❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

5 Tips Membeli Mobil Bekas di Surabaya

simak 5 tips membeli mobil bekas di surabaya!

Mencari mobil bekas di Surabaya bisa menjadi tantangan yang menarik. Dengan beragam pilihan yang tersedia, penting untuk memiliki strategi yang tepat agar Anda mendapatkan mobil yang berkualitas dengan harga terbaik.

Di bawah ini, rustpro.id telah menyiapkan sejumlah tips membeli mobil bekas di Surabaya yang bisa Anda terapkan supaya mendapatkan kondisi mobil bekas yang ideal.

Dengan menerapkan tips dan trik di bawah ini, tentunya Anda dapat menemukan kualitas mobil bekas yang tidak kalah jauh dengan mobil keluaran terbaru.

Tips Membeli Mobil Bekas di Surabaya

Berikut adalah 5 (lima) tips yang bisa Anda lakukan ketika ingin membeli mobil bekas di wilayah Surabaya dan sekitarnya:

1. Riset Jenis Mobil yang Diinginkan

Langkah pertama sebelum membeli mobil bekas di Surabaya adalah melakukan riset mendalam tentang jenis mobil yang Anda inginkan.

Pertimbangkan faktor-faktor seperti ukuran, jenis (SUV, sedan, hatchback, dll.), konsumsi bahan bakar, dan fitur-fitur yang Anda butuhkan.

Kunjungi forum-forum otomotif dan situs review mobil untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang performa dan kehandalan model tertentu.

2. Cek Harga Pasar

Setelah menentukan jenis mobil, langkah berikutnya dalam tips membeli mobil bekas di Surabaya adalah memeriksa harga pasar.

Gunakan situs jual beli online, kunjungi dealer mobil bekas di Surabaya, dan bandingkan harga yang ditawarkan.

Ingat, harga bisa bervariasi tergantung pada tahun pembuatan, kondisi mobil, dan fitur tambahan.

3. Periksa Kondisi Fisik Mobil

Tips membeli mobil bekas di Surabaya yang sangat penting untuk Anda lakukan adalah memeriksa secara menyeluruh kondisi fisik mobil.

Cek bagian eksterior mulai dari body mobil, bemper, kap, hingga ke kolong sasis untuk melihat adanya kerusakan atau tanda-tanda perbaikan.

Periksa juga kondisi interior, termasuk jok, dashboard, dan sistem elektronik. Jangan lupa untuk memeriksa ban dan kaki-kaki mobil.

4. Periksa Riwayat Servis

Cara membeli mobil bekas di Surabaya yang juga tidak boleh ketinggalan adalah memeriksa riwayat servis kendaraan.

Riwayat servis mobil adalah indikator penting dari pemeliharaan mobil tersebut. Minta buku servis dari penjual dan cek apakah mobil tersebut telah diservis secara teratur.

Riwayat servis yang baik menunjukkan bahwa mobil tersebut telah dirawat dengan baik.

5. Minta Jasa Profesional untuk Inspeksi Mobil

Untuk memastikan kondisi mobil secara menyeluruh, kami memberikan tips membeli mobil bekas di Surabaya untuk menggunakan jasa inspeksi profesional.

Mekanik yang berpengalaman dapat memeriksa komponen mesin, transmisi, sistem suspensi, dan aspek penting lainnya.

Ini adalah langkah penting untuk menghindari pembelian mobil dengan masalah tersembunyi.

Dokumen Jual Beli Mobil Bekas

Saat melakukan transaksi jual beli mobil bekas, terdapat sejumlah dokumen yang perlu Anda siapkan, diantaranya:

1. BPKB dan STNK

Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) adalah dokumen utama dalam jual beli mobil bekas.

BPKB membuktikan kepemilikan legal atas kendaraan, sementara STNK menunjukkan bahwa kendaraan tersebut terdaftar dan legal untuk digunakan di jalan.

Pastikan kedua dokumen ini asli dan valid. Nomor rangka dan mesin pada BPKB harus sesuai dengan fisik mobil.

