❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Berapa Lama Kaca Film Mobil Harus Diganti?

berapa lama kaca film mobil harus diganti

Kaca film mobil adalah salah satu cara terbaik untuk melindungi mobil Anda dari pengaruh cuaca dan paparan sinar UV yang berbahaya.

Kaca film mobil dapat membantu untuk membuat mobil Anda lebih nyaman untuk dinaiki oleh Anda dan penumpang Anda.

Akan tetapi, sama seperti halnya banyak produk lainnya, kaca film mobil juga memerlukan perawatan yang tepat dan berkala.

Lantas, berapa lama kaca film mobil harus diganti?

Masa Pakai Kaca Film Mobil 5 hingga 10 Tahun

Umumnya kaca film mobil mampu bertahan sampai lima hingga sepuluh tahun.

Namun, ada beberapa faktor yang membuat daya tahan kaca film mobil bisa jadi berbeda antara yang satu dengan lainnya.

Sejumlah faktor seperti jenis kaca film yang Anda gunakan, area geografis Anda, dan seberapa sering Anda menggunakan mobil Anda. 

Faktor Penentu Kaca Film Mobil Awet Atau Tidak

Kendati demikian, di bawah ini adalah beberapa faktor yang dapat membantu Anda untuk menentukan berapa lama kaca film mobil Anda harus diganti.

1. Jenis Kaca Film yang Digunakan

Pertama, jenis kaca film yang Anda gunakan memainkan peran penting dalam menentukan berapa lama kaca film mobil harus diganti.

Kaca film standar umumnya memiliki masa pakai sekitar lima tahun, dan kaca film yang lebih tahan lama dapat bertahan selama sepuluh tahun atau lebih.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Anda juga harus mempertimbangkan jenis kaca film yang Anda gunakan, karena beberapa jenis kaca film memiliki tingkat perlindungan yang lebih tinggi daripada yang lain.

2. Lokasi Geografis

Kedua, area geografis Anda juga memainkan peran dalam menentukan berapa lama kaca film mobil harus diganti.

Kaca film yang berada di daerah yang memiliki iklim yang lebih panas dan lebih kering mungkin akan bertahan lebih lama daripada kaca film yang berada di daerah yang lebih dingin dan lebih basah.

Jika Anda tinggal di daerah yang lebih panas dan lebih kering, Anda mungkin akan melihat bahwa kaca film Anda akan bertahan lebih lama daripada jika Anda tinggal di daerah yang lebih dingin dan lebih basah.

Lokasi geografis dapat mempengaruhi lama tidaknya penggunaan kaca film mobil. Penelitian oleh Cheng et al. (2007) menunjukkan bahwa lokasi geografis menentukan tingkat degradasi pada kaca film mobil.

Studi ini menyimpulkan bahwa kaca film mobil yang dipasang di daerah beriklim tropis cenderung mengalami degradasi lebih cepat daripada kaca film mobil yang dipasang di daerah beriklim sub-tropis.

Peneliti menggunakan kaca film mobil berlapis empat di daerah beriklim tropis dan daerah beriklim sub-tropis.

Mereka menemukan bahwa kaca film mobil di daerah beriklim tropis mengalami degradasi lebih cepat daripada kaca film mobil di daerah beriklim sub-tropis.

Peneliti juga menyimpulkan bahwa kaca film mobil yang dipasang di daerah beriklim tropis cenderung mengalami degradasi lebih cepat karena banyaknya sinar matahari yang diterima di daerah ini.

Baca Juga: Tips Memilih dan Rekomendasi Kaca Anti Sinar Matahari

3. Intensitas Penggunaan Mobil

Ketiga, seberapa sering Anda menggunakan mobil Anda juga memainkan peran dalam menentukan berapa lama kaca film harus diganti.

Jika Anda menggunakan mobil Anda secara reguler, Anda akan melihat bahwa kaca film Anda mungkin akan bertahan lebih lama daripada orang yang jarang menggunakan mobilnya.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa kaca film yang terus digunakan akan mengalami penurunan kualitas lebih lambat daripada kaca film yang jarang digunakan.

4. Paparan Perubahan Cuaca

Keempat, jenis cuaca yang Anda alami juga memainkan peran dalam menentukan berapa lama kaca film mobil harus diganti.

Cuaca yang lebih ekstrim dapat menyebabkan kaca film menjadi cepat rusak atau penyebab kerusakan, sehingga memperpendek umur pakai kaca film.

Penelitian yang dilakukan oleh Departemen Ilmu dan Teknologi Kedirgantaraan, Universitas Sultan Zainal Abidin di Malaysia menunjukkan bahwa kaca film mobil yang dipasang pada mobil akan bertahan hingga lima tahun jika kondisi cuaca yang ada di sekitarnya kurang beragam.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kaca film mobil harus diganti setiap dua tahun jika kondisi cuaca yang ada di sekitarnya cukup beragam.

