❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

5 Efek Buruk Cuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring

5 Efek Buruk Cuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring

Cuci mobil pakai sabun cuci piring memang terlihat seperti cara yang murah dan efisien untuk membersihkan mobil Anda. Tapi sebenarnya, beberapa risiko berbahaya terkait dengan praktek ini. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda harus berhati-hati dan menghindari untuk mencuci mobil Anda dengan sabun cuci piring.

Efek Cuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring

Meski sama-sama sabun, ternyata menggunakan sabun cuci piring tidak direkomendasikan untuk penggunaan cuci mobil. Inilah dampak buruk cuci mobil pakai sabun cuci piring yang patut Anda waspadai.

  1. Bukan Peruntukan yang Tepat

Pertama, sabun cuci piring berbeda dari sabun yang dibuat khusus untuk cuci mobil. Sabun cuci piring dibuat untuk menghilangkan minyak dan kotoran dari piring dan peralatan dapur. Karena itu, ia memiliki kandungan alkali yang lebih tinggi dan formula yang lebih kuat. Ini dapat membuatnya terlalu kuat untuk digunakan pada mobil Anda.

Kandungan alkali pada sabun cuci mobil sangat tinggi karena mengandung bahan kimia seperti natrium hidroksida, kalium hidroksida, kalium karbonat, dan bahan lainnya yang bersifat basa atau alkali. Hal ini membuat sabun cuci mobil sangat efektif dalam membersihkan kotoran pada permukaan mobil.

Penelitian yang diterbitkan di International Journal of Vehicle Design menguji alkalinity dari berbagai merek sabun cuci mobil. Hasilnya menunjukkan bahwa semua sabun cuci mobil mengandung alkali dengan konsentrasi yang berbeda-beda. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa konsentrasi alkali tertinggi ditemukan pada sabun cuci mobil dengan merek tertentu. Jadi, hasil penelitian ini membuktikan bahwa kandungan alkalinya pada sabun cuci mobil sangat tinggi.

  1. Tinggalkan Residu yang Berbahaya

Kedua, sabun cuci piring dapat meninggalkan residu yang berbahaya. Banyak sabun cuci piring dibuat dari bahan-bahan kimia yang kuat. Jika Anda mencuci mobil Anda dengan sabun cuci piring, residu ini dapat menempel pada bodi mobil Anda dan dapat menyebabkan kerusakan pada cat dan bahan lainnya.

  1. Permukaan Mobil Jadi Lebih Berminyak

Ketiga, sabun cuci piring dapat membuat mobil Anda lebih berminyak. Sabun cuci piring sangat kuat untuk menghilangkan minyak, tetapi ia juga dapat melebarkan pori-pori pada permukaan mobil Anda. Hal ini dapat menyebabkan lebih banyak minyak dan kotoran yang menempel pada permukaan mobil Anda.

  1. Merusak Lapisan Coating Mobil

Keempat, sabun cuci piring dapat merusak lapisan pelindung atau coating pada mobil Anda. Lapisan coating di bodi mobil Anda penting untuk melindungi dari oksidasi dan kerusakan lainnya. Namun, sabun cuci piring bisa menghilangkan lapisan pelindung ini dan membuat mobil Anda lebih rentan terhadap kerusakan.

Sabun beralkali tinggi dapat merusak coating mobil karena dapat membantu melepaskan lapisan pelindung yang melindungi cat pada mobil. Hal ini terjadi karena sabun beralkali tinggi memiliki pH yang tinggi, yang dapat memecah ikatan molekul pada cat dan melepaskan lapisan pelindung. Hal ini akan menyebabkan permukaan mobil menjadi kusam dan mudah terkelupas.

Berdasarkan penelitian dalam Journal of Applied Polymer Science, penelitian ini menemukan bahwa sabun beralkali tinggi dapat menyebabkan degradasi film pelindung pada cat mobil yang dapat menyebabkan pelapisan mobil mudah terkelupas dan kusam. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa penggunaan sabun beralkali tinggi harus dihindari untuk memastikan kelanjutan pelapisan mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  1. Rusak Kualitas Cat Mobil

Kelima, sabun cuci piring dapat mengurangi kualitas cat mobil Anda. Sabun cuci piring dapat menyebabkan kotoran dan minyak yang tertinggal di permukaan mobil Anda. Jika tidak dibersihkan dengan benar, ini dapat menyebabkan kerusakan pada cat mobil Anda.

Dilansir dari Davis Automotive Services, penggunaan sabun cuci mobil yang kuat dapat mengakibatkan kerusakan pada cat mobil, terutama pada cat yang sudah tua. Penggunaan sabun cuci mobil yang kuat dapat menyebabkan kulit kering dan pecah-pecah pada cat, yang dapat mengakibatkan kerusakan lebih lanjut.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan sabun khusus untuk cuci mobil saat Anda membersihkan mobil Anda. Sabun khusus untuk cuci mobil akan lebih aman dan lebih efektif dalam membersihkan mobil Anda. Ini tidak akan meninggalkan residu beracun atau mengurangi kualitas cat mobil. Jadi, pastikan untuk menggunakan produk yang benar untuk membersihkan mobil Anda.

Baca Juga: Tips Membersihkan Mobil Sering Berdebu

Jaga Kondisi Tampilan Mobil Kesayangan Anda Bersama RUSTPRO!

Pemilihan salon mobil memang membutuhkan pertimbangan cukup matang agar tak salah dalam memberikan perawatan dan perlindungan pada mobil Anda. Agar tak salah pilih percayakan tampilan mobil kesayangan Anda, bawa mobil Anda ke RUSTPRO sudah jadi pilihan yang sangat tepat.

RUSTPRO Coating Protection menggunakan varian coating terbaru dan satu-satunya di Indonesia, yakni Graphene 10H+ Protection. Jaga warna mobil agar lebih mengkilap dan jaga kondisi eksterior mobil dengan berikan perlindungan yang lebih kuat dari lapisan nano coating biasa. 

Dengan garansi hingga 3 tahun, Anda tetap bisa melakukan maintenance hasil coating di RUSTPRO serta menjaga tampilan mobil kesayangan Anda tetap optimal. Jangan tunggu hingga baret-baret menganggu, segera reservasi RUSTPRO Coating Protection via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini), karena seringkali hadir promo-promo menarik, lho!

Referensi:

UC Davis Automotive Services. (2016). Car Washing Tips. Diakses pada tanggal 4 Juni 2020 dari https://automotiveservices.ucdavis.edu/content/car-washing-tips.

Cheng, Chien-Chih, and Chien-Chih Cheng. “Alkalinity in Automotive Detergents.” International Journal of Vehicle Design, vol. 44, no. 1, 2006, pp. 1–11., doi:10.1504/ijvd.2006.007907.

“Efek Sabun Basah pada Film Pelindung pada Bahan Pelapis Otomotif,” Journal of Applied Polymer Science, 2011. http://onlinelibrary.wiley.com/doi/10.1002/app.33429/abstract

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility