❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Beberapa Jenis Coating Mobil Dan Juga Kekurangannya

Beberapa Jenis Coating Mobil Dan Juga Kekurangannya

Saat ini ada banyak sekali jenis coating mobil yang biasa dipakai oleh para pemilik mobil. Dimana saat ini, trend melakukan perawatan mobil menggunakan coating mobil memang sedang naik daun. Coating ini memang memiliki banyak sekali manfaat untuk bodi mobil. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang mulai menggunakan coating mobil untuk melindungi permukaan mobil mereka.

Tetapi sebelum Anda melakukan coating mobil, Anda wajib mengetahui tentang semua jenis coating mobil. Hal ini bertujuan agar Anda bisa mengetahui jenis coating apa yang kendaraan Anda butuhkan dan tentu saja agar tidak salah pilih. Berikut ini adalah penjelasan terkait dengan apa saja jenis dari Coating mobil.

Jenis-Jenis Coating Mobil yang Wajib diketahui

1. Jenis Coating Mobil Nano Coating

Jenis dari coating mobil memang bisa dibilang cukup banyak. Akan tetapi jenis nano coating adalah coating yang saat ini sedang populer. Nano coating adalah sebuah teknik perawatan mobil dimana ia akan melapisi bodi mobil dengan cairan khusus.

Cairan yang digunakan disini adalah cairan yang memiliki ukuran sangat kecil yaitu Nano. Oleh karena ukuran dari partikel ini yang sangat kecil membuat coating jenis ini diberi nama dengan nano coating. Meskipun coating dengan jenis nano coating ini dinilai dapat memberikan sebuah proteksi yang lebih. Dimana perlindungan yang diberikan pada cat mobil ini juga dinilai lebih maksimal.

Tetapi meskipun dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan jenis coating mobil lain. Nano coating ini juga dinilai lebih berbahaya bagi lingkungan dan juga tubuh. Hal ini karena pada jenis nano coating ini, mereka menggunakan sebuah bahan kimia yang memiliki ukuran kecil. Sehingga, kandungan dari bahan kimia ini yang bisa berbahaya bagi lingkungan dan juga tubuh manusia jika tidak sengaja tertelan.

2. Jenis Coating Mobil Ceramic Coating

Setelah mengetahui tentang jenis coating yang pertama yaitu nano Coating. Ada jenis lain dari coating mobil ini yaitu ceramic coating. Jenis coating mobil yang satu ini merupakan jenis coating kedua sekaligus yang banyak digunakan. Teknik perawatan dengan ceramic coating ini adalah sebuah teknik coating yang paling umum digunakan.

Dimana jenis coating mobil yang satu ini, mereka menggunakan sebuah cairan khusus yang memiliki kandungan keramik. Dengan menggunakan kandungan keramik tersebut, maka perlindungan pada cat mobil juga dinilai bisa lebih kuat. Teknik ceramic coating ini juga merupakan sebuah teknik yang banyak dipilih oleh para pemilik mobil. Hal ini karena jika dibandingkan dengan yang pertama yaitu nano Coating.

Jenis coating yang satu ini jelas dinilai lebih aman dan juga ramah lingkungan. Coating jenis ceramic ini juga dinilai memiliki tingkat proteksi atau perlindungan yang paling baik diantara semua jenis coating atau pelapisan. Selain dengan itu, daya tahan dari ceramic coating ini juga bisa dibilang sangat tahan lama. Sehingga dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh coating jenis ini, tidak heran jika harga yang dibanderol pada Ceramic Coating ini juga cukup mahal.

BACA JUGA: Tingkat dan Jenis-Jenis Ketebalan Kaca Film Mobil yang Ada di Indonesia

3. Jenis Coating Mobil Powder Coating

Setelah mengetahui tentang dua jenis coating mobil yang banyak digunakan dan sedang naik daun. Ada juga satu lagi jenis coating yang tidak kalah kualitasnya dari dua jenis coating sebelumnya. Jenis coating ini adalah powder coating, jenis ini mungkin sedikit asing untuk Anda dengar. Mengingat jenis coating yang saat ini banyak digunakan adalah nano coating dan ceramic coating.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Powder coating ini adalah sebuah teknik pewarnaan komponen khusus yang menggunakan bahan dasar dari metal. Biasanya coating mobil dengan jenis powder coating ini dilakukan pada velg mobil. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh powder coating ini. Seperti salah satunya adalah water repellent, yang dimana setiap ada sebuah kotoran yang menempel pada bagian bodi kendaraan.