2. Pajak Kendaraan

Pajak kendaraan adalah indikator penting yang menunjukkan bahwa mobil telah terawat dengan baik.

Cek bukti pembayaran pajak terakhir untuk memastikan bahwa tidak ada tunggakan.

Pajak yang teratur menunjukkan tanggung jawab pemilik sebelumnya dan menghindarkan pembeli dari biaya tambahan untuk pembayaran pajak yang tertunggak.

3. Faktur Kendaraan

Faktur kendaraan adalah dokumen yang membuktikan transaksi pembelian kendaraan dari dealer atau pihak pertama.

Meskipun tidak selalu tersedia untuk mobil bekas, faktur ini bisa menjadi bukti tambahan tentang asal-usul kendaraan, membantu memastikan bahwa mobil tidak bermasalah legal atau memiliki sejarah kecelakaan serius.

4. Surat Pernyataan Jual Beli

Surat pernyataan jual beli adalah dokumen yang menyatakan bahwa transaksi telah terjadi antara penjual dan pembeli.

Dokumen ini harus mencakup detail seperti harga jual, tanggal transaksi, dan identitas kedua belah pihak. Ini berfungsi sebagai bukti transaksi resmi dan penting untuk proses balik nama kendaraan.

5. Surat Kuasa

Jika transaksi dilakukan melalui perantara atau agen, surat kuasa diperlukan. Surat ini memberikan wewenang kepada seseorang untuk melakukan transaksi atas nama pemilik kendaraan.

Pastikan surat kuasa ditandatangani dan disahkan oleh kedua belah pihak.

6. Surat Keterangan Riwayat Kendaraan

Surat keterangan riwayat kendaraan, yang dapat diperoleh dari Samsat, memberikan informasi tentang riwayat kendaraan, termasuk catatan kecelakaan, klaim asuransi, dan pemilik sebelumnya.

Dokumen ini penting untuk memastikan bahwa mobil memiliki riwayat yang bersih dan bebas dari masalah hukum.

Baca Juga: Daftar Bengkel Kaca Film Mobil di Surabaya yang Berkualitas dan Terpercaya

Jangan Biarkan Mobil Anda Keropos! Cegah bersama RustPro Sekarang!

Pengeroposan adalah hal yang sulit dihindari bagi setiap jenis mobil. Hal ini karena seiring berjalannya waktu, mobil akan mudah terserang karat yang merupakan penyebab utama mobil keropos.

Karat atau korosi tentu akan mudah menyerang mobil-mobil yang sudah berusia tua.

Oleh karena itu, teruntuk Anda yang berencana atau baru saja membeli mobil bekas, pastikan segera membawanya ke RustPro untuk diberi pencegahan sedini mungkin dari potensi keropos!

RustPro menyediakan layanan anti karat mobil dengan jaminan garansi selama 8 tahun dan layanan perawatan berkala setiap tahunnya secara GRATIS.

Ini merupakan solusi hemat buat Anda daripada harus merestorasi mobil keropos yang biayanya bisa menyentuh angka Rp 20 juta.

So, segera lindungi mobil dari karat dan korosi penyebab keropos bersama RustPro! Hubungi CS kami via WhatsApp di nomor 0812-1130-9522!

Untuk Anda yang berdomisili di wilayah Surabaya dan sekitarnya, Anda bisa mengunjungi cabang kami yang beralamat lengkap di bawah ini.

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Itu dia sejumlah tips membeli mobil bekas di Surabaya yang bisa Anda terapkan agar mendapatkan mobil dengan kualitas yang tidak kalah jauh dengan mobil baru.

Memilih mobil bekas di Surabaya membutuhkan pertimbangan yang teliti. Dengan mengikuti tips di atas, Anda dapat meningkatkan kemungkinan menemukan mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang wajar.

Selalu ingat, kesabaran dan penelitian adalah kunci utama dalam proses pembelian mobil bekas. Semoga perjalanan Anda menemukan mobil impian berjalan lancar!

RUSTPRO

It's My Responsibility