❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

7 Tips Hemat Bensin Mobil saat Mudik Lebaran Nanti

7 Tips Hemat Bensin Mobil

Mudik menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, terutama bagi mereka yang tinggal jauh dari kampung halaman. Namun, selain mengurus persiapan dan keperluan selama perjalanan, menghemat pengeluaran bahan bakar saat perjalanan mudik juga menjadi hal penting. Jangan khawatir, dengan beberapa tips hemat bensin mobil saat perjalanan mudik yang akan dibahas dalam artikel ini, Anda dapat menikmati perjalanan mudik dengan lebih tenang dan nyaman tanpa harus khawatir tentang pengeluaran bahan bakar yang berlebihan.

Tips Hemat Bensin Mobil saat Mudik

Berikut adalah beberapa tips hemat bensin mobil saat perjalanan mudik yang bisa Anda lakukan:

  1. Hindari Beban yang Berlebihan

Membawa terlalu banyak barang saat mudik dapat mempengaruhi kinerja mesin mobil Anda, sehingga dapat meningkatkan penggunaan bahan bakar. Semakin berat beban yang dibawa, semakin keras mesin mobil harus bekerja untuk menggerakkan kendaraan. Hal ini dapat menyebabkan peningkatan konsumsi bahan bakar hingga 20%. Oleh karena itu, sebaiknya hanya membawa barang-barang yang benar-benar diperlukan saat mudik. Pastikan juga memasang atap mobil atau box bagasi dengan benar agar tidak memberikan tekanan yang berlebih pada mesin dan menimbulkan efek negatif pada penggunaan bahan bakar serta sebagai tips hemat bensin mobil saat perjalanan mudik.

  1. Perhatikan Tekanan Ban

Tekanan ban yang kurang tepat dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar pada mobil Anda. Saat tekanan ban kurang, ban mobil akan menjadi lebih lunak, sehingga mesin akan membutuhkan lebih banyak energi untuk memindahkan mobil. Tekanan ban yang terlalu tinggi juga dapat menyebabkan keausan pada ban lebih cepat dan menimbulkan masalah keseimbangan pada kendaraan. Pastikan untuk memeriksa tekanan ban mobil secara rutin, setidaknya setiap 2 minggu sekali, terutama sebelum melakukan perjalanan jauh. Gunakan tekanan ban yang sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil pada panduan pengguna untuk tips hemat bensin mobil saat mudik.

  1. Gunakan Gigi yang Tepat

Penggunaan gigi yang tepat dapat membantu menghemat penggunaan bahan bakar pada mobil Anda. Pada umumnya, gigi yang lebih tinggi lebih efisien sebagai tips hemat bensin mobil dalam penggunaan bahan bakar ketika melaju di jalan raya, karena mesin mobil tidak perlu bekerja terlalu keras untuk mempertahankan kecepatan kendaraan. Sementara itu, ketika berada di daerah pegunungan, gunakan gigi yang lebih rendah agar mesin mobil tidak terlalu terbebani dan lebih hemat bahan bakar. Namun, pastikan untuk tidak memaksakan penggunaan gigi yang terlalu rendah atau terlalu tinggi, karena hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil dan menyebabkan kinerja mobil yang buruk, alih-alih sebagai tips hemat bensin mobil.

  1. Matikan Mesin saat Berhenti Lama

Menjaga mesin mobil tetap hidup ketika berhenti lama dapat memperbesar penggunaan bahan bakar dan mengurangi efisiensi bahan bakar. Jika Anda berhenti untuk waktu yang lama seperti ketika terjebak macet atau saat mengisi bahan bakar, sebaiknya matikan mesin mobil Anda untuk tips hemat bensin mobil saat mudik. Selain itu, hindari juga menghidupkan mesin mobil terlalu sering atau terlalu lama ketika berhenti sejenak, karena hal ini juga akan menghabiskan bahan bakar. Jika Anda akan berhenti sejenak di suatu tempat, misalnya toko, pertimbangkan untuk mematikan mesin mobil Anda. Namun, pastikan untuk tidak meninggalkan kendaraan dalam keadaan terkunci dan kunci kontak ditinggalkan di dalam kendaraan, karena hal ini dapat menimbulkan risiko pencurian.

Selain itu, Anda juga dapat melakukan tips hemat bensin mobil saat mudik dengan mematikan mesin ketika sedang mengambil atau menurunkan penumpang. Biasanya, beberapa penumpang akan membutuhkan waktu untuk menaiki atau turun dari kendaraan, terutama jika mereka membawa barang bawaan yang berat. Dalam situasi ini, lebih baik mematikan mesin mobil Anda sementara menunggu agar tidak terbuang percuma.

  1. Perawatan Rutin pada Mobil

Perawatan rutin pada mobil sangat penting untuk memastikan mobil Anda dalam kondisi baik dan sebagai tips hemat bensin mobil saat mudik. Pastikan untuk memeriksa kondisi mesin, filter udara, sistem pendingin, sistem injeksi bahan bakar, serta kebersihan dan tekanan ban secara berkala. Selain itu, pastikan untuk mengganti oli secara teratur sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil untuk menjaga kinerja mesin yang optimal.

