❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

5 Cara Cek Odometer Mobil Bekas, Asli Atau Palsu?

5 Cara Cek Odometer Mobil Bekas, Asli Atau Palsu

Apakah Anda sedang mencari mobil bekas yang berkualitas? Salah satu hal penting adalah cara cek odometer mobil bekas. Odometer yang asli akan memberikan informasi yang akurat mengenai jarak tempuh mobil. Namun, di pasar mobil bekas, terkadang ada praktik yang tidak jujur, seperti memanipulasi angka odometer untuk membuat mobil terlihat lebih sedikit digunakan.

Jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membahas lima cara cek odometer mobil bekas, sehingga Anda dapat memastikan apakah angka yang tertera adalah benar-benar asli atau palsu.

5 Cara Cek Odometer Mobil Bekas

Mengecek keaslian odometer mobil bekas adalah langkah penting yang perlu dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli. Odometer yang termanipulasi dapat membuat kita terjebak dalam memilih mobil yang sebenarnya telah digunakan dalam jarak yang jauh lebih jauh daripada yang tertera.

Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi tentang lima cara cek odometer mobil bekas tersebut asli atau palsu. Dengan mengetahui metode ini, Anda akan dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan menghindari penipuan dalam pembelian mobil bekas.

1. Periksa Riwayat Pemeliharaan

Cara cek odometer mobil bekas yang pertama adalah periksa riwayat pemeliharaan. Melihat riwayat pemeliharaan mobil bekas dapat memberikan petunjuk tentang seberapa sering mobil tersebut perlu dilakukan perawatan.

Perhatikan catatan perbaikan dan servis yang mencantumkan kilometer mobil pada waktu-waktu tertentu. Jika ada inkonsistensi atau lonjakan yang mencurigakan dalam angka-angka tersebut, kemungkinan besar odometer telah dimanipulasi.

Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa tanggal dan lokasi servis, yang seharusnya konsisten dengan catatan riwayat.

2. Perhatikan Tanda-tanda Fisik

Amati tanda-tanda fisik pada mobil yang menunjukkan tanda-tanda pemakaian yang intensif. Cek kondisi pedal rem, pedal kopling, dan stir mobil.

Jika kondisinya sudah terlalu aus dan ausnya tidak sesuai dengan angka yang tertera di odometer, maka ada kemungkinan mobil tersebut memiliki kilometer yang lebih tinggi daripada yang disebutkan. Juga, periksa keausan pada jok, knob perpindahan gigi, dan pedal gas.

Jika ada tanda-tanda pemakaian yang signifikan, namun angka odometer terlihat rendah, maka patut dicurigai adanya manipulasi.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

3. Periksa Laporan Sejarah Kendaraan

Sedangkan cara cek odometer mobil bekas selanjutnya adalah dengan periksa laporan sejarah mobil bekas yang ingin anda beli. Gunakan layanan laporan sejarah kendaraan yang dapat memberikan informasi penting tentang sejarah mobil, termasuk riwayat perbaikan, kecelakaan, dan pemeriksaan teknis sebelumnya.

Cek catatan kilometer yang tercatat di laporan dengan angka yang ada di odometer mobil saat ini. Jika ada inkonsistensi atau perbedaan yang signifikan, ada kemungkinan besar terjadi pemalsuan odometer.

4. Lakukan Inspeksi Teknis

Mintalah bantuan mekanik terpercaya untuk melakukan inspeksi teknis menyeluruh pada mobil bekas yang ingin Anda beli. Mekanik akan memeriksa tanda-tanda pemakaian dan kerusakan pada komponen kendaraan yang umumnya menunjukkan kilometer yang tinggi.

Mereka juga dapat memeriksa integritas sistem elektronik dan melakukan pemeriksaan yang lebih mendalam untuk mendeteksi tanda-tanda manipulasi odometer.

5. Periksa Konsistensi Dokumen

Cara cek odometer mobil bekas yang terakhir, selain odometer, pastikan untuk memeriksa konsistensi angka kilometer pada dokumen-dokumen resmi mobil bekas, seperti buku service, sertifikat kepemilikan, dan dokumen penjualan sebelumnya.

