❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Apa Itu Ground Clearance pada Mobil dan Bagaimana Fungsinya?

Apa Itu Ground Clearance pada Mobil dan Bagaimana Fungsinya

Mengenal apa itu ground clearance atau ketinggian dasar pada mobil adalah hal yang penting bagi para pemilik dan pengemudi mobil. Ground clearance adalah jarak antara permukaan jalan dan bagian bawah mobil. Jarak ini bisa berubah sesuai dengan kondisi jalan dan jenis mobil. Ketinggian dasar pada mobil dapat mempengaruhi performa kendaraan, kenyamanan, dan keamanan. Ground clearance yang tepat akan memastikan bahwa mobil dapat beroperasi dengan aman dan mudah.

Apa Itu Ground Clearance?

Ground clearance pada mobil adalah jarak vertical antara bagian bawah mobil dan permukaan jalan. Nilai ground clearance ditentukan oleh jarak antara dasar mobil dan tanah. Apa itu ground clearance dapat didefinisikan sebagai ketinggian ruang bawah mobil dari permukaan tanah. Ground clearance yang lebih tinggi memungkinkan mobil untuk melewati rintangan yang lebih tinggi seperti bebatuan, pohon, lipatan dan lainnya. Lalu penggunaan apa itu ground clearance yang lebih rendah akan membuat mobil lebih stabil dan mengurangi kemungkinan tergelincir atau tersandung. Ground clearance yang tinggi juga membantu untuk menjaga ruang di bawah mobil dari debu dan lumpur.

Fungsi dari apa itu ground clearance juga mempengaruhi kenyamanan berkendara dengan membantu untuk menghindari tabrakan dengan objek yang berada di jalan. Ground clearance yang tinggi juga memungkinkan mobil untuk melalui jalan yang tidak rata atau rusak. Ground clearance yang tinggi juga dapat bermanfaat untuk melintasi jalan berbatu atau berlumpur.

Penggunaan dari apa itu ground clearance juga berperan penting dalam kinerja mobil. Ground clearance yang tinggi akan membuat mobil lebih stabil dan dapat meningkatkan penanganan. Ground clearance yang rendah dapat menyebabkan mobil tergelincir saat bermanuver. Ground clearance yang tinggi juga membantu untuk meningkatkan jangkauan berkendara pada kecepatan tinggi.

Fungsi Ground Clearance pada Mobil

Meskipun terlihat sepele, ground clearance memiliki fungsi yang sangat penting untuk memastikan kenyamanan dan keselamatan saat berkendara di berbagai medan, diantaranya sebagai berikut:

  1. Memberi Ruang untuk Lewati Hambatan di Jalan

Ground clearance pada mobil memiliki fungsi yang sangat penting dalam memberikan ruang untuk melewati hambatan di jalan. Ketika mobil memiliki ground clearance yang cukup tinggi, maka mobil akan lebih mudah melewati berbagai jenis hambatan seperti speed bump, kerikil, batu besar, atau bahkan genangan air.

Selain itu, ground clearance yang cukup juga memungkinkan mobil untuk menikung dengan lebih stabil dan menghindari terjadinya gesekan pada bagian bawah mobil saat melewati jalan yang tidak rata. Hal ini tidak hanya meningkatkan kenyamanan dalam berkendara, namun juga dapat meningkatkan keselamatan pengemudi dan penumpang mobil. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan tinggi ground clearance saat memilih mobil, terutama jika kamu sering berkendara di medan yang sulit atau jalan yang tidak rata.

  1. Mengurangi Gesekan dengan Tanah

Fungsi dari apa itu ground clearance mobil juga mampu mengurangi gesekan dengan tanah. Ketika mobil memiliki ground clearance yang cukup tinggi, maka bagian bawah mobil tidak akan bersentuhan langsung dengan permukaan tanah. Hal ini dapat mengurangi gesekan antara mobil dan tanah, yang pada gilirannya dapat mengurangi resiko kerusakan pada bagian bawah mobil seperti knalpot atau sistem suspensi.

Lebih lanjut, mengurangi gesekan dengan tanah juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar, karena mobil akan mengalami hambatan yang lebih sedikit saat melaju di jalan. Dengan demikian, memilih mobil dengan ground clearance yang cukup tinggi dapat memberikan keuntungan dalam jangka panjang, baik dari segi kenyamanan, keselamatan, maupun ekonomis.