Mobil yang tidak dirawat dengan baik dapat menghasilkan emisi yang lebih banyak dan penggunaan bahan bakar yang lebih tinggi. Kondisi mesin yang tidak optimal dapat menyebabkan mesin bekerja lebih keras dan membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Sistem injeksi bahan bakar yang kotor atau rusak juga dapat menyebabkan penggunaan bahan bakar yang tidak efisien dan menimbulkan masalah pada mesin. Untuk itu, pastikan rawat secara rutin untuk tips hemat bensin mobil saat mudik.

  1. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas

Penggunaan bahan bakar berkualitas dapat membantu sebagai tips hemat bensin mobil saat mudik dan memperpanjang usia mesin mobil Anda. Pilihlah bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil Anda, baik itu bahan bakar dengan oktan 88, 90, 92, atau lebih tinggi. Pastikan untuk membeli bahan bakar dari tempat yang terpercaya dan menghindari membeli bahan bakar dari tempat yang tidak jelas kualitasnya.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Jika memungkinkan, cobalah untuk memilih bahan bakar dengan kandungan etanol yang rendah, karena etanol dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan mengurangi efisiensi bahan bakar. Bahan bakar yang mengandung etanol lebih dari 10% dapat mempengaruhi kinerja mesin dan penggunaan bahan bakar pada mobil Anda. Namun, pastikan untuk selalu memeriksa rekomendasi pabrik mobil sebelum memilih bahan bakar yang tepat.

  1. Pasang Kaca Film Domo Film dari Rustpro

Memasang kaca film mobil tidak hanya dapat membuat mobil Anda lebih keren, tetapi juga dapat membantu menghemat bahan bakar selama perjalanan mudik. Bagaimana bisa kaca film mobil bisa jadi tips hemat bensin mobil yang efektif untuk mudik?

Kaca film mobil dapat membantu mengurangi panas yang masuk ke dalam mobil, sehingga AC mobil tidak perlu bekerja terlalu keras dan lebih hemat bahan bakar. Saat mobil terlalu panas, AC mobil harus bekerja lebih keras untuk menurunkan suhu dalam mobil. Hal ini dapat menyebabkan penggunaan bahan bakar yang lebih tinggi. Dengan memasang kaca film pada mobil Anda, suhu dalam mobil dapat dikurangi hingga 60%, sehingga AC mobil tidak perlu bekerja terlalu keras dan penggunaan bahan bakar dapat lebih hemat.

Salah satu produk kaca film mobil terbaik yang sangat direkomendasikan untuk dipasang di mobil Anda dengan kualitasnya yang sempurna adalah Domo Film dari Rustpro.

Domo Film ini memiliki teknologi khusus Nano Armor Technology yang membuatnya mampu melindungi dari efek sinar UV serta terik matahari hingga 99%. Fitur ini juga membuat kaca film mobil andalan dari Rustpro mampu menghalau radiasi inframerah yang sebabkan panas di suhu kabin mobil, sehingga kinerja AC mobil jadi lebih berat dan konsumsi BBM pun makin boros.

Tersedia dalam beberapa tingkat kegelapan yakni 40%, 60%, dan 80%, sehingga bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi dan aturan perundang-undangan yang berlaku. Domo Film juga hadir dalam dua varian warna, yakni Fuji (Hitam) dan Daisen (Biru).

Kegelapan dari Domo Film ini tak akan menganggu jarak pandang dari pengguna mobil sebab Domo Film sudah hadir dengan fitur Night Vision yang canggih, sehingga dari luar kaca mobil terlihat gelap dan dari dalam akan tetap terang jarak pandangnya.

Selain itu, Domo Film juga dilengkapi dengan masa garansi hingga 8 tahun. Semakin membuat kualitas dari kaca film mobil dari Rustpro ini begitu terpercaya kualitasnya.

Dengan keunggulan yang ditawarkan, jelas menggunakan Domo Film untuk perlindungan kaca mobil kesayangan Anda adalah pilihan tepat untuk dilakukan.

Jika Anda berdomisili di sekitar Cirebon, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133
  2. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  3. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena seringkali layanan coating di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho. Jangan sampai ketinggalan, segera dipesan!

Penutup

Cara hemat bensin mobil saat mudik menjadi hal yang sangat penting, terutama dengan semakin mahalnya harga bahan bakar saat ini. Dalam artikel ini, telah dibahas beberapa tips hemat bensin mobil saat perjalanan mudik yang mudah dan praktis, seperti menghindari beban yang berlebihan, memeriksa tekanan ban, menggunakan gigi yang tepat, mematikan mesin saat berhenti lama, melakukan perawatan rutin pada mobil, menggunakan bahan bakar berkualitas, dan memasang kaca film mobil. Dengan menerapkan beberapa tips tersebut, Anda dapat menghemat penggunaan bahan bakar mobil Anda dan menikmati perjalanan mudik dengan lebih tenang dan nyaman.

RUSTPRO

It's My Responsibility