❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Mobil Terbakar Akibat Cuaca Panas, Benarkah Bisa Terjadi?

Mobil Terbakar Akibat Cuaca Panas

Beberapa hari terakhir memang suhu di Indonesia jadi terasa sangat panas. Cuaca yang panas ini tidak hanya membuat kurang nyaman, tapi ternyata juga memunculkan masalah, salah satunya banyak kasus mobil terbakar akibat cuaca panas. Benarkah cuaca panas bisa menyebabkan mobil terbakar? Cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Penyebab Mobil Terbakar Akibat Cuaca Panas

Teriknya cuaca pada beberapa hari terakhir ini menjadi penyebabnya banyaknya berita bermunculan mobil terbakar akibat cuaca panas. Beberapa faktor dapat memicu terjadinya kebakaran pada mobil, berikut adalah penjelasan lengkapnya:

  1. Overheating pada Mesin

Cuaca panas yang ekstrem dapat menyebabkan terjadinya overheating pada mesin mobil, berujung pada mobil terbakar akibat cuaca panas dalam kasus yang ekstrem. Mesin yang terlalu panas dapat memicu terjadinya kebakaran jika tidak segera ditangani dengan benar. Overheating pada mesin biasanya terjadi karena cairan pendingin yang berkurang atau bahkan habis karena menguap. Hal ini terjadi karena panas yang dihasilkan mesin melebihi kemampuan cairan pendingin untuk menyerap panas. Ketika mesin panas, bagian-bagian pada mesin seperti karet, plastik, dan komponen lainnya dapat meleleh dan menjadi mudah terbakar. Untuk menghindari overheating pada mesin, pastikan cairan pendingin selalu cukup dan mesin dalam kondisi baik.

  1. Korsleting pada Kelistrikan

Kelistrikan mobil dapat menjadi penyebab kebakaran pada mobil jika terjadi korsleting atau arus pendek. Korsleting pada kelistrikan mobil dapat terjadi akibat beberapa faktor seperti kabel yang robek, akibat usia kabel yang sudah lama, atau penggunaan kabel yang tidak sesuai. Pada cuaca panas yang tinggi, kabel-kabel pada mobil akan mudah terbakar jika terjadi korsleting karena suhu yang meningkat yang berujung pada mobil terbakar akibat cuaca panas. Selain itu, komponen kelistrikan yang aus atau tidak berfungsi dengan baik dapat memicu terjadinya korsleting. Oleh karena itu, periksa dan perawatan rutin pada kelistrikan mobil sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya kebakaran pada mobil akibat korsleting.

  1. Bocornya Bahan Bakar

Bahan bakar pada mobil memiliki titik nyala yang rendah. Jika mobil terkena cuaca panas yang sangat tinggi, bahan bakar dapat menjadi mudah terbakar dan menyebar ke seluruh bagian mobil jika terjadi kebocoran, berujugn pada mobil terbakar akibat cuaca panas. Kebocoran bahan bakar pada mobil dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti karet selang yang rusak atau bocor, tangki bahan bakar yang retak, atau mesin yang sudah aus dan rusak. Jika terjadi kebocoran bahan bakar pada mobil, segera matikan mesin mobil dan hindari menghidupkan kembali mobil sebelum diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi. Pastikan juga untuk selalu memeriksa kondisi selang bahan bakar dan tangki bahan bakar secara rutin untuk menghindari terjadinya kebocoran bahan bakar yang dapat menyebabkan kebakaran pada mobil.

  1. Kebakaran di Sekitar Mobil

Mobil terbakar akibat cuaca panas juga bisa terjadi karena lingkungan di sekitar mobil yang terbakar. Kebakaran di sekitar mobil dapat terjadi karena beberapa faktor seperti rerumputan kering yang terkena sinar matahari langsung, sampah yang terbakar, atau bahan kimia yang mudah terbakar yang disimpan di sekitar mobil. Jika mobil diparkir di dekat area yang rentan terkena kebakaran seperti hutan, lapangan rumput yang kering atau semak-semak, pastikan untuk tidak meninggalkan mobil dalam jangka waktu yang lama dan selalu berhati-hati. Pastikan juga untuk memarkir mobil di tempat yang aman dan terhindar dari kemungkinan terjadinya kebakaran di sekitar mobil.