  1. Membuat Berkendara Lebih Stabil

Ground clearance pada mobil juga memiliki fungsi penting dalam menjaga stabilitas mobil saat berkendara. Ketika mobil memiliki ground clearance yang cukup tinggi, maka mobil akan lebih sulit terkena goncangan dan getaran saat melaju di jalan yang tidak rata. Hal ini karena bagian bawah mobil tidak bersentuhan langsung dengan permukaan jalan yang kasar atau bergelombang, sehingga mobil tidak mudah goyah atau oleng saat melaju di medan yang sulit berkat apa itu ground clearance mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Keberadaan dari apa itu ground clearance mobil juga memungkinkan mobil untuk menikung dengan lebih stabil dan tidak terlalu miring pada saat belokan. Dengan demikian, memilih mobil dengan ground clearance yang cukup tinggi dapat meningkatkan stabilitas mobil saat berkendara, sehingga pengemudi dan penumpang dapat merasa lebih aman dan nyaman saat melaju di jalan.

  1. Efisiensi Bahan Bakar

Fungsi dari apa itu ground clearance mobil juga berjasa untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Ketika mobil memiliki ground clearance yang cukup tinggi, mobil akan lebih mudah melewati berbagai jenis hambatan di jalan seperti speed bump, kerikil, atau genangan air. Hal ini memungkinkan mobil untuk tetap melaju dengan kecepatan yang stabil dan mengurangi kebutuhan akan penggunaan bahan bakar yang lebih banyak.

Ground clearance yang cukup juga dapat mengurangi resistensi angin saat mobil melaju di jalan, sehingga mobil akan lebih efisien dalam mengkonsumsi bahan bakar. Oleh karena itu, memilih mobil dengan ground clearance yang sesuai dapat memberikan keuntungan dalam jangka panjang, baik dari segi kenyamanan, keselamatan, maupun ekonomis.

Baca Juga: Bikin Boncos Budget, Ini Penyebab Bahan Bakar Boros

  1. Mempengaruhi Kecepatan

Ground clearance juga dapat mempengaruhi kecepatan kendaraan. Mobil dengan ground clearance tinggi akan dapat bergerak lebih cepat di jalan raya karena ia dapat lebih mudah melalui hambatan-hambatan jalan. Namun, ground clearance yang terlalu tinggi juga akan mengurangi kecepatan kendaraan karena hal ini dapat mengakibatkan pengemudi kurang bisa mengontrol kendaraan.

Ukuran Ground Clearance Mobil yang Tepat

Ukuran ground clearance yang baik bervariasi tergantung pada jenis mobil. Sebagai aturan umum, ground clearance yang lebih tinggi lebih baik untuk mobil yang akan digunakan di medan berat. Namun, ground clearance yang terlalu tinggi dapat membuat mobil kurang stabil dan lebih berat. Sebuah ground clearance yang baik untuk mobil SUV dan mobil penumpang sedang adalah antara 7 hingga 8 inci. Untuk mobil penumpang kecil, ukuran yang ideal dari apa itu ground clearance adalah antara 5 hingga 6 inci.

Ground clearance yang lebih rendah memberikan keuntungan terutama untuk mobil penumpang kecil yang dapat mengurangi bobot mobil, meningkatkan stabilitas, dan mengurangi ketebalan gulungan. Namun, ground clearance yang terlalu rendah dapat menyebabkan mobil terjebak ketika melewati jalan yang tidak rata.

Untuk hasil terbaik, pastikan bahwa ground clearance cocok untuk jenis mobil Anda dan lingkungan di mana Anda akan mengemudikannya.

Lindungi Ground Clearance dari Kerusakan dengan Anti Karat RUSTPRO

Seringkali ground clearance bergesekkan dengan permukaan bebatuan yang mengakibatkan lecet dan baret. Apabila dibiarkan, baret dan lecet ini akan mengakibatkan karat dan membuat permukaan ground clearance jadi keropos, lho.

Untuk itu, pastikan melapisi ground clearance pada mobil kesayangan Anda dengan lapisan anti karat mobil dari RUSTPRO. Berbahan dasar rubber atau karet, sehingga lapisan anti karat dari RUSTPRO jauh lebih ringan, tahan dari suhu tinggi, cepat mengering, hingga mampu ditimpa dengan cat warna lain.

Proses reservasinya pun sangat mudah, cukup hubungi via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini), Anda akan diarahan langsung menuju lokasi bengkel tanpa khawatir harus menunggu antrean!

Penutup

Dengan semua manfaat yang terkait dengan ground clearance dan memahami apa itu groud clearance mobil, sangat penting untuk memilih kendaraan yang tepat dengan tingkat ground clearance yang tepat. Ground clearance yang tinggi dapat membantu kendaraan lebih mudah melewati hambatan-hambatan jalan, memberikan kenyamanan yang lebih bagi pengemudi, dan juga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Namun, ground clearance yang terlalu tinggi juga dapat mengurangi kecepatan kendaraan. Oleh karena itu, pembeli harus benar-benar mempertimbangkan bagaimana dan apa itu ground clearance sebelum membeli mobil idamannya.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility