❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

5 Tanda Wiper Harus Diganti, Agar Kaca Mobil Tak Baret

5 Tanda Wiper Harus Diganti, Agar Kaca Mobil Tak Baret

Kaca depan mobil yang bersih dan jernih adalah kunci keselamatan saat berkendara. Namun, kadang kala wiper mobil yang sering digunakan dalam kondisi cuaca buruk dapat mengalami kerusakan dan tidak lagi mampu membersihkan kaca depan dengan baik. Oleh karena itu, mengganti wiper mobil secara teratur sangat penting untuk menjaga keamanan berkendara Anda. Namun, bagaimana cara mengetahui apa tanda wiper harus diganti? Yuk, simak apa tanda wiper harus diganti dalam artikel ini dan pastikan Anda selalu menjaga kaca depan mobil Anda tetap bersih dan jernih!

Tanda Wiper Harus Diganti Segera

Mengganti wiper mobil Anda secara teratur adalah tindakan perawatan yang penting untuk menjaga kaca depan mobil Anda tetap bersih dan aman selama berkendara di cuaca buruk. Bagaimana cara mengetahui waktunya untuk mengganti wiper mobil Anda? Berikut adalah beberapa tanda wiper harus diganti:

  1. Kaca Depan Terlihat Kotor Meskipun Sudah Diseka Wiper

Tanda wiper harus diganti pertama adalah ketika kaca depan terlihat kotor meskipun sudah digunakan wiper. Hal ini bisa terjadi karena karet wiper sudah mulai aus atau rusak. Karet wiper yang rusak atau aus akan menyebabkan wiper tidak dapat membersihkan kaca depan dengan baik dan tidak merata. Hal ini akan menyebabkan kaca depan tetap kotor dan sulit untuk dilihat saat berkendara. Oleh karena itu, jika Anda melihat kaca depan mobil Anda masih kotor meskipun sudah digunakan wiper, itu bisa menjadi tanda bahwa karet wiper sudah tidak efektif dan perlu diganti.

  1. Ada Suara Berdecit saat Menghidupkan Wiper

Tanda wiper harus diganti yang kedua adalah ketika Anda mendengar suara berdecit atau berderit ketika menghidupkan wiper. Suara tersebut bisa menjadi tanda bahwa karet wiper sudah mulai aus dan perlu diganti. Karet yang sudah aus mungkin tidak dapat menempel dengan baik pada kaca depan, sehingga menyebabkan suara gesekan yang tidak nyaman. Selain itu, karet wiper yang sudah aus atau rusak juga bisa membuat kaca depan tergores dan terlihat buram. Oleh karena itu, jika Anda mendengar suara berdecit saat menghidupkan wiper mobil Anda, itu bisa menjadi tanda bahwa karet wiper harus segera diganti untuk menjaga kaca depan tetap bersih dan aman.

Baca Juga: 5 Penyebab Kaca Mobil Berdecit, Ternyata Karena Ini

  1. Wiper Bergerak Tidak Merata atau Terhenti di Tengah-tengah Kaca Depan

Tanda wiper harus diganti ketiga adalah ketika wiper bergerak tidak merata atau bahkan terhenti di tengah-tengah kaca depan. Hal ini bisa terjadi karena karet wiper sudah aus atau tergores. Wiper yang sudah tidak merata atau terhenti di tengah-tengah kaca depan tidak akan efektif membersihkan kaca depan dengan baik. Bahkan, hal ini dapat membuat kondisi berkendara menjadi lebih berbahaya karena dapat menghalangi pandangan Anda saat berkendara. Oleh karena itu, jika Anda mengalami tanda-tanda ini, maka wiper mobil Anda perlu diganti segera untuk memastikan kaca depan selalu bersih dan aman selama berkendara.

  1. Karet Wiper Sudah Terlihat Aus atau Rusak

Tanda wiper harus diganti yang keempat adalah jika karet wiper sudah terlihat aus atau rusak. Wiper yang sudah digunakan dalam waktu lama atau sering digunakan dalam kondisi cuaca buruk, dapat membuat karet wiper aus dan rusak. Hal ini dapat menyebabkan karet wiper kehilangan cengkeramannya pada kaca depan dan tidak lagi efektif membersihkan kaca depan dengan baik. Selain itu, karet wiper yang aus atau rusak dapat menyebabkan goresan pada kaca depan dan membuatnya tidak jernih. Oleh karena itu, jika Anda melihat ada tanda-tanda kerusakan pada karet wiper seperti retakan, sobekan atau keausan, maka wiper harus segera diganti untuk menjaga kaca depan tetap bersih dan jernih.

