❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

5 Tips Mengendarai Mobil Listrik saat Hujan

tips mengendarai mobil listrik saat hujan

Musim hujan tidak selalu menjadi halangan untuk bepergian dengan mobil. Namun, saat mengendarai mobil listrik di musim hujan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan Anda aman dan nyaman.

Kali ini, rustpro.id akan berbagi informasi mengenai tips mengendarai mobil listrik saat hujan supaya perjalanan tetap aman dan mobil terhindar dari kerusakan.

Buat Anda pemilik mobil listrik, pastikan menyimak artikel ini sampai selesai agar mengetahui informasi penting tentang bagaimana cara mengendarai mobil listrik di tengah cuaca hujan.

Tips Mengendarai Mobil Listrik saat Hujan

Inilah 5 (lima) tips mengendarai mobil listrik ketika sedang dalam cuaca hujan:

1. Periksa Daya Baterai

Sebelum bepergian, pastikan daya baterai mobil listrik Anda terisi penuh. Hal ini penting karena terbatasnya jarak pandang ketika hujan deras, sehingga Anda mungkin memerlukan penggunaan lampu dan fitur lain yang lebih banyak, yang dapat menguras baterai lebih cepat.

Periksalah daya baterai mobil listrik Anda secara berkala selama perjalanan dan perhitungkan jarak tempuh yang tersisa dengan sisa daya baterai.

2. Cek Kondisi Ban

Tips mengendarai mobil listrik saat hujan berikutnya adalah pastikan kondisi ban mobil dalam keadaan baik.

Ban yang aus atau memiliki tekanan angin yang tidak sesuai dapat menyebabkan kehilangan traksi di jalan basah, sehingga meningkatkan risiko tergelincir.

Cek kondisi ban secara rutin, termasuk tekanan angin, keausan ban, dan kerusakan lainnya. Gunakan ban dengan alur yang cukup untuk membuang air dengan baik di permukaan jalan basah.

3. Pastikan Wiper dalam Keadaan Baik

Tips berikutnya dalam mengendarai mobil listrik saat hujan adalah pastikan wiper kaca mobil dalam kondisi yang baik.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Wiper yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk menjaga visibilitas saat hujan deras. Oleh karena itu, pastikan wiper Anda dalam keadaan baik dan tidak ada kerusakan.

Periksa karet wiper dan ganti jika sudah usang atau tidak dapat membersihkan air dengan baik. Gunakan wiper fluid yang berkualitas untuk membantu membersihkan kaca depan dari kotoran dan air hujan.

4. Hindari Genangan Air

Tips mengendarai mobil listrik saat hujan yang juga sangat penting untuk diperhatikan adalah menghindari genangan air.

Genangan air yang dalam tentu dapat membahayakan mobil listrik. Air yang masuk ke dalam komponen elektronik dapat menyebabkan korsleting dan kerusakan serius.

Maka dari itu, hindari genangan air sebisa mungkin. Jika terpaksa harus melewati genangan air, pastikan ketinggian air tidak lebih dari setengah ban.  Berkendaralah secara perlahan dan hati-hati saat melewati genangan air.

5. Cuci Mobil Listrik setelah Terkena Hujan

Tips terakhir saat mengendarai mobil listrik ketika hujan adalah pastikan Anda sesegera mungkin untuk mencuci mobil. Air hujan dapat mengandung kotoran dan garam yang dapat merusak cat mobil.

Gunakan sabun dan sampo khusus mobil listrik untuk membersihkan mobil Anda.

Tips Mencuci Mobil Listrik yang Aman

Saat mencuci mobil listrik, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya komponen-komponen pentingnya tidak rusak saat terkena air.

Berikut kami sajikan sejumlah tips cara mencuci mobil listrik yang aman:

1. Parkir di Tempat Teduh dan Rata

Memarkir mobil di tempat yang teduh dan rata sangat penting sebelum mencuci. Hal ini untuk menghindari terpaparnya mobil secara langsung pada sinar matahari yang dapat menyebabkan sabun dan air cepat mengering.

Pada kondisi ini, noda dapat terbentuk lebih mudah pada permukaan mobil. Selain itu, memarkir mobil di tempat yang rata juga memudahkan proses penyemprotan dan pembilasan air karena mobil tidak akan miring atau bergeser.

