❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

3 Jenis Peredam Mobil Terbaik untuk Menahan Panas dan Bising

3 jenis peredam mobil terbaik

Ketika berkendara di bawah terik matahari, suhu di dalam mobil dapat meningkat dengan drastis dan membuat perjalanan Anda tidak nyaman.

Namun, dengan memasang jenis peredam mobil terbaik, Anda dapat mencegah panas dari matahari merusak bagian dalam dan luar mobil.

Ada berbagai jenis peredam mobil yang tersedia di pasaran. Untuk pilihan yang tepat, mari simak paparan informasi dari rustpro.id berikut ini.

Akan tetapi sebelum itu, sebenarnya apa fungsi peredam mobil?

Fungsi Peredam Mobil

Fungsi peredam mobil secara umum adalah untuk meredam kebisingan dan menahan panas masuk ke dalam kabin.

Berikut adalah penjelasannya untuk Anda.

1. Meredam Kebisingan

Salah satu fungsi peredam mobil yang paling utama adalah meredam kebisingan.

Kebisingan yang berlebihan di dalam kabin mobil bisa sangat mengganggu, baik itu berasal dari suara mesin, gesekan angin, suara klakson dari kendaraan lain, atau kebisingan jalan seperti suara aspal dan kerikil.

Fungsi peredam mobil di sini adalah untuk mengisolasi kabin mobil dari suara-suara eksternal tersebut.

2. Menahan Panas

Fungsi peredam mobil selanjutnya adalah menahan panas. Suhu yang tinggi di dalam kabin mobil tidak hanya tidak nyaman tapi juga dapat berdampak negatif pada kesehatan penumpang.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Sinar matahari yang masuk melalui kaca mobil dan panas yang berasal dari mesin adalah dua sumber utama kenaikan suhu di dalam kabin.

Fungsi peredam mobil dalam hal ini adalah untuk mengisolasi kabin dari panas eksternal tersebut.

Jenis Peredam Mobil Terbaik

Terdapat beberapa jenis peredam mobil terbaik yang bisa Anda gunakan untuk meredam kebisingan dan menahan panas pada mobil.

Ini dia 3 (tiga) pilihan jenis peredam mobil yang bisa Anda gunakan pada mobil:

1. Peredam Berbahan Aluminium Foil

Peredam suara berbahan dasar aluminium foil merupakan salah satu jenis peredam mobil terbaik yang paling umum digunakan.

Aluminium foil dikenal karena kemampuannya yang efektif dalam merefleksikan panas dan mengisolasi suara.

Ketika digunakan sebagai peredam mobil, aluminium foil bekerja dengan cara memantulkan gelombang suara dan mencegah penyebarannya ke dalam kabin mobil.

Ini membantu mengurangi kebisingan dari luar, seperti suara mesin, klakson, dan kebisingan jalan, sehingga menciptakan lingkungan berkendara yang lebih tenang dan nyaman.

Selain itu, jenis peredam mobil ini juga memiliki kelebihan dalam hal penahanan panas. Aluminium foil secara efektif dapat memantulkan sinar matahari dan panas dari luar, membantu menjaga kabin mobil agar tetap sejuk.

Hal ini sangat berguna, terutama di daerah dengan iklim panas. Pemasangannya relatif mudah dan bisa dilakukan di bagian-bagian seperti kap mesin, pintu, dan bagasi.

2. Peredam Berbahan Glasswool

Glasswool, yang terbuat dari serat kaca, adalah jenis peredam mobil terbaik yang berbeda dari aluminium foil.

Material ini terkenal dengan kemampuannya yang sangat baik dalam menyerap suara.

Ketika digunakan dalam peredaman mobil, glasswool bekerja dengan menyerap gelombang suara yang masuk ke dalam kabin.

Hal ini menghasilkan pengurangan yang signifikan dalam tingkat kebisingan dan getaran, yang sangat penting untuk kenyamanan saat berkendara.

Peredam berbahan glasswool juga memiliki kemampuan isolasi termal yang baik, meskipun tidak seefektif aluminium foil dalam memantulkan panas.

Glasswool sering digunakan di bagian dasar mobil, di bawah karpet, dan di area lain yang rentan terhadap suara dan getaran dari jalan.

3. Kombinasi Bahan Aluminium Foil dan Glass Wool

Untuk mendapatkan manfaat terbaik dari kedua material ini, banyak produsen dan pengguna mobil memilih untuk menggunakan kombinasi dari jenis peredam mobil aluminium foil dan glasswool.

Kombinasi ini menawarkan keunggulan ganda, yaitu refleksi panas dari aluminium foil dan penyerapan suara dari glasswool.

Dengan menggunakan lapisan aluminium foil di bagian luar, panas dan suara dari luar mobil dapat efektif direfleksikan.

Sementara itu, lapisan glasswool di bagian dalam bertindak sebagai penyerap, mengurangi resonansi dan getaran yang masih bisa menembus lapisan aluminium foil.

Hasilnya adalah kabin mobil yang jauh lebih sunyi dan nyaman, dengan kontrol suhu yang lebih baik.

Kombinasi ini sering digunakan di bagian pintu, kap mesin, dan area lain yang memerlukan peredaman suara dan panas yang maksimal.

Pemasangannya mungkin lebih kompleks dibandingkan menggunakan satu jenis material saja, namun hasil akhirnya sangatlah memuaskan bagi mereka yang mencari kenyamanan dan ketenangan maksimal saat berkendara.

Baca Juga: Pilih Peredam Kabin Mobil, Ini Ragam Jenis hingga Cara Memilihnya

Cara Memasang Peredam Mobil

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk memasang peredam mobil:

1. Ukur Bagian yang Akan Dipasangi Peredam

Langkah pertama dalam cara memasang peredam mobil adalah mengukur area yang akan dipasangi peredam. Ini bisa meliputi pintu, lantai, atap, atau bagian lain dari interior mobil.

Pengukuran yang akurat sangat penting untuk memastikan peredam menutupi area yang diinginkan tanpa kelebihan atau kekurangan.

Gunakan meteran untuk mengukur dimensi area tersebut dan catat ukurannya. Pengukuran yang teliti akan memudahkan langkah selanjutnya yaitu pemotongan peredam.

2. Potong Peredam Sesuai Pola

Setelah mendapatkan ukuran yang tepat, langkah selanjutnya dalam cara memasang peredam mobil adalah memotong peredam sesuai dengan pola yang sudah diukur.

Gunakan gunting atau cutter yang tajam untuk memotong material peredam. Pastikan pemotongan dilakukan dengan hati-hati dan akurat agar sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Ini akan memastikan bahwa peredam pas sempurna di tempat yang diinginkan tanpa menyebabkan kelebihan material yang dapat mengganggu.

3. Rekatkan Peredam Sesuai Tempatnya

Setelah peredam sudah dipotong sesuai ukuran, langkah berikutnya dalam cara memasang peredam mobil adalah merekatkannya pada tempat yang telah ditentukan.

Kebanyakan material peredam dilengkapi dengan perekat di salah satu sisinya. Lepaskan lapisan pelindung perekat dan tempelkan peredam dengan hati-hati pada area yang diinginkan.

Pastikan untuk menekan peredam secara merata agar menempel dengan kuat dan tidak ada udara yang terjebak di bawahnya.

4. Jangan Pasang Peredam di Seluruh Bagian Mobil

Salah satu tips penting dalam cara memasang peredam mobil adalah tidak memasangnya di seluruh bagian mobil.

Meskipun mungkin tergoda untuk menutupi setiap inci interior mobil dengan peredam, hal ini tidak disarankan.

Menutupi area tertentu seperti bagian mesin atau tempat yang memerlukan ventilasi bisa menghambat fungsi mobil dan menyebabkan masalah.

Fokuskan pemasangan peredam pada area yang paling banyak terkena dampak kebisingan dan panas, seperti pintu, lantai, dan dinding samping.

Ingin Mobil Bebas Karat dan Tahan Lama? Rawat di RustPro Sekarang!

Jika Anda menginginkan mobil yang bebas dari karat dan bertahan lama, RustPro adalah solusi tepat untuk Anda.

RustPro bukan hanya sekedar salon mobil biasa, melainkan sebuah pusat perawatan kendaraan yang khusus menyediakan layanan anti karat mobil berkualitas tinggi dengan garansi yang hingga 8 tahun.

Keunggulan RustPro tidak berhenti di situ saja, kami juga menawarkan layanan maintenance tahunan secara GRATIS setiap tahunnya.

Ini berarti mobil Anda akan mendapatkan perlindungan dan perawatan berkala untuk memastikan bahwa karat tidak memiliki kesempatan untuk berkembang dan merusak kendaraan Anda.

Bersama RustPro, mobil Anda tidak hanya terlindungi secara optimal dari karat dan korosi, tetapi juga akan memiliki masa pakai yang panjang.

Yuk, lindungi mobil Anda dari karat dan korosi bersama RustPro! Hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di nomor 0812-1130-9522!

Teruntuk Anda yang berdomisili di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, Anda bisa mendatangi cabang kami yang berletak di lokasi berikut ini.

RustPro Pengangsaan Dua

Alamat: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

RustPro Cirebon

Alamat: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

RustPro Surabaya

Alamat: Jl. Raya Wiyung No.17, Babatan, Kec. Wiyung, Surabaya, Jawa Timur 60228

Itulah dia beberapa jenis peredam mobil terbaik yang bisa Anda gunakan untuk mencegah kebisingan dan menahan panas masuk ke dalam kabin mobil Anda.

Menggunakan peredam mobil yang tepat bisa sangat meningkatkan pengalaman berkendara.

Baik itu peredam berbahan aluminium foil, glasswool, atau kombinasi keduanya, setiap jenis memiliki keunggulan tersendiri dalam mengurangi kebisingan dan panas dalam kabin.

Pilihan material peredam harus disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pribadi, serta kondisi lingkungan berkendara.

Dengan peredam yang tepat, berkendara menjadi lebih nyaman, tenang, dan menyenangkan.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility