❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Mencuci Mobil di Siang Hari Merusak Cat Mobil, Benarkah?

Mencuci Mobil di Siang Hari Merusak Cat Mobil

Mencuci mobil di siang hari mungkin menjadi pilihan bagi sebagian orang karena terlihat lebih praktis dan cepat. Namun, tahukah Anda bahwa mencuci mobil di siang hari ternyata dapat merusak kondisi cat mobil? Anggapan ini kerap santer terdengar di beberapa pengguna mobil. Agar tak salah kaprah dalam melakukan perawatan mobil, berikut ini adalah informasi lengkap seputar kebenaran mencuci mobil di siang hari merusak cat mobil yang patut Anda perhatikan dan simak.

Fakta Mencuci Mobil di Siang Hari Merusak Cat Mobil

Banyak orang mungkin berpikir bahwa mencuci mobil di siang hari adalah hal yang biasa dan tidak berbahaya. Namun, sebenarnya ada beberapa alasan mengapa mencuci mobil di siang hari dapat merusak cat mobil.

  1. Suhu yang Terlalu Panas

Mencuci mobil di siang hari saat suhu sedang sangat panas dapat menyebabkan masalah pada cat mobil. Ini karena air sabun yang terkena suhu yang terlalu panas bisa membuat cat cepat kering dan meninggalkan noda atau bekas air yang sulit dihilangkan. Selain itu, jika cat terkena sinar matahari langsung, dapat membuat cat terlalu panas dan membuat cat menjadi kusam.

  1. Kandungan Air yang Tinggi

Saat cuaca sangat panas, biasanya kandungan air yang terdapat pada sabun akan lebih tinggi. Hal ini dapat membuat sabun sulit untuk dihilangkan dari permukaan cat mobil sehingga meninggalkan noda yang sulit dihapus. Selain itu, jika air yang digunakan untuk mencuci mobil berasal dari mata air yang sangat panas, dapat membuat cat cepat kering dan meninggalkan noda atau bekas air yang sulit dihilangkan.

  1. Sinar UV yang Berbahaya

Sinar UV yang terkena cat mobil di siang hari dapat merusak cat mobil secara perlahan-lahan. Ini karena sinar UV dapat merusak cat mobil dan membuat cat menjadi kusam atau pudar. Jika mobil sering terkena sinar UV secara terus-menerus, cat mobil akan kehilangan kilau dan warnanya menjadi pudar.

Baca Juga: Ini Efek Inframerah dalam Mobil serta Bahaya Sinar UV

  1. Kerusakan pada Kaca Mobil

Mencuci mobil di siang hari dapat mempengaruhi kaca mobil. Jika kaca mobil terkena air yang sangat panas, dapat membuat kaca cepat mengering dan meninggalkan bekas noda air yang sulit dihilangkan. Selain itu, jika kaca terkena sinar matahari langsung, dapat membuat kaca menjadi panas dan membuat kaca retak.

Oleh karena itu, disarankan untuk mencuci mobil pada saat suhu tidak terlalu panas, seperti pagi atau sore hari. Selain itu, pastikan untuk menghindari sinar matahari langsung dan menggunakan air yang tidak terlalu panas. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menjaga cat mobil Anda tetap bersih dan terawat dengan baik.

Tips Mencuci Mobil yang Baik

Berikut adalah beberapa tips mencuci mobil yang baik dan benar agar tidak merusak kondisi cat mobil:

  1. Lakukan pada saat Cuaca Tepat

Lakukan mencuci mobil pada saat cuaca tidak terlalu panas dan cerah atau ketika tidak ada hujan. Jangan mencuci mobil di bawah sinar matahari langsung karena hal ini dapat menyebabkan air cepat mengering dan meninggalkan bekas air yang sulit dihilangkan pada cat mobil.

  1. Gunakan Air Bersih dan Sabun Khusus Mobil

Gunakan air bersih dan sabun khusus mobil untuk membersihkan mobil. Jangan menggunakan sabun cuci piring atau sabun yang dirancang untuk membersihkan permukaan lainnya. Sabun mobil mengandung bahan-bahan yang aman untuk cat mobil dan mampu mengangkat kotoran dan noda dari permukaan mobil.

  1. Mulai dari Bagian Atas Mobil

Mulailah mencuci mobil dari bagian atas mobil seperti atap dan jendela, kemudian turun ke sisi dan bagian bawah mobil. Hal ini membantu mencegah air dan kotoran dari bagian bawah mobil merusak bagian atas mobil yang sudah bersih.

  1. Gunakan Lap Mikrofiber atau Spons yang Lembut

Gunakan lap mikrofiber atau spons yang lembut untuk membersihkan mobil. Jangan menggunakan lap kasar atau sikat karena dapat merusak cat mobil. Pastikan lap yang digunakan bersih dan kering sebelum digunakan.

  1. Bilas Mobil dengan Air Bersih

Setelah selesai mencuci, bilas mobil dengan air bersih untuk menghilangkan sabun dan kotoran dari permukaan mobil. Pastikan untuk membersihkan sisa-sisa sabun dari semua bagian mobil agar tidak meninggalkan bekas noda pada cat mobil.

  1. Keringkan Mobil dengan Kain Khusus atau Blower

Setelah dicuci dan dibersihkan, keringkan mobil dengan kain khusus yang lembut dan tidak meninggalkan goresan pada cat mobil. Jangan biarkan mobil kering secara alami karena hal ini dapat meninggalkan bekas noda air pada cat mobil. Alternatif lain adalah dengan menggunakan blower atau pengering mobil untuk membantu mengeringkan mobil.

Dengan melakukan tips mencuci mobil yang baik dan benar seperti yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat menjaga kondisi cat mobil Anda tetap baik dan terawat dengan baik. Selain itu, Anda dapat memberikan perlindungan tambahan pada cat mobil dengan melakukan perawatan cat mobil secara berkala dan melakukan perawatan mobil secara rutin.

Beri Perlindungan Ekstra dengan Perawatan Coating Mobil di Rustpro

Setelah memahami kapan momen yang tepat untuk cuci mobil agar tak merusak cat mobil, penting juga untuk melakukan perawatan secara berkala agar kondisi cat mobil kualitasnya tetap baik dan cemerlang.

Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kualitas warna cat mobil tetap cemerlang adalah dengan coating mobil. Bengkel mobil yang sudah terkenal akan kualitas layanan coating mobilnya adalah Rustpro.

Rustpro menggunakan formulasi coating mobil Graphene 10H+ Protection pertama dan satu-satunya di Indonesia. Formulasi Graphene ini selain efektif melindungi mobil dari goresan, juga memiliki proteksi dari sinar UV dan memiliki sifat hydraphobic, yang membuat tetesan air hujan tak akan menyerap ke dalam permukaan cat bodi mobil.

Dengan masa garansi hingga 1 tahun, jelas kualitas dari coating dan detailing Rustpro memang sangat terjamin.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Surabaya, dan Bandung, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Lebak Bulus
    Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  2. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216
  3. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235

Karena seringkali layanan coating dan detailing mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho.

Penutup

Mencuci mobil di siang hari dapat merusak kondisi cat mobil karena paparan sinar matahari yang terlalu panas, kandungan air yang tinggi, dan sinar UV yang berbahaya. Oleh karena itu, sebaiknya mencuci mobil dilakukan pada saat cuaca tidak terlalu panas, menggunakan air bersih dan sabun khusus mobil, dan memulai dari bagian atas mobil. Dengan melakukan tips mencuci mobil yang baik dan benar, kita dapat menjaga kondisi cat mobil tetap baik dan terawat dengan baik.

RUSTPRO

It's My Responsibility