Perhatikan apakah angka-angka tersebut konsisten dan sesuai dengan yang tertera di odometer mobil saat ini. Jika ada perbedaan yang mencurigakan atau ketidaksesuaian, ada kemungkinan manipulasi yang terjadi.

BACA JUGA: 5 Cara Beli Mobil Bekas Tanpa DP, Pasti Berhasil !

Dalam membeli mobil bekas, memeriksa keaslian odometer adalah langkah penting untuk menghindari penipuan. Lima cara yang telah kami bahas di atas, dapat membantu Anda mengidentifikasi apakah angka-angka pada odometer mobil bekas tersebut asli atau palsu.

Dengan menggunakan cara cek odometer mobil bekas ini, Anda dapat membuat keputusan yang lebih cerdas dan memilih mobil bekas yang dapat diandalkan dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan sampai terjebak dalam penipuan odometer yang dapat berdampak negatif pada investasi Anda.

Cek Odometer Mobil Bekas Sigra

Untuk melakukan pemeriksaan odometer pada mobil bekas Sigra, Anda dapat menggunakan cara cek odometer mobil bekas yang sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Periksa riwayat pemeliharaan mobil untuk melihat konsistensi angka kilometer pada catatan perawatan.

Amati juga tanda-tanda fisik pada mobil yang menunjukkan tanda-tanda pemakaian yang intensif. Selain itu, pastikan untuk memeriksa laporan sejarah kendaraan dan konsistensi angka kilometer pada dokumen-dokumen resmi mobil bekas Sigra.

Cara cek odometer mobil bekas terakhir, lakukan inspeksi teknis oleh mekanik terpercaya untuk memeriksa tanda-tanda manipulasi dan kerusakan yang menunjukkan kilometer yang tinggi. Dengan melakukan pemeriksaan yang cermat, Anda dapat memastikan keaslian odometer pada mobil bekas Sigra sebelum memutuskan untuk membeli.

Beli Mobil Bekas? Pakai Kaca Film Merk Domo Film dari RustPro Aja!

Setelah mendapatkan informasi mengenai cara cek odometer mobil bekas, di RustPro Anda bisa mendapatkan pelayanan seperti Anti KaratCoatingDetailing, dan Kaca Film. Layanan RustPro dapat melindungi mobil kesayangan anda dari karat dan membuat tampilan mobil menjadi kinclong seperti baru.

Kabar gembira! Kini RustPro buka sampai jam 22.00 setiap harinya! Untuk anda yang booking pengerjaan (Anti Karat, Coating, Detailing, dan Kaca Film) dari pukul 17.00 WIB – 22.00 WIB, anda bisa berkesempatan untuk mendapatkan diskon tambahan hingga 40%. Jangan abaikan kesempatan ini, booking sekarang juga!

Dengan Domo Film, privasi Anda terjaga, sinar UV diblokir dengan sempurna, dan interior di dalam mobil tetap terasa sejuk. Untuk Domo Film, kaca film ini tersedia khusus untuk area: JADETABEK saja, baik untuk pemasangan di bengkel RustPro atau pun home service.

Tidak hanya itu, Domo Film juga menawarkan garansi selama 3 tahun! Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini! Pilih Domo Film sebagai pilihan utama Anda dan rasakan manfaat luar biasa yang tidak akan Anda temukan di merk kaca film lainnya.

Khusus untuk anda yang tinggal di daerah Jakarta UtaraSurabayaCirendeuCirebondan sekitarnya, anda bisa datang ke cabang RustPro berikut ini:

RustPro Pegangsaan Dua

Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

RustPro Lebak Bulus

Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

RustPro Lontar – Surabaya

Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216.

RustPro Cirebon

Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133.

Untuk mendapatkan layanan dari RustPro, anda bisa melakukan reservasi online dengan cara menghubungi customer service RustPro melalui WhatsApp melalui nomor berikut: 0813-1150-2678. Ayo hubungi RustPro sekarang juga! Karena jika beruntung, anda bisa mendapatkan diskon atau potongan harga menarik sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku! Jangan Lupa Follow RustPro di Instagram ya

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility