❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

7 Cara Merawat Mesin Mobil supaya Tahan Lama

cara merawat mesin mobil

Cara Merawat Mesin Mobil– Mesin adalah pusat dari semua fungsi kendaraan. Kinerja keseluruhan dari sebuah kendaraan sangat bergantung pada kesehatannya, begitu pun dalam kinerja sebuah mobil.

Sebagai pemilik mobil, Anda mungkin sudah memahami betapa pentingnya melakukan perawatan secara rutin terhadap mesin mobil, seperti mengganti oli dan menyervisnya. Namun, merawat mesin mobil tidak hanya berarti mengganti oli secara teratur saja. Terdapat cara-cara lain yang juga perlu Anda lakukan agar mesin mobil dapat awet dan tahan lama.

Dengan memahami pengetahuan dan tata cara merawat mesin mobil yang baik, Anda dapat memastikan bahwa mobil Anda tetap dapat digunakan hingga bertahun-tahun ke depan.

Cara Merawat Mesin Mobil

Berikut adalah 7 (tujuh) cara merawat mesin mobil yang bisa Anda lakukan untuk menjamin keawetan dan ketahanan kinerja mobil Anda.

1. Bersihkan Mesin Secara Regular

Cara merawat mesin mobil yang pertama adalah dengan membersihkannya secara rutin. Mesin yang bersih akan beroperasi dengan lebih efisien. Kotoran dan debu pada mesin dapat menyumbat filter udara dan mengganggu aliran udara ke mesin. Hal ini bisa mengurangi performa dan efisiensi bahan bakar.

Membersihkan mesin secara rutin juga bisa membantu Anda mendeteksi bocoran dan masalah lainnya sebelum menimbulkan masalah yang lebih serius.

2. Ganti Oli Mesin Secara Berkala

Cara kedua dalam merawat mesin mobil supaya tahan lama adalah dengan mengganti oli mesin secara berkala. Oli mesin berfungsi sebagai pelumas yang mencegah gesekan antara komponen mesin, menjaga suhu mesin tetap stabil, dan menghilangkan kotoran. Jangan pernah menunda penggantian oli mesin, karena oli yang kotor atau usang dapat merusak komponen mesin mobil Anda.

3. Periksa Radiator dan Cairan Pendingin

Radiator dan cairan pendingin berperan penting dalam menjaga suhu mesin tetap optimal. Cara merawat mesin mobil yang satu ini berguna untuk mencegah overheating. Mesin mobil yang mengalami overheating ketika dipakai tentu dapat berbahaya, bahkan bisa menimbulkan percikan api yang menjadi penyebab kebakaran.

4. Ganti Filter Udara Mesin

Filter udara mesin berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke mesin, mencegah kotoran dan debu yang bisa merusak komponen mesin. Pastikan Anda merawat mesin mobil Anda dengan rutin mengganti filter dara mesin. Hal ini dilakukan untuk memastikan mesin mendapatkan pasokan udara yang bersih.

5. Periksa dan Ganti Sabuk Mesin

Cara selanjutnya dalam merawat mesin mobil adalah memeriksan dan mengganti sabuk mesin secara berkala. Sabuk mesin adalah komponen penting yang menghubungkan dan menggerakkan berbagai bagian mesin. Sabuk mesin yang rusak dapat menyebabkan mesin overheat dan kerusakan lainnya.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

6. Pemeriksaan Rutin oleh Profesional

Cara merawat mesin mobil yang juga penting untuk Anda terapkan adalah melakukan pemeriksaan secara rutin bersama teknisi profesional. Mereka pasti memiliki pengetahuan dan peralatan yang diperlukan untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah yang mungkin tidak Anda sadari.

7. Jaga Bahan Bakar yang Digunakan

Cara merawat mesin mobil yang terakhir adalah menjaga kualitas bahan bakan yang digunakan. Kualitas bahan bakal juga memiliki dampak yang cukup signifikan pada kinerja dan usia mesin. Gunakanlah bahan bakar berkualitas dan sesuai dengan rekomendasi produsen. Menggunakan bahan bakar yang tidak tepat dapat merusak mesin dan mengurangi efisiensi.

Baca Juga: 8 Tips Merawat Mobil Bekas agar Tampak seperti Baru

Hindari Karat Penyebab Kerusakan Mesin Mobil bersama RustPro!

Untuk menghindari kerusakan mesin mobil akibat karat, sebaiknya Anda segera menggunakan cat pelapis anti karat dari RustPro pada bagian-bagian penting mobil sebelum karat merembet pada komponen-komponen mesin, sehingga mobil Anda dapat tetap optimal dan tahan hingga waktu yang lama.

Anti karat RustPro telah diuji secara klinis dapat melindungi mobil Anda dari kerusakan akibat karat. Mengapa demikian? Hal ini karena produk anti karat RustPro terbuat dari bahan dasar rubber yang memiliki daya ketahanan lebih lama dibanding bahan dasar aspal atau tar. Selain itu, bahan ini juga kedap air, sehingga Anda tidak perlu khawatir apabila terkena hujan atau melewati genangan air setelah selesai pemasangan anti karat.

Berikut kami sajikan sejumlah alasan mengapa RustPro adalah solusi terdepan dalam menangani masalah korosi pada mobil.

Teknisi yang Profesional dan Berpengalaman: Tim kami terdiri dari teknisi yang sangat berpengetahuan dan memiliki banyak pengalaman dalam dunia otomotif, khususnya dalam dalam hal perlindungan terhadap karat. Mereka memiliki keahlian yang tinggi dalam menangani isu karat pada mobil dan selalu siap untuk berbagi tips mengenai cara merawat mesin mobil agar terhindar dari korosi.

Perlindungan Optimal: Kami menerapkan formula khusus anti karat yang menawarkan perlindungan optimal terhadap karat. Seperti yang telah kami singgung, formula kami berbasis rubber, yang tidak hanya bisa menghentikan atau mencegah korosi, namun juga dapat membentuk lapisan pelindung pada logam untuk menghindari oksidasi.

Jaminan Sampai 8 Tahun: RustPro menawarkan jaminan sampai 8 tahun untuk layanan instalasi perlindungan anti karat. Ini tentu saja akan memberi Anda rasa aman bahwa perlindungan anti karat kami dirancang untuk melindungi kendaraan Anda dari kerusakan karat dalam jangka waktu yang panjang.

Hanya di bulan ini, kami menawarkan DISKON HINGGA 30% untuk semua layanan di RustPro! Untuk info lebih lanjut dan pemesanan jadwal pemasangan, jangan sungkan untuk menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di 0813-1150-2678. Anda juga dapat mengakses berbagai informasi berguna tentang layanan RustPro di Instagram @rustpro_indonesia.

Untuk Anda yang berdomisili di area Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, silakan kunjungi cabang kami di alamat berikut ini:

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

  • RustPro cabang Cirebon: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

  • RustPro cabang Lontar: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Itulah dia ketujuh cara merawat mesin mobil supaya tahan lama. Lakukan lah pemeriksaan secara rutin agar Anda dapat mendeteksi kerusakan sedini mungkin. Bawalah mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk meminta bantuan teknisi yang profesional untuk mendeteksinya. Jangan ragu juga untuk menerapkan lapisan anti karat pada bagian-bagian penting mobil untuk mencegah kerusakan mesin mobil akibat korosi!

RUSTPRO

It's My Responsibility