❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ketahui Masalah Body Mobil yang Sering Terjadi

masalah body mobil yang sering terjadi

Body mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam sebuah kendaraan. Selain memberikan penampilan visual, body mobil juga bertugas melindungi komponen-komponen penting di dalamnya.

Sayangnya, body mobil sering kali mengalami masalah akibat kerusakan yang membuat tampilannya menjadi kurang menawan. Lantas, apa saja sih masalah body mobil yang sering terjadi? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Masalah Body Mobil yang Sering Terjadi

Berikut adalah beberapa masalah body mobil yang sering terjadi:

Goresan

Goresan atau cetakan adalah masalah body mobil yang sering terjadi akibat dari kecelakaan kecil, ataupun gesekan dengan benda lain.

Goresan yang sifatnya dangkal dapat diatasi dengan penggunaan cairan penghilang goresan. Namun jika goresan yang ada sifatnya lebih dalam, maka perlu dilakukan perbaikan di bengkel poles mobil untuk dilakukan pengecatan ulang.

Karat

Karat adalah korosi pada permukaan body mobil yang sering terjadi akibat paparan air, garam, dan zat-zat korosif lainnya. Karat biasanya mulai muncul pada area yang terkena goresan atau kerusakan cat. Apabila hal ini tidak segera ditangani, maka dapat merusak struktur body mobil.

Kerusakan Bumper

Bumper mobil adalah bagian yang sering terkena benturan atau kerusakan, sehingga tak heran bila ini merupakan masalah body mobil yang sering terjadi.

Biasanya, hal ini terjadi karena proses parkir yang kurang hati-hati, tumbukan kecil di jalan, atau benturan dengan objek lain yang dapat merusak bumper. Bumper yang rusak biasanya perlu diperbaiki atau diganti untuk memulihkan penampilan dan fungsi pelindungnya.

Penyok atau Kerusakan pada Panel

Masalah lain pada body mobil yang sering terjadi adalah penyok atau kerusakan pada panel bodi mobil. Masalah ini dapat terjadi akibat kecelakaan atau benturan.

Penyok yang bentuknya kecil mungkin dapat diperbaiki dengan metode penghilangan penyok, tetapi penyok yang bentuknya lebih besar atau kerusakan yang parah mungkin memerlukan perbaikan panel bodi oleh profesional.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Fading Warna

Warna cat mobil dapat memudar seiring waktu akibat paparan sinar UV dan pengaruh lingkungan lainnya. Tentunya, masalah body mobil ini dapat dicegah dengan melakukan perawatan teratur, seperti mencuci dan melindungi cat mobil menggunakan lapisan pelindung khusus.

Namun, jika fading warna sudah terjadi, mungkin diperlukan pengecatan ulang untuk mengembalikan penampilan mobil.

Solusi Mengatasi Masalah pada Body Mobil

Berikut adalah beberapa solusi umum untuk mengatasi masalah pada body mobil yang sering terjadi:

Gunakan Cairan Penghilang Goresan

Seperti yang sempat disinggung di atas, untuk mengatasi masalah body mobil yang sering terjadi berupa goresan dangkal, Anda dapat mencoba menggunakan cairan penghilang goresan atau polish khusus untuk mengurangi atau menghilangkan goresan.

Namun, jika sifa goresannya lebih dalam, maka perlu untuk dilakukan perbaikan atau pengecatan ulang oleh ahli otomotif.

Gunakan Sikat Kawat untuk Mengikis Karat

Sementara itu, untuk mengatasi masalah body mobil berupa karat, Anda perlu menghilangkan karat yang sudah ada terlebih dahulu. Anda bisa menggunakan sikat kawat atau spons abrasif untuk mengikis karat. Setelah itu, lakukan pengecatan ulang pada area yang terkena karat untuk melindungi permukaan logam.

Selain itu, perawatan dan pencegahan yang baik, seperti mencuci mobil secara teratur dan melindungi permukaan cat dengan lapisan pelindung, dapat membantu mencegah permasalahan body mobil yang sering terjadi.

Bawa ke Bengkel Spesialis Coating dan Detailing Mobil

Lalu, jika terjadi kerusakan pada bumper, maka Anda perlu membawanya ke bengkel untuk diperbaiki atau diganti dengan yang baru. Penggantian bumper mungkin memerlukan keterampilan khusus dan alat-alat tertentu, jadi disarankan untuk mempercayakan pekerjaan tersebut kepada ahlinya.

Hal ini juga berlaku untuk masalah body mobil yang sering terjadi, seperti penyok besar atau kerusakan parah, dan warna cat yang memudar.

Itulah dia beberapa informasi mengenai masalah body mobil yang sering terjadi dan solusi mengatasinya.

Anda disarankan untuk menghubungi ahli atau profesional jika menghadapi masalah-masalah pada body mobil yang sifatnya lebih kompleks. Hal ini karena mereka memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengatasi masalah bodi mobil dengan baik.

Baca Juga: Kenali 5 Penyebab Cat Mobil Memudar dan Tips Mengatasinya

Cegah dan Atasi Masalah Body Mobil Anda dengan Layanan ‘Coating and Detailing’ dari RustPro!

RustPro adalah sebuah bengkel mobil modern yang menyediakan layanan coating dan detailing mobil, pemasangan anti karat, dan pemasangan kaca film.

Dalam memberikan layanan, kami selalu menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Selain itu, kami juga memiliki tim teknisi yang berisikan orang-orang ahli dan berpengalaman di bidang perawatan interior dan eksterior mobil.

Anda tidak perlu khawatir terhadap hasil pengerjaan yang tim kami lakukan. Tim teknisi kami telah dibekali ilmu dan SOP yang dikembangkan langsung oleh para mentor dan ahli otomotif dari Jerman. Jadi, dijamin memuaskan deh hasilnya.

Perawatan mobil yang dipercayakan kepada RustPro dijamin penampilannya tetap akan optimal hingga beberapa tahun ke depan. Kami pun berani memberikan garansi hingga 8 tahun untuk setiap pelayanan yang kami berikan.

Lama banget bukan garansinya? Makanya, yuk cegah dan atasi masalah body mobil yang sering terjadi bersama RustPro, spesialis perawatan interior dan eksterior mobil.

Segera hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp 0813-1150-2678. Untuk alamat bengkel RustPro, kami berada di Blok QJ 1 No, Jl. Boulevard Raya No.17, RT.12/RW.15, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.

RUSTPRO

It's My Responsibility