❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

7 Tips dan Trik Nyetir Mobil di Malam Hari

7 Tips dan Trik Nyetir Mobil di Malam Hari

Malam hari adalah salah satu momen yang paling menyenangkan saat menyetir mobil. Berada di jalan yang tenang, tanpa adanya kemacetan, membuat Anda dapat menikmati pengalaman menyetir secara penuh. Namun seiring dengan keindahan malam, ada beberapa risiko yang mengiringi.

Ketika menyetir di malam hari, Anda akan menghadapi kondisi jalan yang berbeda, kurangnya penerangan jalan, dan meningkatnya risiko bertabrakan dengan pengendara lain atau benda-benda di jalan.

Tips dan Trik Nyetir Mobil di Malam Hari

Untuk meminimalkan risiko dan memastikan keselamatan Anda, berikut adalah tujuh tips yang bisa Anda ikuti saat menyetir di malam hari.

  1. Periksa Kondisi Mobil Secara Keseluruhan

Pertama, pastikan mobil Anda berfungsi dengan baik. Sebelum Anda mulai menyetir, cek lampu depan, belakang, rem, dan ban mobil Anda. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik untuk mendapatkan penglihatan yang jelas di jalan.

Mengontrol kondisi mobil bantu dapat meningkatkan tingkat keamanan saat berkendara karena akan membantu mengurangi risiko kecelakaan. Hal ini didukung oleh sebuah jurnal penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Safety Research pada tahun 2018 yang menyimpulkan bahwa kendaraan yang diperiksa dengan benar menurunkan risiko kecelakaan sebesar 5,6%. Jurnal penelitian ini juga menemukan bahwa ada sebuah hubungan yang signifikan antara inspeksi kendaraan dan angka kecelakaan. Hal ini menunjukkan bahwa memeriksa kondisi mobil bantu dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan dan meningkatkan tingkat keamanan saat berkendara.

  1. Jaga Jarak Aman dan Kecepatan

Kedua, tetap waspada dan jaga jarak. Karena Anda tidak akan mendapatkan penerangan penuh, maka Anda harus lebih waspada saat menyetir di malam hari. Pertahankan jarak aman dengan pengendara lain dan coba jangan terpancing untuk melaju cepat.

Adapun jarak aman yang perlu diperhatikan saat nyetir mobil di malam hari adalah sebagai berikut:

  • Kecepatan: 30 km/jam
  • Jarak Minimal: 15 meter
  • Jarak Aman: 30 meter
  1. Hindari Menggunakan Ponsel saat Menyetir

Ketiga, hindari menggunakan ponsel saat menyetir. Ponsel dapat mengalihkan perhatian dan mengganggu konsentrasi Anda.

Menggunakan ponsel saat nyetir mobil berpotensi sebabkan kecelakaan karena dapat mengurangi konsentrasi pengemudi dan menyebabkan mereka mengalihkan pandangan pada layar selama berselancar di jalan. Hal ini menyebabkan pengemudi kurang responsif terhadap lingkungan yang berubah di sekitar mereka. Fakta ini telah diperkuat oleh berbagai penelitian.

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada tahun 2019 dalam jurnal Traffic Injury Prevention, menggunakan ponsel saat berkendara berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan. Penelitian ini berfokus pada mengukur dampak penggunaan ponsel saat berkendara di Jepang. Penelitian ini mengungkapkan bahwa pengemudi yang menggunakan ponsel saat berkendara memiliki risiko tiga kali lebih tinggi untuk mengalami kecelakaan dibandingkan pengemudi yang tidak.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Oleh karena itu, hindari menggunakan ponsel saat nyetir di malam hari dan gunakan headset atau bluetooth untuk berbicara dengan orang lain saat menyetir.

  1. Jangan Nyetir saat Lelah

Keempat, hindari menyetir jika Anda merasa lelah. Jika Anda merasa lelah atau lelah, ada baiknya untuk istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan.

Ketika menyetir mobil, kelelahan berpotensi menyebabkan kecelakaan karena dapat mengurangi konsentrasi dan kemampuan reaksi seseorang. Hal ini dibuktikan oleh jurnal penelitian yang dipublikasikan di Nature Communications pada tahun 2019. Penelitian ini menemukan bahwa kelelahan saat menyetir berpotensi menyebabkan kecelakaan yang lebih signifikan dibandingkan dengan menyetir dengan kondisi yang tidak lelah.

