❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Selesai Mencuci Mobil Malah Kusam, Kok Bisa?

Setelah Mencuci Mobil Malah Kusam

Mencuci mobil adalah kegiatan yang penting untuk menjaga kebersihan dan tampilan mobil tetap kinclong. Namun, seringkali muncul masalah setelah mencuci mobil malah kusam. Masalah ini tentu sangat menjengkelkan bagi pemilik mobil karena mobil yang kusam tidak hanya menurunkan nilai jual, tetapi juga bisa merusak tampilan mobil yang seharusnya kinclong. Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa mencuci mobil malah kusam dan cara mengatasinya untuk menjaga mobil tetap bersih dan tampilannya tetap kinclong.

Penyebab Setelah Mencuci Mobil Malah Kusam

Mencuci mobil adalah salah satu tindakan yang wajib dilakukan untuk menjaga tampilan mobil tetap bersih dan kinclong. Namun, seringkali muncul masalah setelah mencuci mobil malah kusam dan tidak seperti yang diharapkan. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini adalah beberapa penyebab mengapa setelah mencuci mobil malah kusam.

  1. Penggunaan Sabun yang Salah

Penyebab mengapa setelah mencuci mobil malah kusam yang pertama adalah penggunaan sabun yang tepat. Sabun yang digunakan harus dirancang khusus untuk mencuci mobil dan harus bebas dari bahan kimia yang keras dan abrasif. Bahan kimia tersebut dapat merusak lapisan pelindung cat mobil, sehingga mobil menjadi kusam dan hilang kilauannya.

Selain itu, sabun pencuci piring atau sabun cuci baju juga dapat membuat cat mobil menjadi kusam karena sabun tersebut mengandung bahan kimia yang keras dan tidak sesuai dengan cat mobil. Oleh karena itu, pastikan untuk memilih sabun yang tepat saat mencuci mobil, seperti sabun pencuci mobil yang tersedia di pasaran. Sabun pencuci mobil ini dirancang khusus untuk mencuci mobil dan dapat membersihkan kotoran dengan sempurna tanpa merusak cat mobil.

  1. Kain atau Spons yang Kotor atau Kasar

Penyebab mengapa setelah mencuci mobil malah kusam yang kedua adalah kain atau spons yang digunakan. Kain atau spons yang digunakan harus bersih dan lembut agar tidak merusak cat mobil. Jika kain atau spons yang digunakan kotor atau kasar, maka dapat membuat cat mobil menjadi kusam dan terlihat kusam.

Selain itu, kain atau spons yang kasar juga dapat menyebabkan goresan halus pada cat mobil. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan kain atau spons mikrofiber yang lembut dan halus saat mencuci mobil. Kain atau spons mikrofiber dapat membersihkan kotoran dengan baik tanpa merusak cat mobil. Selain itu, pastikan untuk membersihkan kain atau spons setiap kali digunakan untuk menjaga kebersihannya.

  1. Terlalu Banyak atau Terlalu Sedikit Cairan Pembersih

Penyebab mengapa setelah mencuci mobil malah kusam adalah jumlah cairan pembersih yang digunakan. Jumlah cairan pembersih yang digunakan harus tepat. Terlalu banyak cairan pembersih dapat menyebabkan residu yang sulit dihilangkan dan membuat mobil terlihat kusam. Sedangkan, terlalu sedikit cairan pembersih dapat membuat mobil terlihat kusam karena tidak membersihkan kotoran dengan sempurna.

Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan jumlah cairan pembersih yang tepat saat mencuci mobil. Gunakan secukupnya dan pastikan seluruh permukaan mobil terkena cairan pembersih. Jangan lupa untuk membersihkan residu cairan pembersih setelah selesai mencuci mobil.

  1. Waktu Terlalu Lama dalam Proses Mencuci

Penyebab mengapa setelah mencuci mobil malah kusam adalah waktu terlalu lama dalam proses mencuci. Jika mobil dibiarkan terlalu lama dalam keadaan basah setelah dicuci, maka air dan cairan pembersih dapat mengering dan meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan. Selain itu, kotoran dan debu dapat menempel pada permukaan mobil ketika mobil dalam keadaan basah. Bekas kotoran dan debu tersebut dapat membuat mobil terlihat kusam dan tidak bersih. Oleh karena itu, pastikan untuk mengeringkan mobil dengan handuk atau kain mikrofiber setelah selesai mencuci. Pastikan seluruh bagian mobil kering untuk menghindari bekas air atau cairan pembersih yang mengering pada permukaan mobil.

