❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Efek Buruk Cuci Mobil Pakai Air Hujan

Efek Buruk Cuci Mobil Pakai Air Hujan

Cuci mobil pakai air hujan mungkin terlihat seperti pilihan yang ramah lingkungan dan hemat biaya, namun siapa sangka praktik ini bisa memiliki dampak buruk bagi mobil Anda dan lingkungan sekitar. Air hujan yang terlihat segar dan bersih ternyata mengandung bahan kimia dan polutan yang bisa merusak cat mobil, meninggalkan goresan pada kaca dan bodi mobil, dan memperparah kondisi penampilan mobil.

Dampak Buruk Cuci Mobil Pakai Air Hujan

Jika Anda biasanya cuci mobil pakai air hujan, Anda mungkin terkejut mengetahui bahwa praktik ini memiliki dampak negatif pada mobil Anda dan lingkungan sekitar. Meskipun mungkin terlihat sebagai cara yang mudah dan murah untuk mencuci mobil, cuci mobil pakai air hujan sebenarnya dapat menyebabkan kerusakan pada cat mobil, menimbulkan residu, serta memperburuk kondisi lingkungan sekitar. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Anda sebaiknya tidak cuci mobil pakai air hujan:

  1. Dapat Merusak Cat Mobil

Air hujan memang terlihat segar dan bersih, sehingga cuci mobil pakai air hujan terlihat lebih ‘murah’ dan bersih. Namun sebenarnya air hujan mengandung bahan-bahan yang dapat merusak cat mobil Anda. Misalnya, jika hujan turun setelah beberapa waktu cuaca panas, maka air hujan akan mengandung asam yang dapat merusak cat mobil. Asam ini bisa menembus lapisan cat dan masuk ke dalam bahan logam mobil. Selain itu, air hujan juga dapat mengandung mineral seperti kapur dan kalsium yang bisa meninggalkan noda atau bekas pada cat mobil Anda. Residu ini bisa sangat sulit untuk dihilangkan dan dapat merusak penampilan mobil Anda.

  1. Meninggalkan Goresan pada Kaca dan Bodi Mobil

Air hujan juga mengandung partikel-partikel debu dan kotoran yang dapat meninggalkan goresan pada kaca dan bodi mobil. Goresan-goresan ini dapat menjadi permanen dan membuat mobil Anda terlihat tidak sedap dipandang. Selain itu, partikel-partikel ini juga dapat menempel pada spons atau kain yang Anda gunakan untuk mencuci mobil dan kemudian menggores permukaan mobil. Untuk itu, tidak disarankan cuci mobil pakai air hujan jika mobil Anda ingin terbebas dari baret dan goresan.

  1. Berisiko Meningkatkan Penyebaran Penyakit

Cuci mobil pakai air hujan juga dapat menyebarkan penyakit. Air hujan dapat mengandung kuman, bakteri, dan virus yang dapat menempel pada mobil Anda. Jika Anda menyentuh bagian mobil yang terkontaminasi dan kemudian menyentuh mulut atau hidung, maka Anda dapat terinfeksi penyakit. Selain itu, jika air hujan digunakan untuk mencuci mobil yang digunakan dalam bisnis seperti truk pengangkut makanan atau bahan kimia, maka risiko penyebaran penyakit menjadi semakin besar.

Untuk menghindari penyebaran penyakit, sebaiknya Anda mencuci mobil dengan air bersih dan sabun khusus mobil. Gunakan sarung tangan khusus untuk mencuci mobil dan pastikan untuk mencuci tangan Anda setelah selesai mencuci. Jika Anda memiliki bisnis yang menggunakan mobil, pastikan untuk selalu mencuci mobil dengan air bersih dan sabun khusus untuk menghindari penyebaran penyakit pada produk atau bahan kimia yang dibawa mobil tersebut.

  1. Tidak Dapat Membersihkan Mobil secara Maksimal

Cuci mobil pakai air hujan juga tidak dapat membersihkan mobil secara maksimal. Air hujan tidak mengandung deterjen dan bahan kimia pembersih yang dapat mengangkat kotoran, minyak, dan noda pada mobil. Selain itu, air hujan tidak dapat mencapai area-area tertentu pada mobil seperti celah-celah dan bagian-bagian tersembunyi yang biasanya terdapat di bawah kap mesin atau di bawah mobil. Kotoran yang tersembunyi ini dapat menumpuk dan mempercepat kerusakan pada mobil jika tidak dibersihkan secara rutin.

