❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Menambal Body Mobil dengan Resin, Amankah?

Menambal Body Mobil dengan Resin

Menambal body mobil dengan resin adalah sebuah teknik yang efektif untuk memperbaiki kerusakan pada body mobil dengan biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan penggantian seluruh bagian body mobil yang rusak. Namun, penting untuk memperhatikan beberapa hal seperti keamanan saat menambal dengan resin dan pengaplikasian coating mobil untuk memaksimalkan perlindungan dan tampilan mobil. Dalam artikel ini, akan dibahas secara rinci tentang bagaimana cara menambal body mobil dengan resin dengan aman, hal-hal yang perlu diperhatikan, hingga perlindungan untuk menjaga keamanan dan tampilan mobil tetap optimal.

Keamanan Menambal Body Mobil dengan Resin

Menambal body mobil dengan resin adalah sebuah teknik yang umum digunakan untuk memperbaiki kerusakan pada body mobil. Teknik ini biasanya digunakan untuk menambal kerusakan kecil pada body mobil seperti goresan, retakan, atau lubang kecil yang terjadi akibat tumbukan atau kecelakaan.

Proses menambal body mobil dengan resin dimulai dengan membersihkan area yang akan ditambal dan memastikan bahwa area tersebut benar-benar kering. Setelah itu, sepotong kain serat atau serat kaca akan ditempatkan di atas area yang akan ditambal dan diberi lapisan resin menggunakan kuas atau spatula.

Setelah resin diaplikasikan, maka kain serat atau serat kaca akan menempel pada permukaan mobil dan membentuk struktur yang kuat untuk menutupi kerusakan. Setelah resin kering, maka permukaan mobil yang ditambal akan dihaluskan dengan amplas untuk menghilangkan goresan dan memperbaiki tampilan permukaan mobil.

Tambalan dengan resin ini memiliki kelebihan karena tahan terhadap air dan memiliki daya rekat yang kuat sehingga dapat bertahan lama. Selain itu, teknik ini juga memungkinkan Anda untuk mengembalikan keindahan mobil Anda dengan biaya yang lebih rendah dibandingkan jika Anda harus mengganti seluruh bagian body mobil yang rusak.

Namun, penting untuk diingat bahwa meskipun teknik ini dapat memberikan hasil yang memuaskan, namun masih ada beberapa kerusakan pada body mobil yang membutuhkan perbaikan yang lebih intensif seperti penggantian bagian yang rusak. Oleh karena itu, jika Anda mengalami kerusakan yang cukup parah pada body mobil Anda, sebaiknya konsultasikan dengan ahli perbaikan mobil terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menambal dengan resin.

Dalam menjalankan teknik ini, pastikan juga untuk menggunakan alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan karena resin dapat berbahaya jika terhirup atau terkena kulit. Selalu ingat untuk selalu berhati-hati dan memperhatikan keselamatan Anda sendiri ketika melakukan perbaikan pada mobil Anda.

Baca Juga: Pentingnya Perhatikan Masalah Bodi Mobil Keropos

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Menambal Body Mobil dengan Resin

Ketika akan menambal body mobil dengan resin, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan agar proses perbaikan berjalan lancar dan aman. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  1. Pastikan Area yang Akan Ditambal Bersih dan Kering

Sebelum mulai menambal, pastikan area yang akan ditambal benar-benar bersih dan kering. Bersihkan area tersebut dari debu, kotoran, atau sisa-sisa cat lama agar resin dapat menempel dengan baik pada permukaan mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  1. Gunakan Alat Pelindung Diri

Resin merupakan bahan kimia yang berbahaya jika terhirup atau terkena kulit. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu menggunakan alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan saat akan menambal body mobil dengan resin.

  1. Pilih Resin yang Sesuai

Pastikan untuk memilih jenis resin yang sesuai dengan jenis body mobil yang akan ditambal. Setiap jenis resin memiliki karakteristik yang berbeda dan harus dipilih dengan bijak agar dapat menempel dengan baik pada permukaan mobil.

  1. Gunakan Kain Serat atau Serat Kaca yang Tepat

Kain serat atau serat kaca digunakan untuk memberikan struktur yang kuat pada tambalan resin. Pastikan untuk memilih kain serat atau serat kaca yang sesuai dengan jenis resin yang digunakan dan kerusakan pada body mobil.