Penelitian ini menggunakan data dari kendaraan yang terdaftar di Inggris dan menemukan bahwa kecelakaan yang disebabkan oleh kelelahan meningkat sebesar 8-19 persen, tergantung pada waktu hari yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelelahan saat menyetir berpotensi menyebabkan kecelakaan dan bahwa orang yang menyetir harus berhati-hati untuk menghindari kelelahan saat menyetir.

Jika Anda merasa terlalu lelah untuk melanjutkan perjalanan, carilah tempat untuk istirahat dan baru kembali melanjutkan perjalanan saat Anda sudah merasa lebih fit.

  1. Gunakan Lampu Senja dan Kaca Spion

Kelima, gunakan lampu senja. Lampu senja membantu Anda melihat jalan dan juga memperingatkan pengendara lain bahwa Anda ada di jalan. Gunakan lampu senja saat menyetir di jalan yang gelap.

Lalu gunakan kaca spion untuk memperhatikan pengendara lain agar tak timbulkan kecelakaan akibat lalai dalam berkendara. Gunakan kaca spion untuk membantu Anda menilai posisi pengendara lain di jalan. Ini juga akan membantu Anda menghindari tabrakan dengan pengendara lain.

Baca Juga: Cara Mengatasi Mata Silau saat Berkendara di Malam Hari

  1. Pasang Kaca Film Mobil yang Gelap dari Luar dan Terang dari Dalam

Terakhir, pasang kaca film mobil yang gelap dari luar dan terang dari dalam sangat membantu agar nyetir mobil di malam hari tetap terasa nyaman dan aman. Pancaran sinar dari kendaraan lain tak akan silaukan mata, sedangkan jarak pandang dari dalam mobil pun bisa tetap jelas terlihat.

Seringkali jenis kaca film mobil yang seperti ini hanya ditemukan di beberapa produk kaca film dengan kualitas yang sudah masyhur saja, seperti di DOMO Film dari RUSTPRO.

Meskipun tingkat kegelapan dari DOMO Film bisa diatur, namun Anda tak akan merasakan gelap dari dalam mobil sebab jarang pandang dari dalam tetap terlihat saat kaca mobil dipasang dengan DOMO Film. Selain itu DOMO Film juga menggunakan Nano Armor Technology, yang ampuh menghalau radiasi inframerah hingga sinar UV sampai 99%.

Harga yang ditawarkan untuk pemasangan DOMO Film ini cukup beragam, tergantung varian yang akan dipilih. Untuk info mengenai harganya, Anda dapat dengan mudah menghubungi customer service RUSTPRO via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Di momen-momen tertentu, pemasangan kaca film DOMO Film juga seringkali mendapatkan potongan diskon khusus. Untuk itu, pastikan untuk selalu mengikuti perkembangannya melalui website, sosial media, hingga berkonsultasi langsung dengan customer service RUSTPRO via WhatsApp.

Bagi Anda yang berdomisili di Surabaya, DOMO Film juga bisa Anda peroleh dengan mudah di cabang Dokter Mobil Lontar! Bisa dipasang langsung dengan tepat, segera kunjungi cabang Dokter Mobil Lontar sebelum produknya kehabisan!

Dokter Mobil Lontar
Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216
Kontak: 0813-1150-2678 (atau klik di sini)

Penutup

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menikmati pengalaman menyetir di malam hari dengan lebih aman dan nyaman. Pastikan untuk selalu waspada dan jaga jarak dan gunakan alat-alat tambahan untuk membantu Anda menyesuaikan diri dengan kondisi jalan. Ingatlah bahwa keselamatan Anda adalah yang terpenting. Jangan ragu untuk berhenti jika Anda merasa terlalu lelah untuk melanjutkan perjalanan. Dengan cara ini, Anda dapat menikmati pengalaman menyetir di malam hari dengan lebih aman dan nyaman.

Referensi:

Lam, N., Pérez-Lacombe, J., Peña, J., & Pérez, F. (2018). The Relationship between Vehicle Inspection and Crashes. Journal of Safety Research, 63, 33–39. https://doi.org/10.1016/j.jsr.2018.04.002

Lansdown, T., et al. (2019). ‘The potential impact of driver fatigue on road safety in Great Britain’. Nature Communications. 10(1), 1-10. doi: 10.1038/s41467-019-09800-0.

Makoto, S., Kimi, Y., Takahiro, T., & Keiko, O. (2019). Association between using a mobile phone while driving and risk of traffic accident: a case-crossover study. Traffic Injury Prevention, 20(3), 219-225.

RUSTPRO

It's My Responsibility