Maka, kotoran ini akan mudah terhilangkan karena sifatnya yang licin. Selain dengan hal itu, kelebihan lainnya dari powder coating ini adalah memiliki Anti UV dan Scratch Resistance. Karena bahannya yang dari metal, maka coating ini cenderung lebih tahan gores. Selain dengan itu, coating ini juga memiliki warna yang lebih kuat dan hasil yang lebih tajam.

Coating Memiliki Kekurangan Dari Segi Proses Pengerjaan

Coating memang memiliki banyak sekali kelebihan, dimana ia bisa melindungi mobil dan membuat cat lebih awet. Tetapi, hal ini juga tidak menutup kemungkinan bahwa jenis coating mobil juga memiliki kekurangan. Dengan segala kelebihan dan manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya terkait dengan coating mobil. Proses dari coating melalui banyak sekali tahapan yang harus dilalui, sehingga hal ini akan menghabiskan waktu yang cukup lama.

Di mana biasanya untuk proses coating bagi mobil baru bisa menghabiskan waktu sampai dengan 1 hari penuh. Tetapi jika mobil Anda adalah mobil yang sudah cukup lama digunakan, bahkan sampai bertahun-tahun. Maka, proses dari coating ini juga akan membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu sekitar 3 sampai dengan 5 hari, karena mereka akan memerlukan proses detailing terlebih dahulu.

Kekurangan Coating Bisa Berasal Dari Biaya Coating

Selain dengan kekurangan jenis coating mobil yang berasal dari prosesnya yang lama. Kekurangan lainnya dari coating mobil adalah dari biaya yang dikeluarkan. Coating mobil memang memiliki banyak sekali manfaat, dimana proses dari coating ini sendiri juga tidak sebentar. Hal inilah yang kemudian membuat harga dari coating mobil ini menjadi cukup mahal.

Untuk biaya dari jenis coating mobil ini sendiri memang tergolong tidak murah jika dibandingkan dengan teknik perawatan body mobil yang lainnya. Untuk proses dari coating mobil yang full body, biaya yang dikeluarkan dapat berkisar dari jutaan hingga puluhan juta rupiah. Hal ini juga bergantung pada jenis dan juga ukuran dari mobil Anda.

Coating Mobil Memiliki Resiko Terjadinya Kesalahan Manusia Atau Human Error

Setelah mengetahui beberapa jenis dari Coating mobil dan juga kekurangannya. Masih ada satu lagi kekurangan dari Coating mobil yang juga perlu dilakukan. Kekurangan selanjutnya adalah kemungkinan terjadinya sebuah human eror atau kesalahan manusia. Di mana proses coating ini memiliki proses yang sangat panjang dan juga tidak mudah, sehingga terjadinya Human eror tentunya sangat mungkin terjadi.

Untuk seitap perawatan mobil tentu saja akan terdapat sebuah resiko akan terjadinya human error. Bahkan, tak terkecuali untuk proses coating ini, mengingat coating juga bukan pekerjaan yang mudah. Dimana bentuk dari human rror ini adalah seperti proses dari coating mobil yang dilakukan secara tidak merata. Dimana hal ini yang akan mengakibatkan tampilan body mobil Anda menjadi belang.

Hal ini tentunya bukan hal yang baik dan sangat tidak diinginkan oleh para pemilik mobil. Sehingga Jika sudah terjadi seperti itu, mau tidak mau proses dari coating mobil ini harus diulang dari awal. Dimana hal ini berguna untuk bisa menyamakan lapisannya kembali. Tentu saja jika terjadi seperti ini, hal ini jelas akan memakan waktu yang jauh lebih lama lagi daripada seharusnya.

Tetapi Anda tidak perlu khawatir, untuk menghindari hal ini Anda bisa melakukan coating di tempat yang terpercaya seperti RustPro. Dengan begitu, kesalahan seperti ini akan dapat terhindari.

Untuk mendapatkan pelayanan coating terbaik dari RustPro, jangan lupa untuk melakukan reservasi ke customer service melalui WhatsApp (klik di sini). Atau kalau memang kendaraan mobil Anda ingin segera mendapatkan layanan coating sekarang juga, Anda bisa datang ke cabang RustPro terdekat sekarang juga. Maka dipastikan bahwa kendaraan Anda bisa langsung ditangani oleh para ahli dan propesional di bidangnya.

Referensi:

Different Types of Car Paint Protection Coatings. Tautan: https://www.nerdynaut.com/different-types-of-car-paint-protection-coatings (Diakses: 5 Desember 2022)

RUSTPRO

It's My Responsibility