  1. Jangan Menumpuk Lapisan Resin Terlalu Tebal

Meskipun resin memiliki daya rekat yang kuat, namun tidak dianjurkan untuk menumpuk lapisan resin terlalu tebal. Hal ini dapat membuat proses pengeringan menjadi lebih lama dan mengakibatkan keretakan pada permukaan resin.

  1. Hati-hati saat Proses Pengamplasan

Setelah resin mengering, permukaan yang ditambal akan dihaluskan dengan amplas untuk menghilangkan goresan dan memperbaiki tampilan mobil. Pastikan untuk melakukan proses ini dengan hati-hati agar tidak merusak permukaan mobil yang telah diperbaiki.

Dengan memperhatikan hal-hal di atas, Anda dapat menambal body mobil dengan resin secara aman dan efektif. Namun, jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda atau mengalami kerusakan yang cukup parah pada body mobil, sebaiknya konsultasikan dengan ahli perbaikan mobil terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Maksimalkan dengan Pengaplikasian Coating Mobil Berkualitas Terbaik di Rustpro

Setelah menambal body mobil dengan resin, penting untuk memaksimalkan perlindungan permukaan mobil dengan pengaplikasian coating mobil. Coating mobil merupakan lapisan pelindung yang dapat melindungi permukaan mobil dari kerusakan akibat sinar UV, goresan, noda, dan lain-lain. Dengan pengaplikasian coating mobil, tambalan resin pada body mobil akan lebih terlindungi dan tahan lama.

Pengaplikasian coating mobil sebaiknya dilakukan setelah proses penambalan resin selesai dan permukaan mobil benar-benar bersih dan kering. Sebelumnya, pastikan untuk membersihkan permukaan mobil dari sisa-sisa resin atau kain serat yang tidak sengaja tertinggal. Selanjutnya, aplikasikan coating mobil secara merata pada seluruh permukaan mobil dan biarkan mengering selama beberapa jam. Dengan demikian, hasil penambalan resin pada body mobil akan terlindungi dengan baik dan akan bertahan lebih lama.

Maka dari itu, pastikan untuk mempercayakan layanan coating mobil hanya pada bengkel terpercaya dengan kredibilitas yang sudah sangat terjamin, seperti coating mobil di Rustpro.

Rustpro menyediakan layanan coating dan detailing yang bisa Anda coba untuk memberikan perawatan optimal untuk bodi mobil Anda. Menggunakan formulasi coating mobil Graphene 10H+ Protection pertama dan satu-satunya di Indonesia, formulasi Graphene ini selain efektif melindungi mobil dari goresan, juga memiliki proteksi dari sinar UV dan memiliki sifat hydraphobic, yang membuat tetesan air hujan tak akan menyerap ke dalam permukaan cat bodi mobil.

Dengan masa garansi 3 tahun, klaim garansi ini bisa dengan mudah Anda klaim di seluruh cabang Rustpro tanpa terkecuali selama masa garansi masih berlaku.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Pegangsaan Dua
    Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250
  2. Rustpro Lebak Bulus
    Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  3. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  4. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena seringkali layanan anti karat dan coating detailing mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho.

Penutup

Dalam memperbaiki kerusakan pada body mobil, teknik menambal dengan resin menjadi salah satu pilihan yang dapat diandalkan. Namun, perlu diingat bahwa proses menambal dengan resin juga membutuhkan kehati-hatian dan penggunaan alat pelindung diri untuk menghindari bahaya akibat bahan kimia yang digunakan. Selain itu, pemilihan resin dan kain serat atau serat kaca yang tepat juga mempengaruhi kualitas dan daya tahan dari tambalan resin pada body mobil.

Setelah proses penambalan selesai, pengaplikasian coating mobil dapat memaksimalkan perlindungan permukaan mobil dari kerusakan dan menjaga tampilan mobil tetap menarik. Namun, pengaplikasian coating mobil sebaiknya dilakukan oleh ahli atau profesional yang memiliki pengalaman dan keterampilan dalam mengaplikasikan coating mobil, seperti di Rustpro, agar hasilnya maksimal. Dengan memperhatikan semua hal ini, Anda dapat menambal body mobil dengan resin secara aman dan efektif serta memaksimalkan perlindungan permukaan mobil dengan pengaplikasian coating mobil.

RUSTPRO

It's My Responsibility