  1. Wiper Mobil Anda Sudah Lebih dari Satu Tahun Tidak Diganti

Tanda wiper harus diganti yang kelima dan terakhir adalah jika wiper sudah lebih dari satu tahun tidak diganti. Wiper yang sering digunakan akan lebih cepat aus dan perlu diganti secara berkala. Rekomendasi umum adalah mengganti wiper setiap satu tahun sekali, terutama jika sering digunakan atau jika kendaraan sering digunakan di daerah dengan cuaca buruk. Namun, jika Anda melihat tanda-tanda kerusakan atau keausan pada karet wiper sebelum satu tahun, maka Anda harus segera menggantinya tanpa menunggu lebih lama. Mengganti wiper secara teratur adalah tindakan perawatan yang penting untuk menjaga kaca depan tetap bersih dan jernih, dan menjaga keamanan berkendara Anda.

Ganti Wiper saat Aus dan Coating Kaca Film di Rustpro untuk Perlindungan Total

Tanda wiper harus diganti sangat penting untuk diketahui agar menjaga keamanan berkendara. Kaca depan yang kotor, keruh, atau rusak dapat mengganggu pandangan pengemudi, terutama saat berkendara dalam kondisi cuaca buruk seperti hujan atau salju. Karet wiper yang aus atau rusak juga dapat menyebabkan goresan pada kaca depan, sehingga mengganti wiper secara teratur adalah tindakan perawatan yang penting untuk menjaga keamanan berkendara Anda. Jangan biarkan karet wiper yang rusak mengganggu pandangan Anda dan potensi membahayakan keselamatan Anda, segera ganti wiper mobil Anda saat tanda-tandanya sudah perlu diganti.

Selain mengganti wiper mobil secara teratur saat tanda wiper harus diganti sudah muncul, mengaplikasikan coating pada mobil Anda juga sangat penting untuk melindungi kaca depan dari goresan akibat mengganti wiper. Coating atau lapisan pelindung pada mobil dapat membantu melindungi permukaan mobil dari goresan dan kerusakan akibat faktor eksternal seperti kotoran, kerikil, atau goresan wiper. Dengan mengaplikasikan coating pada mobil, Anda dapat meminimalkan risiko kerusakan pada permukaan mobil, termasuk kaca depan, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang penggantian wiper secara teratur. Selain itu, coating juga dapat membuat mobil Anda tampak lebih bersih dan mengkilap, sehingga meningkatkan nilai estetika mobil Anda.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Salah satu bengkel dengan kualitas layanan coating mobil terbaik, menggunakan formulasi paling terkini, serta banyak direkomendasikan untuk dituju adalah Rustpro.

Rustpro menghadirkan layanan coating mobil menggunakan formulasi Graphene 10H+ Protection yang memiliki sifat hydraphobic atau seperti efek daun talas. Sehingga percikan cairan, kotoran, dan polusi tak akan menempel di permukaan kaca mobil yang menyebabkan baret atau rusak. Selain itu, sifat Graphene memiliki perlindungan yang jauh lebih kuat dari ceramic dan nano coating biasa dalam menjaga kondisi permukaan mobil dari goresan.

Dengan masa garansi 3 tahun, Anda bisa melakukan maintenance ulang dengan klaim garansi secara berkala di seluruh cabang Rustpro di Indonesia, selama garansi masih berlaku.

Jika Anda berdomisili di sekitar Cirebon, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133
  2. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  3. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena seringkali layanan coating mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau hubungi di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho. Jangan sampai ketinggalan, segera dipesan!

Akhir Kata

Mengganti wiper mobil Anda secara teratur sangat penting untuk menjaga keamanan Anda selama berkendara, terutama saat tanda wiper harus diganti sudah muncul. Dengan memperhatikan tanda wiper mobil harus diganti di atas, Anda dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti wiper mobil Anda. Pastikan untuk mengaplikasikan coating kaca mobil di Rustpro agar permukaan kaca tidak baret saat wiper aus dan menunjukkan ciri harus diganti.

RUSTPRO

It's My Responsibility