❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

6 Cara Membersihkan Mobil yang Benar, Bukan Semprot dan Gosok Semata

6 Cara Membersihkan Mobil yang Benar

Membersihkan mobil adalah salah satu tahapan penting dalam merawat kendaraan. Selain membuat mobil Anda terlihat lebih bersih dan menarik, membersihkan mobil secara berkala juga bisa meningkatkan kualitas dan juga umur mobil Anda. Namun demikian, ada beberapa cara membersihkan mobil yang benar dan berkualitas, yang harus Anda perhatikan.

Anda mungkin berpikir bahwa membersihkan mobil adalah hal yang sederhana dan mudah dilakukan. Namun, jika Anda tidak melakukannya dengan benar, Anda dapat mengurangi umur mobil Anda atau bahkan merusaknya. Dengan memahami cara membersihkan mobil yang benar, Anda akan dapat merawat kendaraan Anda dengan lebih baik dan menjaga agar tetap terlihat bersih dan menarik.

Cara Membersihkan Mobil yang Benar

Meski terlihat biasa saja, nyatanya mencuci mobil memerlukan kiat tertentu yang harus diperhatikan dengan benar agar tampilan mobil Anda tak berujung pada kerusakan akibat salah penanganan.

  1. Gunakan Sabun atau Shampo Khusus Mobil

Menggunakan sabun atau shampo khusus cuci mobil saat mencuci mobil sangat dianjurkan untuk memelihara kualitas permukaan dan warna cat mobil. Sabun dan shampo ini dirancang khusus untuk membuat mobil Anda terlihat lebih bersih dan menjaga agar permukaan tetap bersih dan aman dari kerusakan yang disebabkan oleh kotoran, debu, dan sinar matahari.

Sabun dan shampo khusus mobil memiliki formula khusus yang memungkinkan Anda untuk mencuci dan membersihkan permukaan mobil dengan bahan-bahan yang tidak membahayakan cat dan permukaan mobil. Bahan-bahan ini juga dapat membantu menjaga warna cat mobil agar tetap cerah.

Selain itu, sabun dan shampo khusus mobil juga dapat membantu menghilangkan residu oli dan kotoran lainnya yang mungkin menempel pada permukaan. Dengan menggunakan sabun dan shampo khusus mobil, Anda akan dapat memastikan bahwa mobil Anda tetap terlihat bersih dan segar, dan juga memastikan bahwa cat tetap bersih dan tahan lama.

  1. Gunakan Dua Ember untuk Air Sabun dan Air Bersih

Menggunakan dua ember saat mencuci mobil sangat penting dan memiliki manfaat tersendiri. Ember pertama digunakan untuk menampung air bersih, sedangkan ember kedua digunakan untuk menampung air sabun. Air bersih menyediakan sumber cairan yang bersih untuk mencuci mobil, sementara air sabun menyediakan sumber cairan yang berbusa untuk mengangkat kotoran.

Karena mencuci mobil menggunakan air sabun, kotoran yang menempel pada permukaan mobil akan mudah dihilangkan. Selain itu, air sabun yang berbusa dapat menjangkau semua sudut dan celah mobil lebih mudah. Namun, jika kita menggunakan air bersih untuk mencuci mobil, efektivitas pembersihan akan menjadi rendah. Hal ini karena air bersih tidak dapat mengangkat kotoran dengan baik.

Selain itu, menggunakan dua ember saat mencuci mobil juga dapat menghindari cross contamination. Cross contamination adalah proses ketika kotoran yang sudah dibersihkan masuk kembali ke air bersih. Jika ini terjadi, maka kotoran akan kembali menempel pada permukaan mobil dan membuat proses mencuci mobil menjadi tidak efektif.

Dari uraian di atas, terlihat bahwa menggunakan dua ember saat mencuci mobil sangat penting dan memiliki manfaat tersendiri. Untuk itu, sebaiknya selalu gunakan dua ember saat mencuci mobil, yang satu untuk menampung air bersih dan satu lagi untuk menampung air sabun. Dengan begitu, hasil mencuci mobil akan lebih efektif dan lebih bersih.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  1. Jangan Turunkan Kaca hingga Mobil Kering Sempurna

Ketika mobil baru dibersihkan, air atau produk kimia yang digunakan untuk membersihkannya masih ada di permukaan kendaraan. Jika kaca diputar turun sebelum permukaan kendaraan benar-benar kering, air dan produk kimia dapat membekuk di bagian bawah kaca, yang akan menyebabkan kerusakan pada jendela dan mekanisme menurunkan kaca. Komponen mekanis yang biasanya terletak di bawah kaca juga dapat mengalami kerusakan akibat kondisi basah. Jika ini terjadi, Anda mungkin harus mengganti mekanisme menurunkan kaca.

Selain itu, jika kaca diturunkan sebelum mobil benar-benar kering, Anda dapat menemukan bahwa kaca terlihat kabur dan berdebu. Ini karena air dan produk kimia yang belum kering di permukaan mobil menempel pada kaca saat kaca diturunkan. Seiring berjalannya waktu, kerosakan ini dapat semakin buruk.

Karena itu, sangat penting untuk menunggu sampai mobil benar-benar kering dan bersih sebelum menurunkan kaca. Jika Anda tidak melakukannya, Anda dapat mengalami kerusakan yang mahal untuk memperbaikinya.

