❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ini Dia Perbedaan Coating dan Detailing Mobil

perbedaan coating dan detailing mobil

Banyak orang belum memahami tentang perbedaan coating dan detailing mobil. Beberapa dari mereka mengira bahwa coating dan detailing adalah dua hal yang sama. Padahal dalam prakteknya, keduanya memiliki beberapa aspek yang berbeda.

Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan tentang perbedaan coating dan detailing mobil supaya Anda tidak bingung ketika ingin memberikan perawatan terhadap mobil kesayangan.

Perbedaan Coating dan Detailing Mobil

Secara umum, perbedaan coating dan detailing mobil terletak pada titik-titik yang menjadi pusat pengerjaannya.

Coating mobil adalah proses pengaplikasian atau pemasangan lapisan pelindung terhadap body mobil, seperti wax, sealant, atau ceramic coating. Sementara detailing mobil adalah proses perawatan mobil secara menyeluruh dan lebih rinci, seperti membersihkan, memperbaiki, dan mempercantik tampilan mobil.

Proses Coating dan Detailing Mobil

Perbedaan coating dan detailing mobil dapat terlihat jelas dari proses pengerjaannya.

Proses coating mobil berfokus pada perlindungan bagian luar mobil untuk jangka waktu yang lama agar cat mobil tidak mudah pudar dan tahan dari segala macam goresan.

Adapun langkah-langkah pengerjaan coating mobil, yakni dimulai dari pembersihan mobil dari kotoran, kemudian menyiapkan permukaan mobil untuk dilapisi lapisan pelindung, hingga pengaplikasian coating pada body mobil.

Setelah proses coating mobil selesai, selanjutnya akan dilakukan pengeringan dan pengerasan terlebih dahulu agar hasilnya optimal.

Sedangkan pada proses detailing mobil, pengerjaan berfokus pada hal-hal yang lebih menyeluruh, seperti perawatan interior dan eksterior mobil, perawatan mesin, dan perawatan komponen-komponen mobil lainnya.

Langkah-langkah detailing mobil diantaranya melakukan pembersihan eksterior, memoles body hingga mengkilap, melakukan pembersihan dan perlindungan interior, dan membersihkan serta memberikan perawatan terhadap mesin mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Kelebihan Coating dan Detailing Mobil

Baik coating maupun detailing, keduanya sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk perawatan mobil. Namun, perlu diingat bahwa perbedaan coating dan detailing mobil juga terletak pada kelebihannya masing-masing.

Apa saja perbedaan coating dan detailing mobil dalam hal kelebihan keduanya? Berikut diantaranya.

Kelebihan Coating Mobil

Coating mobil memiliki kelebihan sebagai berikut:

1. Memberikan perlindungan ekstra terhadap cat mobil

Dengan melakukan coating, mobil Anda akan terlindungi dari beberapa faktor yang sifatnya merusak body mobil, seperti goresan, noda, sinar matahari, bahan kimia, dan oksidasi.

2. Mobil jadi mengkilap

Melakukan coating dapat membuat mobil menjadi mengkilap karena efek diberikannya coating akan membuat mobil berkilau. Selain itu, coating mobil juga dapat memberikan efek gloss yang menarik sehingga mobil terlihat lebih mewah dan terawat.

3. Cat mobil tidak mudah pudar

Coating mobil dengan jenis ceramic coating dapat memberikan ketahanan yang luar biasa terhadap body mobil, bahkan hingga jangka waktu beberapa tahun. Dengan begitu, biaya untuk perawatan mobil pun menjadi lebih hemat.

Kelebihan Detailing Mobil

Sementara itu, kelebihan detailing mobil diantaranya:

1. Memberikan perawatan secara menyeluruh

Di sini lah letak perbedaan coating dan detailing mobil yang paling utama. Jika coating hanya berfokus pada perawatan body mobil, maka detailing mobil lebih berfokus pada perawatan mobil secara menyeluruh.

2. Memperbaiki tampilan mobil

Dengan melakukan detailing, tampilan mobil akan menjadi lebih fresh. Karena dengan detailing, mobil akan melewati proses pencucian, poles, pengkilapan, dan perawatan interior.

3. Kebersihan dan kenyamanan interior

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, perawatan interior adalah hal yang juga menjadi fokus dalam pengerjaan detailing mobil. Dengan demikian, kebersihan dan kenyaman interior pun akan menjadi hasil akhir dari proses detailing mobil.

Baca Juga: Apa Itu Coating Mobil, Jenis, dan Fungsinya

Demikianlah informasi mengenai perbedaan coating dan detailing mobil. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda tidak bingung lagi, ya!

Mau Coating dan Detailing Mobil? Percayakan Saja ke RustPro!

RustPro adalah sebuah bengkel modern yang berfokus pada pengerjaan anti karat, coating dan detailing, serta perawatan kaca mobil. Teruntuk Anda yang ingin melakukan coating dan detailing mobil, pastikan mempercayakannya kepada kami.

RustPro sangat menjamin pengerjaan akan dilakukan menggunakan standarisasi dan detail akurasi yang tinggi. Tidak hanya itu. Kami pun berani menjamin bahwa mobil Anda akan terlindungi secara maksimal setelah dikerjakan oleh tim kami dengan jaminan garansi hingga (3) tiga tahun.

Segera lakukan reservasi secara online dengan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp 0813-1150-2678. Anda juga dapat langsung mengunjungi bengkel kami yang beralamatkan di Blok QJ 1 No, Jl. Boulevard Raya No.17, RT.12/RW.15, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.

 

 

 

 

RUSTPRO

It's My Responsibility