa ancaman karat kerap kali menghampiri karena udara dan air laut yang asin menjadi penyebab komponen mobil mengalami korosi.

Pastikan untuk membersihkan mobil segera setelah bawa mobil naik kapal laut dan lakukan tindakan preventif dengan berikan perlindungan menggunakan lapisan anti karat mobil terbaik dari Rustpro.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility