❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Cuaca Sedang Labil, Ini Efek dari Panas Tiba-tiba Hujan pada Bodi Mobil

Ini Efek dari Panas Tiba-tiba Hujan pada Bodi Mobil

Cuaca yang tidak menentu seringkali menjadi momok bagi pengemudi mobil. Salah satu cuaca yang dapat menjadi masalah adalah panas tiba-tiba hujan. Pada kondisi ini, suhu yang tinggi disusul dengan hujan yang tiba-tiba dapat mempengaruhi kondisi mobil secara keseluruhan. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai efek dari panas tiba-tiba hujan pada bodi mobil.

Efek dari Panas Tiba-tiba Hujan pada Bodi Mobil

Cuaca yang tidak menentu, seperti panas tiba-tiba hujan, dapat menjadi masalah bagi mobil. Tidak hanya mempengaruhi kenyamanan pengemudi dan penumpang, cuaca ekstrem juga dapat mempengaruhi kondisi mobil secara keseluruhan. Panas tiba-tiba hujan pada bodi mobil dapat menyebabkan berbagai masalah pada bodi mobil, diantaranya sebagai berikut.

  1. Komponen Bodi Mobil Mengalami Keausan

Efek dari panas tiba-tiba hujan pada bodi mobil dapat menyebabkan kontraksi dan ekspansi pada bagian mobil yang dapat mempercepat keausan pada bagian-bagian mobil seperti karet, kaca, dan cat. Proses kontraksi dan ekspansi terjadi karena perubahan suhu yang terjadi pada bodi mobil. Ketika suhu panas membuat bodi mobil memuai, kemudian terkena hujan dan suhu turun dengan cepat, maka akan terjadi perubahan pada ukuran bodi mobil sehingga dapat mengakibatkan keausan pada bagian mobil. Keausan yang terjadi pada mobil dapat mempengaruhi performa mobil secara keseluruhan.

Bagian mobil yang paling rentan mengalami keausan akibat panas tiba-tiba hujan adalah karet. Karet yang terdapat pada pintu mobil dapat menjadi kering dan retak. Hal ini dapat membuat air masuk ke dalam mobil saat terkena hujan. Bukan hanya mengganggu kenyamanan dalam mobil, air yang masuk ke dalam mobil dapat mempercepat keausan pada interior mobil. Selain itu, pada beberapa mobil terdapat karet pada bagian lainnya seperti jendela, kap mesin, dan sunroof. Karet-karet tersebut harus dijaga dan dirawat dengan baik agar tetap fleksibel sehingga tetap mampu melakukan tugasnya secara maksimal.

Untuk menghindari keausan yang terjadi pada mobil akibat panas tiba-tiba hujan, Anda dapat melakukan perawatan mobil dengan cara mengganti karet pada pintu dan jendela secara teratur, dan menjaga mobil agar tetap kering saat terkena hujan. Hindari meninggalkan mobil dalam kondisi yang basah terlalu lama, terutama jika Anda tinggal di daerah yang memiliki curah hujan tinggi.

  1. Muncul Karat di Bodi Mobil

Selain menyebabkan keausan pada mobil, panas tiba-tiba hujan pada bodi mobil juga dapat menyebabkan karat pada bodi mobil. Karat merupakan oksidasi dari logam yang disebabkan oleh kelembapan dan udara. Pada kondisi panas tiba-tiba hujan, air hujan yang masuk ke dalam celah pada bagian mobil seperti celah pintu dan jendela, dapat menyebabkan karat dan korosi pada bagian-bagian tersebut. Jika dibiarkan, karat dapat merusak bodi mobil dan menyebabkan kerusakan pada bagian-bagian mobil lainnya. Karat yang muncul pada mobil dapat mempengaruhi performa mobil dan memperpendek umur mobil.

Kerusakan akibat karat dapat terjadi pada bagian bodi mobil yang dianggap kuat seperti bodi depan, kaki-kaki, dan bagian bawah mobil. Jika terjadi karat pada bagian bawah mobil, dapat memperpendek umur mobil karena karat dapat merusak struktur dasar mobil. Jika terjadi pada bagian kaki-kaki, maka dapat mempengaruhi keseimbangan mobil saat berkendara. Oleh karena itu, untuk menjaga keawetan mobil dan mencegah karat, pastikan untuk membersihkan bodi mobil secara teratur dan menjaga bagian mobil yang mungkin terkena air hujan agar tetap kering. Selain itu, pastikan untuk melakukan pengecatan mobil secara teratur, terutama jika mobil sering digunakan dalam kondisi cuaca yang ekstrem. Pengecatan ini dapat membantu melindungi bodi mobil dari kerusakan dan membuat mobil terlihat baru.

Jika mobil Anda sudah mengalami karat, segera bawa mobil Anda ke bengkel mobil terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki. Kerusakan akibat karat dapat memburuk jika dibiarkan dan akan lebih sulit dan mahal untuk diperbaiki di kemudian hari. Bengkel mobil dapat membantu Anda menemukan sumber masalah dan memberikan solusi untuk mengatasi karat pada mobil Anda.

  1. Cat Mobil Kusam dan Mengelupas

Panas tiba-tiba hujan pada bodi mobil juga dapat menyebabkan cat mobil menjadi kusam dan mengelupas. Perubahan suhu yang cepat dapat mempercepat keausan pada cat mobil, dan air hujan dapat menyebabkan cat mobil mengelupas. Kusamnya cat mobil dapat menyebabkan mobil terlihat tua dan tidak terawat. Selain itu, cat yang mengelupas dapat menimbulkan masalah yang lebih serius karena dapat meninggalkan noda pada bagian-bagian mobil.