Untuk membersihkan mobil secara maksimal, disarankan untuk menggunakan air bersih dan sabun khusus mobil. Sabun khusus mobil mengandung bahan-bahan yang dirancang untuk membersihkan mobil tanpa merusak cat atau bagian-bagian lainnya. Selain itu, sabun khusus mobil juga dapat membantu mengangkat kotoran, minyak, dan noda yang menempel pada mobil. Dengan membersihkan mobil secara rutin dengan air bersih dan sabun khusus mobil, Anda dapat menjaga mobil Anda tetap bersih dan terawat dengan baik.

  1. Tidak Efektif Membersihkan Noda Membandel

Cuci mobil pakai air hujan juga tidak efektif dalam membersihkan kotoran yang membandel. Kotoran seperti getah pohon, tar, atau noda minyak pada mobil dapat menempel dan sulit untuk diangkat dengan air hujan saja. Jika kotoran tersebut tidak dihilangkan secara menyeluruh, maka dapat menyebabkan kerusakan pada cat mobil atau membuat mobil Anda terlihat kusam dan tidak sedap dipandang.

Untuk menghilangkan kotoran yang membandel pada mobil, disarankan untuk menggunakan bahan pembersih khusus seperti cairan pembersih getah pohon atau tar. Anda juga dapat menggunakan clay bar atau bahan pembersih lainnya yang dirancang khusus untuk menghilangkan kotoran membandel pada mobil. Dengan membersihkan mobil secara menyeluruh dengan bahan pembersih yang tepat, Anda dapat menjaga mobil Anda tetap bersih dan terawat dengan baik.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Baca Juga: Inilah 5 Pembersih Noda Cat Mobil, Noda Pasti Hilang!

Hindari Cuci Mobil Pakai Air Hujan, Jaga Tampilannya dengan Coating Mobil di Rustpro

Selain menghindari mencuci mobil dengan air hujan, perawatan berkala coating mobil juga sangat penting untuk menjaga penampilan mobil tetap terjaga. Coating mobil merupakan lapisan pelindung yang dioleskan pada permukaan mobil untuk melindungi cat mobil dari kerusakan akibat sinar UV, bahan kimia, dan kotoran lainnya. Dengan melakukan perawatan berkala coating mobil, Anda dapat memperpanjang umur cat mobil dan menjaga tampilan mobil Anda tetap terlihat bagus seperti baru.

Perawatan coating mobil dilakukan dengan mengoleskan lapisan pelindung pada permukaan mobil secara berkala, tergantung pada jenis coating mobil yang digunakan. Salah satu layanan coating mobil yang kualitasnya sudah sangat teruji adalah coating mobil di Rustpro.

Menggunakan formulasi coating mobil Graphene 10H+ Protection pertama dan satu-satunya di Indonesia, formulasi coating Graphene di Rustpro ini selain efektif melindungi mobil dari goresan, juga memiliki proteksi dari sinar UV dan memiliki sifat hydraphobic, yang membuat tetesan air hujan tak akan menyerap ke dalam permukaan cat bodi mobil.

Dengan masa garansi 3 tahun, klaim garansi ini bisa dengan mudah Anda klaim di seluruh cabang Rustpro tanpa terkecuali selama masa garansi masih berlaku.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Cirebon, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133
  2. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  3. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena seringkali layanan coating detailing mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho.

Akhir Kata

Dari paparan di atas, cuci mobil pakai air hujan dapat memiliki banyak dampak negatif pada mobil Anda dan lingkungan sekitar. Oleh karena itu, penting untuk menghindari praktik cuci mobil pakai air hujan dan melakukan perawatan berkala, salah satunya dengan lakukan coating mobil. Rustpro adalah salah satu bengkel yang menyediakan layanan perawatan coating mobil yang berkualitas untuk menjaga penampilan dan perlindungan mobil Anda. Dengan melakukan perawatan coating mobil secara rutin di Rustpro, Anda dapat memperpanjang umur cat mobil, menjaga tampilan mobil tetap terjaga, dan menghemat biaya perbaikan dan pemeliharaan mobil di masa depan.

RUSTPRO

It's My Responsibility