  1. Penggunaan AC yang Berlebihan

Pada cuaca panas yang sangat tinggi, penggunaan AC mobil yang berlebihan dapat menyebabkan beban listrik pada mobil meningkat. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya korsleting pada kelistrikan mobil yang dapat memicu kebakaran. Untuk menghindari terjadinya kebakaran pada mobil akibat penggunaan AC yang berlebihan, pastikan AC mobil tidak diatur pada suhu terlalu rendah dan tidak dioperasikan dalam waktu yang lama. Selain itu, pastikan juga kelistrikan mobil dalam kondisi baik dan terawat dengan baik agar tidak terjadi korsleting atau arus pendek hingga berujung menyebabkan mobil terbakar akibat cuaca panas.

  1. Penggunaan Peralatan Listrik yang Berlebihan

Peralatan listrik yang terpasang pada mobil seperti lampu, audio, dan sistem navigasi juga dapat memicu terjadinya kebakaran pada mobil jika digunakan secara berlebihan pada cuaca panas yang sangat tinggi. Beban listrik yang berlebihan dapat menyebabkan korsleting pada kelistrikan mobil dan memicu kebakaran. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak mengoperasikan peralatan listrik pada mobil dalam waktu yang lama dan pastikan kelistrikan mobil dalam kondisi baik untuk cegah mobil terbakar akibat cuaca panas.

  1. Paparan Sinar Matahari Langsung pada Mobil

Paparan sinar matahari langsung pada mobil dapat memicu terjadinya kebakaran pada mobil jika mobil diparkir dalam jangka waktu yang lama. Paparan sinar matahari langsung pada mobil dapat meningkatkan suhu pada mobil dan memicu terjadinya overheating pada bagian-bagian mobil seperti karet, plastik, dan komponen lainnya. Oleh karena itu, pastikan untuk memarkir mobil di tempat yang teduh dan terlindungi dari sinar matahari langsung jika harus diparkir dalam waktu yang lama. Selain itu, pastikan juga untuk membuka jendela mobil atau menggunakan sunshade untuk menjaga suhu mobil agar tidak terlalu tinggi dan cegah mobil terbakar akibat cuaca panas.

Baca Juga: Efek Buruk & Kiat Perlindungan Mobil Sering Dijemur

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Kaca film Domo Film dari Rustpro juga bisa menjadi solusi paling jitu dan efektif untuk mencegah panas dari terik matahari masuk ke dalam kabin mobil dan menyebabkan suhu kabin mobil jadi panas. Efektif untuk mencegah terjadinya mobil terbakar akibat cuaca panas.

Domo Film memiliki teknologi khusus Nano Armor Technology yang membuat kaca film mobil dari Domo Film mampu melindungi dari efek sinar UV serta terik matahari hingga 99%. Fitur ini juga membuat kaca film mobil andalan dari Rustpro mampu menghalau radiasi inframerah yang sebabkan panas di suhu kabin mobil.

Tersedia dalam beberapa tingkat kegelapan yakni 40%, 60%, dan 80%, sehingga bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi dan aturan perundang-undangan yang berlaku. Domo Film juga hadir dalam dua varian warna, yakni Fuji (Hitam) dan Daisen (Biru).

Selain itu, Domo Film juga dilengkapi dengan masa garansi hingga 8 tahun. Semakin membuat kualitas dari kaca film mobil dari Rustpro ini begitu terpercaya kualitasnya.

Dengan keunggulan yang ditawarkan, jelas menggunakan Domo Film untuk perlindungan kaca mobil kesayangan Anda adalah pilihan tepat untuk dilakukan.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju untuk pemasangan Domo Film:

  1. Rustpro Lebak Bulus
    Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  2. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216
  3. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235

Karena seringkali produk Domo Film di Rustpro ini banyak dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau hubungi di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho.

Penutup

Dengan memperhatikan faktor-faktor di atas dan melakukan perawatan rutin pada mobil, mobil terbakar akibat cuaca panas yang ekstrem dapat dihindari. Selalu periksa dan rawat mesin, kelistrikan, tangki bahan bakar, dan peralatan listrik pada mobil secara rutin. Pastikan juga untuk memarkir mobil di tempat yang aman dan terhindar dari kemungkinan terjadinya kebakaran di sekitar mobil serta menghindari penggunaan peralatan listrik yang berlebihan dan paparan sinar matahari langsung pada mobil.

Pastikan untuk pasang kaca film mobil berkualitas terbaik dari Domo Film yang sangat efektif dalam menangkal panas matahari masuk ke dalam mobil. Dengan cara ini, mobil akan tetap aman dan terhindar dari kebakaran pada cuaca panas yang ekstrem.

RUSTPRO

It's My Responsibility