Selain itu, waktu terlalu lama dalam proses mencuci juga dapat menyebabkan setelah mencuci mobil malah kusam karena terlalu sering membilas mobil dengan air. Terlalu sering membilas mobil dengan air dapat membuat cat mobil terkelupas dan membuat mobil terlihat kusam. Oleh karena itu, pastikan untuk menghindari membilas mobil terlalu sering dan hanya membilas mobil dengan air dalam jumlah yang cukup.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  1. Mencuci Mobil saat Kondisi Permukaan Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Penyebab mengapa setelah mencuci mobil malah kusam yang kelima adalah mencuci mobil saat kondisi permukaan terlalu panas atau terlalu dingin. Mencuci mobil saat kondisi permukaan terlalu panas dapat membuat air cepat menguap dan meninggalkan bekas air pada permukaan mobil. Selain itu, sabun dan cairan pembersih juga dapat cepat kering dan meninggalkan bekas residu pada permukaan mobil.

Sebaliknya, mencuci mobil saat kondisi permukaan terlalu dingin dapat membuat cairan pembersih susah untuk menyebar dan membersihkan kotoran dengan sempurna. Oleh karena itu, pastikan untuk mencuci mobil saat kondisi permukaan mobil tidak terlalu panas atau terlalu dingin, agar proses mencuci mobil dapat berjalan dengan baik dan hasilnya lebih maksimal.

  1. Mencuci Mobil di Bawah Sinar Matahari Langsung

Penyebab mengapa setelah mencuci mobil malah kusam yang keenam adalah mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung. Mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung dapat membuat sabun dan cairan pembersih cepat kering pada permukaan mobil, sehingga meninggalkan bekas residu pada cat mobil. Selain itu, sinar matahari juga dapat mempercepat pengeringan air pada permukaan mobil, sehingga air yang tersisa dapat meninggalkan bekas air yang sulit dihilangkan pada cat mobil. Oleh karena itu, pastikan untuk mencuci mobil di tempat yang teduh dan jauh dari sinar matahari langsung.

Selain itu, pastikan untuk mencuci mobil pada saat yang tepat. Jangan mencuci mobil saat cuaca sedang buruk seperti saat hujan atau angin kencang. Hal ini dapat membuat kotoran dan debu menempel pada permukaan mobil setelah dicuci. Sebaiknya, mencuci mobil pada saat cuaca cerah dan tenang untuk memastikan mobil bersih dan tampilannya tetap kinclong.

Baca Juga: Mencuci Mobil di Siang Hari Merusak Cat Mobil, Benarkah?

  1. Tidak Membilas Mobil dengan Bersih

Penyebab mengapa setelah mencuci mobil malah kusam yang ketujuh adalah tidak membilas mobil dengan bersih. Jika mobil tidak dibersihkan dengan sempurna setelah mencuci, maka sabun dan cairan pembersih dapat meninggalkan residu pada permukaan mobil. Residu tersebut dapat membuat mobil terlihat kusam dan tidak bersih. Oleh karena itu, pastikan untuk membilas mobil dengan bersih setelah mencuci. Pastikan seluruh sisa sabun dan cairan pembersih telah terbilas dengan bersih dari permukaan mobil. Jangan lupa juga untuk memastikan tidak ada sisa kotoran atau debu yang menempel pada permukaan mobil.

Selain itu, pastikan juga untuk membersihkan bagian-bagian mobil yang sulit dijangkau, seperti bagian bawah mobil atau roda mobil. Bagian-bagian ini sering terlewatkan saat mencuci mobil, sehingga kotoran dan debu dapat menumpuk dan membuat mobil terlihat kusam. Oleh karena itu, pastikan untuk membersihkan semua bagian mobil secara menyeluruh agar mobil tetap bersih dan tampilannya tetap kinclong.

Cegah Masalah Mencuci Mobil Malah Kusam, Kilaukan Warna Mobil dengan Coating Mobil di Rustpro

Untuk mencegah masalah mencuci mobil malah kusam, pastikan untuk memberikan treatment khusus setelah mencuci mobil, salah satunya dengan pengaplikasian coating mobil di Rustpro.

Menggunakan formulasi coating mobil Graphene 10H+ Protection pertama dan satu-satunya di Indonesia, formulasi Graphene ini selain efektif melindungi mobil dari goresan, juga memiliki proteksi dari sinar UV dan memiliki sifat hydraphobic, yang membuat tetesan air hujan tak akan menyerap ke dalam permukaan cat bodi mobil.

Dengan masa garansi 3 tahun, klaim garansi ini bisa dengan mudah Anda klaim di seluruh cabang Rustpro tanpa terkecuali selama masa garansi masih berlaku.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Cirebon, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133
  2. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  3. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena seringkali layanan coating detailing mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho.

Akhir Kata

Jika salah penanganan, masalah setelah mencuci mobil malah kusam kerap terjadi. Untuk mengatasi masalah ini, Rustpro hadir dengan solusi yang tepat, yaitu dengan memberikan perlindungan pada mobil melalui coating mobil yang mampu melindungi cat mobil dari kerusakan dan kusam akibat sinar matahari, debu, dan kotoran. Dengan Rustpro, mobil Anda akan terlindungi dengan maksimal dan tampilannya akan selalu kinclong seperti baru. Jadi, tunggu apa lagi? Segera lindungi mobil Anda dengan Rustpro dan nikmati hasilnya yang maksimal!

RUSTPRO

It's My Responsibility