  1. Jangan Pernah Mencuci Mobil di Bawah Terik Matahari

Mengaplikasikan cara mencuci mobil di bawah terik matahari adalah hal yang tidak disarankan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa jangan pernah melakukannya.

Pertama, cairan pencuci mobil dapat mengering lebih cepat di bawah sinar matahari terik. Hal ini akan mempengaruhi hasil akhir pembersihan mobil, karena cairan pencuci mobil tidak akan mengering dengan sempurna.

Kedua, berbagai zat kimia dalam cairan pembersih mobil dapat menyebabkan berbagai kerusakan pada cat mobil. Sinar matahari yang terlalu terang dapat menyebabkan kulit busa pada spons mengering dan meninggalkan jejak berantakan pada cat mobil.

Ketiga, air yang digunakan saat membersihkan mobil dapat menyebabkan korosi pada bodi kendaraan. Air di bawah terik matahari dapat menyebabkan korosi dan berbagai kerusakan pada bagian luar mobil.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mencuci mobil di tempat terlindung dari sinar matahari. Cara ini akan membantu menjaga kondisi mobil Anda dan memastikan bahwa Anda mendapat hasil yang diinginkan.

Baca Juga: Cara Paling Efektif untuk Melindungi Kendaraan dari Sinar Matahari

  1. Gosok dengan Gerakan Memutar ke Atas dan Bawah

Gerakan memutar ke atas dan ke bawah saat menggosok permukaan mobil ketika mencuci mobil adalah cara yang berguna untuk memastikan bahwa Anda mencapai setiap bagian mobil yang harus dicuci. Gerakan memutar akan memastikan bahwa Anda membersihkan dengan baik setiap bagian. Gerakan memutar ke atas dan ke bawah juga akan memastikan bahwa Anda membersihkan setiap bagian dengan cukup lembut, sehingga Anda tidak menyebabkan kerusakan pada permukaan mobil.

Gerakan memutar akan memastikan bahwa Anda mencapai setiap sudut dan bagian mobil, sehingga Anda dapat membersihkan mobil dengan sempurna. Selain itu, gerakan memutar akan memastikan bahwa Anda membersihkan mobil dengan cukup cepat, karena Anda tidak perlu menggosok permukaan mobil dengan kuat. Gerakan memutar ke atas dan ke bawah akan meningkatkan keefektifan Anda dalam membersihkan mobil.

  1. Lakukan Coating Mobil di RUSTPRO untuk Finishing yang Sempurna

Ketika Anda mencuci mobil Anda, Anda melakukan lebih dari hanya membersihkan kotoran dan debu. Anda juga melepaskan lapisan pelindung yang telah diterapkan di bagian atas permukaan mobil, yang memproteksi kendaraan dari berbagai jenis goresan, kerusakan, dan usia. Lapisan pelindung ini penting untuk memastikan mobil Anda terlihat bagus dan terawat. Oleh karena itu, setelah mencuci mobil, Anda harus segera menggunakan lapisan coating mobil untuk membuat kendaraan Anda terlihat seperti baru kembali.

Lapisan coating mobil dapat membantu menjaga mobil Anda terlihat bersih dan berkilau. Ini melindungi kendaraan Anda dari berbagai jenis goresan dan kerusakan seperti oksidasi, korosi, dan cuaca buruk yang dapat merusak kendaraan Anda. Lapisan coating mobil juga dapat membantu menjaga kecerahan warna cat pada mobil Anda. Dengan lapisan coating yang tepat, Anda dapat melindungi mobil Anda dari berbagai jenis debu dan kotoran sehingga Anda dapat menjaga kondisi mobil Anda.

Sebagai salah satu bengkel perawatan dan perlindungan eksterior mobil terkemuka, RUSTPRO adalah pilihan yang tepat untuk Anda tuju dalam mendapatkan layanan coating mobil yang kualitasnya sudah sangat terpercaya.

RUSTPRO menggunakan varian coating terbaru dan satu-satunya di Indonesia, yakni Graphene 10H+ Protection. Jaga warna mobil interior agar lebih mengkilap dengan berikan perlindungan yang lebih kuat dari lapisan nano coating biasa.

Layanan coating dan detailing di RUSTPRO juga hadir dengan masa garansi hingga 1 tahun yang dapat diklaim di seluruh cabang RUSTPRO. Sehingga jika Anda mendapatkan layanan coating mobil di RUSTPRO Lontar – Surabaya, Anda juga bisa mengklaim masa garansi untuk maintenance ulang di RUSTPRO Cirendeu – Tangerang Selatan.

Bagi Anda yang berdomisili di sekitar daerah Lebak Bulus, Cipete, Cilandak, Fatmawati, Cinere, hingga Tangerang Selatan, layanan coating dan detailing dari RUSTPRO ini bisa dengan mudah Anda dapatkan di bengkel RUSTPRO Cirendeu. Satu lokasi dengan Dokter Mobil Cirendeu, Anda juga bisa mendapatkan penanganan jika ada permasalahan di mobil kesayangan Anda.

Lokasi: 14, Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Karena seringkali layanan coating dan detailing mobil di RUSTPRO ini begitu dinantikan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service RUSTPRO via WhatsApp di di 0813-1150-2678 (atau klik di sini). Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho!

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !