❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Kolong Mobil Kena Batu, Ini Efek Negatif yang Ditimbulkannya

Kolong Mobil Kena Batu

Kolong mobil adalah area yang sering terabaikan dalam perawatan kendaraan. Namun, seiring dengan meningkatnya jumlah mobil di jalan, pertumbuhan infrastruktur yang belum sempurna, dan kondisi jalan yang bervariasi, risiko kolong mobil kena batu semakin meningkat. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci efek buruk yang dapat timbul ketika kolong mobil kena batu. Mulai dari kerusakan pada sistem kemudi dan suspensi hingga masalah pada sistem pendinginan dan transmisi, mari kita telusuri efek buruk kolong mobil kena batu dan temukan cara menghadapinya.

Efek Buruk Kolong Mobil Kena Batu

Banyak yang menyepelekan kolong mobil kena batu, dengan anggapan bahwa kolong mobil wajar terkena goresan saat mobil sedang berkendara. Padahal ada banyak efek buruk yang ditimbulkan akibat kolong mobil kena batu, diantaranya sebagai berikut:

  1. Kerusakan pada Sistem Kemudi dan Suspensi

Kerusakan pada sistem kemudi dan suspensi adalah efek buruk yang pertama kali muncul ketika kolong mobil terkena batu. Ketika kendaraan melintasi batu yang keras, benturan yang terjadi dapat merusak komponen-komponen penting seperti tie rod, ball joint, dan control arm. Kerusakan pada komponen ini akan mempengaruhi kemampuan mobil dalam mengendalikan arah dan stabilitasnya.

Bila tidak segera ditangani, kerusakan ini dapat menyebabkan mobil menjadi tidak aman untuk dikendarai dan berpotensi menyebabkan kecelakaan yang serius. Penting bagi pemilik mobil untuk melakukan pemeriksaan rutin pada sistem kemudi dan suspensi, serta segera memperbaiki kerusakan yang terjadi.

  1. Kerusakan pada Sistem Knalpot

Efek buruk berikutnya yang perlu diperhatikan adalah kerusakan pada sistem knalpot ketika kolong mobil terkena batu. Ketika batu menghantam kolong mobil dengan kekuatan yang cukup, pipa knalpot atau komponen lainnya dapat rusak. Kerusakan pada sistem knalpot dapat menyebabkan kebocoran gas buang yang berdampak pada kinerja mesin.

Selain itu, jika pipa knalpot yang rusak tidak segera diperbaiki, panas yang dihasilkan oleh knalpot dapat merambat ke bagian-bagian sekitarnya seperti kabel, karet, atau komponen elektronik lainnya. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada mobil dan meningkatkan risiko kebakaran. Perbaikan pada sistem knalpot harus dilakukan dengan cepat dan tepat guna menghindari masalah yang lebih serius.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Kabin Mobil Bau Asap Knalpot

  1. Perusakan pada Sistem Pendinginan

Kerusakan pada sistem pendinginan adalah efek buruk yang sering terjadi ketika kolong mobil terkena batu. Ketika batu mengenai radiator atau komponen sistem pendinginan lainnya, lapisan pelindungnya dapat rusak dan menyebabkan kebocoran.

Akibatnya, mobil dapat mengalami kelebihan panas atau bahkan mengalami kondisi overheat yang berdampak negatif pada performa mesin. Jika masalah ini tidak segera ditangani, kerusakan pada sistem pendinginan dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mesin lainnya seperti kepala silinder atau blok mesin.

Perbaikan pada sistem pendinginan memerlukan biaya yang tinggi dan dapat mengganggu mobilitas Anda. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan rutin pada sistem pendinginan dan memperbaiki kerusakan segera setelah terdeteksi.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  1. Kerusakan pada Sistem Transmisi

Kerusakan pada sistem transmisi adalah efek buruk yang serius ketika kolong mobil terkena batu. Benturan yang kuat dari batu dapat merusak komponen-komponen transmisi seperti transmisi otomatis, kopling, atau girboks. Kerusakan pada sistem transmisi ini dapat menyebabkan mobil kehilangan tenaga, sulit berakselerasi, atau bahkan mogok di tengah jalan.

Perbaikan pada sistem transmisi cenderung memerlukan biaya yang tinggi dan dapat mengganggu kenyamanan serta keamanan dalam berkendara. Pemilik mobil harus mengerti pentingnya pemeriksaan rutin pada sistem transmisi dan segera memperbaiki kerusakan yang terdeteksi.

Cegah Kerusakan Akibat Kolong Mobil Kena Batu dengan Proteksi Anti Karat Mobil dari Rustpro!

Kunci utama agar bisa cegah efek buruk kerusakan akibat kolong mobil kena batu adalah dengan memberikan perlindungan ekstra pada bagian kolong mobil. Salah satu kiat paling ampuh dalam berikan proteksi ekstra di kolong mobil adalah dengan mengaplikasikan lapisan anti karat mobil terbaik dari Rustpro!

Rustpro menghadirkan lapisan anti karat dengan formulasi berbahan rubber atau karet yang mampu memberikan perlindungan maksimal pada mobil Anda. Anti karat mobil Rustpro jauh lebih ringan, cepat kering, dan tahan di suhu tinggi dibandingkan lapisan anti karat merek lain yang berbahan dasar aspal. Sehingga proteksi anti karat mobil Rustpro jauh lebih kuat dan tahan lama.

Dengan keunggulannya yang begitu luar biasa, jelas perlindungan kolong mobil dengan anti karat Rustpro adalah pilihan paling terpercaya untuk berikan cegah kerusakan-kerusakan yang dapat terjadi akibat kolong mobil kena batu. Bahkan dapat garansi hingga 8 TAHUN.

Ingin langsung coba semprot anti karat mobil di Rustpro untuk rasakan langsung keunggulannya? Anda bisa langsung kunjungi ke bengkel Rustpro berikut:

Seringkali layanan anti karat mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan reservasi via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau hubungi di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho. Jangan sampai ketinggalan, segera dipesan!

Penutup

Menghadapi efek buruk dari kolong mobil kena batu adalah tanggung jawab setiap pemilik mobil. Pemeriksaan rutin dan perawatan yang tepat waktu dapat mencegah kerusakan yang lebih parah dan menjaga kinerja serta keamanan mobil Anda. Jika Anda melihat atau mendengar suara tidak normal atau melihat tanda-tanda kerusakan pada kolong mobil setelah terkena batu, segera bawa mobil Anda ke bengkel terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki.

Agar terhindar dari kerusakan, pengaplikasian anti karat mobil Rustpro bisa jadi tindakan preventif paling tepat untuk cegah kerusakan akibat kolong mobil kena batu dengan berikan proteksi paling kuat di bagian kolong mobil.

RUSTPRO

It's My Responsibility