❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Mengenal 5 Fungsi Speedometer Mobil dan Cara Kerjanya

fungsi speedometer mobil

Speedometer adalah salah satu instrumen dashboard mobil yang paling dikenal dan wajib ada. Fungsi speedometer mobil adalah untuk memberikan informasi real-time tentang kecepatan kendaraan kita.

Dengan menampilkan angka kecepatan dalam satuan kilometer per jam (km/jam) atau mil per jam (mph), speedometer memberikan panduan yang sangat penting bagi pengemudi untuk mengontrol laju kendaraan sesuai dengan batas kecepatan yang berlaku di jalan raya.

Namun, fungsi speedometer mobil tidak hanya sekadar memberikan informasi kecepatan. Di balik jarum penunjuk yang bergerak atau tampilan digital yang futuristik, speedometer memiliki peran yang lebih dalam keselamatan dan keamanan berkendara.

Fungsi Speedometer Mobil

Berikut adalah 5 (lima) fungsi utama speedometer mobil:

1. Memberikan Informasi Kecepatan:

Fungsi speedometer mobil yang paling utama adalah memberikan informasi real-time tentang kecepatan kendaraan. Dengan menunjukkan kecepatan saat ini, pengemudi dapat mengontrol dan menyesuaikan laju kendaraan sesuai dengan batas kecepatan yang diberlakukan di jalan raya.

Informasi kecepatan juga membantu pengemudi untuk menghindari kelebihan kecepatan, yang merupakan pelanggaran hukum dan bisa berbahaya bagi keselamatan pengemudi dan pengguna jalan lainnya.

2. Membantu Menghindari Risiko Kecelakaan:

Dengan memantau speedometer secara teratur, pengemudi dapat memastikan bahwa mereka tidak mengemudikan kendaraan terlalu cepat atau terlalu lambat, sehingga dapat menghindari risiko kecelakaan.

Fungsi speedometer mobil yang satu ini dapat membuat pengemudi mengatur kecepatan yang tepat, agar daoat membantu mempertahankan jarak aman antara kendaraan, sehingga memungkinkan waktu reaksi yang lebih baik, dan meningkatkan kontrol saat berkendara.

3. Memahami Performa Kendaraan:

Fungsi peedometer mobil juga membantu pengemudi memahami performa kendaraan. Dengan mengamati perubahan kecepatan saat akselerasi atau pengereman, pengemudi dapat menilai apakah kendaraan beroperasi dengan baik atau mungkin memerlukan perawatan lebih lanjut.

4. Mematuhi Batas Kecepatan Jalan Raya:

Setiap jalan raya memiliki batas kecepatan yang ditetapkan oleh peraturan lalu lintas. Speedometer berfungsi membantu pengemudi untuk mematuhi batas kecepatan tersebut dan menghindari denda atau sanksi hukum yang mungkin dikenakan jika kecepatan melebihi batas yang ditentukan.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

5. Mengetahui Konsumsi Bahan Bakar:

Speedometer juga berperan dalam membantu mengontrol konsumsi bahan bakar. Kecepatan kendaraan dapat mempengaruhi efisiensi bahan bakar, sehingga dengan memantau speedometer, pengemudi dapat mengatur laju kendaraan untuk mendapatkan efisiensi yang lebih baik.

Baca Juga: Begini Cara Kerja Rem ABS pada Mobil

Cara Kerja Speedometer Mobil

Terdapat 2 (dua) jenis speedometer mobil, yakni speedometer analog dan speedometer digital. Speedometer analog kebanyakan digunakan pada mobil-mobil lawas. Sementara speedometer digital adalah sebuah bentuk inovasi dari speedometer analog yang banyak dijumpai pada mobil-mobil modern keluaran baru.

Berikut adalah penjelasan tentang cara kerja speedometer mobil, baik itu yang analog maupun yang digital.

1. Cara Kerja Speedometer Analog

Cara kerja peedometer analog menggunakan teknologi mekanis untuk mendeteksi kecepatan kendaraan. Di dalamnya terdapat gigi penggerak yang terhubung dengan transmisi atau roda kendaraan.