2. Dinginkan Mesin Sebelum Dicuci

Sebelum mencuci mobil, tunggu beberapa saat hingga mesin mobil dingin. Mencuci mobil saat mesin masih panas dapat membahayakan komponen elektronik mobil.

Mesin yang panas dapat merusak sistem elektronik yang sensitif terhadap suhu tinggi.

3. Pastikan Semua Pintu, Jendela, dan Sunroof Tertutup Rapat

Sebelum menyemprotkan air, penting untuk memastikan bahwa semua pintu, jendela, dan sunroof mobil tertutup rapat.

Tips mencuci mobil listrik yang satu ini bertujuan untuk mencegah masuknya air ke dalam kabin mobil yang dapat merusak komponen elektronik di dalamnya.

Air yang masuk ke dalam kabin dapat merusak kelistrikan mobil serta menyebabkan kerusakan pada interior mobil.

4. Hindari Menyemprot Air ke Bagian Engine Bay

Bagian engine bay mobil listrik memiliki banyak komponen elektronik yang sensitif terhadap air. Oleh karena itu, sebaiknya hindari menyemprotkan air secara langsung ke bagian yang satu ini.

Lebih baik menggunakan kain microfiber yang basah untuk membersihkan bagian engine bay dengan hati-hati.

Dengan cara ini, Anda dapat membersihkan bagian tersebut tanpa merusak komponen elektronik yang sensitif terhadap air.

5. Hati-hati Saat Membersihkan Bagian Baterai

Baterai merupakan komponen mobil listrik yang sangat vital. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian saat membersihkan bagian ini.

Pastikan untuk menggunakan kain microfiber yang basah dan sabun khusus saat membersihkan baterai mobil listrik. .

Hindari menyemprotkan air langsung ke bagian baterai untuk mencegah kerusakan pada komponen elektronik di dalamnya.

Dengan cara ini, Anda dapat membersihkan baterai mobil listrik secara efektif tanpa merusak komponen elektronik di dalamnya.

Baca Juga: Cek Fakta – Keamanan Mobil Listrik Kena Hujan

Mobil Listrik Juga Rentan Terkena Karat dan Keropos! Buruan Lindungi bersama RustPro!

Banyak orang beranggapan bahwa mobil listrik tidak rentan terhadap karat dan keropos. Anggapan ini keliru.

Sama seperti mobil konvensional, mobil listrik juga terbuat dari logam yang dapat berkarat dan keropos jika tidak dirawat dengan baik.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan karat pada mobil listrik antara lain:

  • Air dan Hujan
  • Garam
  • Debu dan Kotoran

Air dan hujan dapat masuk ke dalam celah-celah kecil di bodi mobil dan menyebabkan karat.

Selain itu, kandungan garam yang berasal dari genangan air atau debu di jalan raya dapat bereaksi dengan logam dan menyebabkan karat.

Debu dan kotoran yang menempel di bodi mobil pun dapat menyebabkan karat pada mobil listrik karena menghalangi air dan kelembapan.

Oleh karena itu, penting untuk melindungi mobil listrik Anda dari ancaman karat dan keropos.

RustPro menyediakan layanan anti karat khusus untuk mobil listrik dengan garansi selama 8 tahun, ditambah dengan layanan maintenance secara GRATIS setiap tahun.

Anda tidak perlu khawatir cat anti karat kami merusak komponen mobil listrik Anda! Kami menggunak cat berbahan non kondaktif dan anti sparkling, sehingga aman untuk digunakan pada mobil listrik.

Informasi lebih lengkap mengenai layanan anti karat mobil listrik dan reservasi layanan silahkan hubungi kami melalui WhatsApp di nomor 0812-1130-9522!

Buat Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, Anda bisa mendatangi cabang RustPro yang berlokasi di bawah ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Itulah beberapa tips mengendarai mobil listrik saat hujan supaya komponen-komponen di dalamnya tetap aman.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat memastikan bahwa perjalanan Anda dengan mobil listrik saat hujan aman dan nyaman.

Penting untuk selalu diingat agar berhati-hati dan waspada terhadap kondisi jalan saat hujan deras.

 

RUSTPRO

It's My Responsibility