Hal ini karena kaca film mobil akan rusak lebih cepat jika terpapar terlalu banyak sinar matahari dan berbagai cuaca yang beragam.

5. Kesalahan Pembersihan

Di samping itu, jika Anda menggunakan produk pembersih kaca film yang kurang tepat, kaca film Anda juga dapat mengalami kerusakan lebih cepat.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa Anda menggunakan produk pembersih kaca film yang direkomendasikan oleh pembuat kaca film Anda.

Jadi, berapa lama kaca film mobil harus diganti? Jawabannya bervariasi tergantung pada jenis kaca film yang Anda gunakan, area geografis Anda, seberapa sering Anda menggunakan mobil Anda, dan jenis cuaca yang Anda alami.

Namun, umumnya kaca film standar harus diganti setiap lima hingga sepuluh tahun, dan kaca film yang lebih tahan lama dapat bertahan lebih lama.

Dan jika Anda menggunakan produk pembersih kaca film yang tepat, kaca film Anda mungkin akan bertahan lebih lama.

Dengan mengikuti saran ini, Anda dapat memastikan bahwa kaca film mobil Anda tetap dalam kondisi terbaik dan terlindungi selama bertahun-tahun.

DOMO Film, Kaca Film Terawet dengan Kualitas Teruji

Agar kaca film mobil yang Anda pasang dapat awet dalam jangka waktu yang lama, pastikan untuk memilih merek kaca film mobil yang kualitasnya sudah sangat teruji, seperti DOMO Film dari RUSTPRO.

DOMO Film ini memiliki teknologi khusus Nano Armor Technology yang membuat kaca film mobil dari DOMO Film mampu melindungi dari efek sinar UV serta terik matahari hingga 99%.

Fitur ini juga membuat kaca film mobil andalan dari RUSTPRO mampu menghalau radiasi inframerah yang sebabkan panas di suhu kabin mobil.

Tersedia dalam beberapa tingkat kegelapan yakni 40%, 60%, dan 80%, sehingga bisa Anda memilih sesuai dengan preferensi dan aturan perundang-undangan yang berlaku.

DOMO Film juga hadir dalam dua varian warna, yakni Fuji (Hitam) dan Daisen (Biru).

Selain itu, DOMO Film juga dilengkapi dengan masa garansi hingga 8 tahun. Dengan ini, maka Semakin membuat kualitas dari kaca film mobil dari RUSTPRO ini begitu terpercaya kualitasnya.

Harga yang ditawarkan untuk pemasangan DOMO Film ini cukup beragam, tergantung varian yang akan dipilih.

Untuk info mengenai biaya pemasangan kaca film di RUSTPRO, Anda dapat dengan mudah menghubungi Customer Service RUSTPRO via WhatsApp di 0813-1150-2678.

Nikmati dan dapatkan promo spesial layanan pemasangan kaca film hanya di RUSTPRO!

Info lengkap silahkan hubungi nomor CS di atas atau kunjungi Instagram kami di @rustpro_indonesia.

Buat Anda yang tinggal di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya, Anda dapat memilih tempat pemasangan kaca film mobil terdekat di bawah ini.

RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

RustPro cabang Cirendeu, Tangerang

Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

RustPro BSD

Lokasi: Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan, Banten 15310

RustPro Kalimalang

Jl. Inspeksi Kalimalang Kota No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450.

RustPro Cibubur

Kota Wisata Cibubur, Canadian Broadway Ruko Commpark Blok E No.32-33 Desa Limusnunggal, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor Limus Nunggal, Cibubur, Kec. Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16820.

Kesimpulannya, berapa lama kaca film mobil harus diganti tergantung pada beberapa faktor seperti jenis kaca film yang Anda gunakan, area geografis Anda, seberapa sering Anda menggunakan mobil Anda, dan jenis cuaca yang Anda alami.

Namun, umumnya kaca film standar harus diganti setiap lima hingga sepuluh tahun, dan kaca film yang lebih tahan lama dapat bertahan lebih lama.

Dengan menggunakan produk pembersih kaca film yang tepat, Anda dapat memastikan bahwa kaca film mobil Anda tetap dalam kondisi terbaik dan terlindungi selama bertahun-tahun.

Kaca film mobil adalah cara yang efektif untuk melindungi mobil Anda dan meningkatkan kenyamanan Anda saat mengendarainya.

Dengan mengetahui berapa lama kaca film mobil harus diganti, Anda dapat memastikan bahwa kaca film Anda tetap dalam kondisi terbaik dan terlindungi selama bertahun-tahun.

RUSTPRO

It's My Responsibility