Untuk menghindari kerusakan akibat kusam dan mengelupasnya cat mobil, pastikan untuk menjaga mobil dalam kondisi yang baik. Anda dapat melakukan perawatan cat mobil dengan cara mencuci mobil secara teratur dan menggunakan produk perawatan mobil yang tepat. Pastikan untuk tidak meninggalkan mobil dalam kondisi yang basah terlalu lama, terutama jika Anda tinggal di daerah yang memiliki curah hujan tinggi. Selain itu, pastikan untuk melakukan pengecatan mobil secara teratur, terutama jika mobil sering digunakan dalam kondisi cuaca yang ekstrem.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Jika mobil Anda sudah mengalami kerusakan pada cat, segera bawa mobil Anda ke bengkel mobil terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki. Bengkel mobil dapat membantu Anda menemukan sumber masalah dan memberikan solusi untuk mengatasi masalah cat pada mobil Anda.

  1. Kaca Mobil Retak atau Pecah

Panas tiba-tiba hujan pada bodi mobil juga dapat menyebabkan kaca mobil retak atau pecah. Perubahan suhu yang drastis dapat menyebabkan kaca mobil mengalami stress yang dapat membuat kaca mobil menjadi retak atau bahkan pecah. Kaca mobil yang retak atau pecah dapat menjadi masalah keamanan bagi pengemudi dan penumpang, karena dapat mengganggu penglihatan dan membuat mobil tidak aman untuk digunakan.

Untuk menghindari kerusakan pada kaca mobil, pastikan untuk menjaga kaca mobil dalam kondisi yang baik dan mencegah pengaruh perubahan suhu yang ekstrem pada kaca mobil. Hindari meninggalkan mobil dalam kondisi terlalu panas atau terlalu dingin dalam waktu yang lama, terutama jika Anda tinggal di daerah yang memiliki perubahan suhu yang ekstrem. Selain itu, pastikan untuk melakukan perawatan mobil secara teratur dan mengganti kaca mobil jika sudah terlihat retak atau pecah.

Jika kaca mobil mengalami kerusakan, segera bawa mobil Anda ke bengkel mobil terdekat untuk diperiksa dan diperbaiki. Bengkel mobil dapat membantu Anda menemukan sumber masalah dan memberikan solusi untuk mengatasi kerusakan kaca mobil pada mobil Anda. Jika kaca mobil mengalami kerusakan yang parah, segera ganti kaca mobil dengan kaca yang baru agar mobil Anda tetap aman dan nyaman untuk digunakan.

Baca Juga: Tak Usah Khawatir, Ini Cara Memperbaiki Kaca Mobil yang Retak

Berikan Perlindungan untuk Cegah Kerusakan Akibat Cuaca panas Tiba-tiba Hujan pada Bodi Mobil dengan Rustpro

Penting untuk melakukan perawatan pada mobil untuk mencegah kerusakan akibat cuaca panas tiba-tiba hujan. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengaplikasikan lapisan anti karat pada bodi mobil. Lapisan anti karat akan membantu melindungi bagian-bagian mobil dari karat dan korosi yang dapat terjadi akibat kelembaban dan air hujan. Lapisan anti karat juga dapat memperpanjang umur mobil dan mempertahankan nilai jual mobil.

Lapisan anti karat mobil dari Rustpro memiliki kualitas dan kredibilitas yang sudah sangat terbukti dan banyak direkomendasikan oleh banyak pengguna mobil di Indonesia. Anti karat berbahan dasar rubber atau karet dari Rustpro lebih tahan dari suhu tinggi, tak akan mengelupas dan luruh jika terpapar zat pelarut, dan juga bisa mengurangi suara bising dari bagian komponen mesin.

Selain mengaplikasikan lapisan anti karat, Anda juga dapat mengaplikasikan coating mobil. Coating mobil dapat membantu melindungi bodi mobil dari goresan dan noda yang mungkin terjadi akibat cuaca panas tiba-tiba hujan dan kondisi jalan yang buruk. Coating mobil juga dapat membuat mobil terlihat lebih bersih dan bersinar, serta lebih mudah untuk dibersihkan.

Rustpro menggunakan formulasi coating mobil Graphene 10H+ Protection pertama dan satu-satunya di Indonesia. Formulasi Graphene ini selain efektif melindungi mobil dari goresan, juga memiliki proteksi dari sinar UV dan memiliki sifat hydraphobic, yang membuat tetesan air hujan tak akan menyerap ke dalam permukaan cat bodi mobil.

Anti karat dari Rustpro memiliki masa garansi hingga 8 tahun dan coating mobilnya hingga 1 tahun yang dapat dengan mudah Anda klaim di seluruh cabang rustpro di Indonesia.

Jika Anda berdomisili di sekitar Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Surabaya, dan Bandung, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Lebak Bulus
    Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  2. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216
  3. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235

Karena seringkali layanan anti karat dan coating mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Penutup

Dalam kondisi cuaca yang ekstrem seperti panas tiba-tiba hujan, bodi mobil dapat mengalami kerusakan yang berbahaya bagi keselamatan pengemudi dan penumpang. Untuk mencegah kerusakan pada mobil, penting untuk melakukan perawatan secara teratur dan menjaga mobil dalam kondisi yang baik. Dengan memahami efek dari panas tiba-tiba hujan pada bodi mobil dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat, Anda dapat menjaga mobil Anda tetap dalam kondisi yang baik dan aman untuk digunakan.

RUSTPRO

It's My Responsibility