Ketika kendaraan bergerak, gigi penggerak ini akan berputar dengan kecepatan yang sebanding dengan pergerakan kendaraan.

Gigi penggerak kemudian terhubung dengan roda gigi di dalam speedometer, yang akan mengubah putaran menjadi gerakan jarum penunjuk pada skala speedometer.

Semakin cepat gigi penggerak berputar, semakin tinggi juga kecepatan yang ditunjukkan oleh jarum penunjuk.

Pengaturan diameter roda gigi pada speedometer mempengaruhi skala kecepatan yang ditampilkan. Untuk menghasilkan akurasi yang baik, perangkat ini harus diatur sedemikian rupa sehingga sesuai dengan spesifikasi kendaraan.

2. Cara Kerja Speedometer Digital

Cara kerja speedometer digital, seperti namanya, menggunakan teknologi digital untuk mendeteksi dan menampilkan kecepatan kendaraan. Pada umumnya, sistem ini menggunakan sensor kecepatan elektronik yang terhubung ke bagian yang berputar di dalam transmisi atau roda.

Sensor ini akan mendeteksi putaran per menit (RPM) atau putaran roda, yang kemudian diubah menjadi sinyal listrik.

Sinyal listrik dari sensor kecepatan diteruskan ke unit kontrol atau ECU (Electronic Control Unit). ECU akan menganalisis sinyal tersebut dan mengonversinya menjadi nilai kecepatan yang sesuai dalam satuan kilometer per jam (km/jam) atau mil per jam (mph).

Hasil dari perhitungan tersebut kemudian ditampilkan pada layar digital di speedometer, yang bisa berupa angka digital atau tampilan grafis, sesuai dengan desain dan fitur kendaraan.

Jauhi Speedometer Mobil Anda dari Kekusaman, Bawa ke RustPro Sekarang!

Speedometer dalah bagian interior mobil yang rentan kusam. Sama seperti bagian interior mobil lainnya, speedometer apabila tidak terawat tentu akan menunjukkan tanda-tanda kekusaman dan berjamur sehingga dapat mengurangi tampilannya secara jelas.

Sebagai pelopor teknologi di bidang perawatan mobil, RustPro hadir dengan layanan detailing yang dapat Anda manfaatkan untuk mengembalikan keindahan mobil Anda, serta memastikan bahwa setiap aspek kendaraan beroperasi secara optimal.

Layanan detailing mobil RustPro telah dikenal sebagai solusi terbaik dalam merawat interior dan eksterior kendaraan. Setiap detail mobil, termasuk bagian speedometer, akan dibersihkan dan dipoles oleh tim teknisi kami hingga dipastikan tidak ada lagi debu dan kotoran yang menempel.

Anda tidak perlu khawatir mengenai waktu yang lama, karena layanan detailing mobil di RustPro bisa diselesaikan dengan cepat, yakni hanya dalam waktu 1×24 jam!

So, buruan atur jadwal layanan Anda di RustPro sekarang juga dengan menghubungi Customer Service melalui WhatsApp di nomor 0813-1150-2678!

Anda berkesempatan untuk menikmati DISKON MENARIK HINGGA 40% untuk layanan yang dilakukan antara pukul 5 sore hingga 10 malam. Pastikan Anda segera melakukan pemesanan sebelum slot terisi penuh!

Untuk informasi lebih lengkap mengenai beragam layanan yang kami tawarkan, kunjungi akun Instagram resmi RustPro di @rustpro_indonesia.

RustPro siap melayani di berbagai lokasi, terutama di wilayah Jabodetabek. Anda dipersilakan datang ke salah satu alamat bengkel RustPro di bawah ini dan merasakan layanan kami yang profesional dan terpercaya.

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419.

Itu dia beberapa fungsi speedometer mobil beserta cara kerjanya. Penting untuk selalu memeriksa dan memastikan bahwa speedometer berfungsi dengan baik dan akurat untuk mendapatkan informasi kecepatan yang tepat saat mengemudi.

RUSTPRO

It's My Responsibility