❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

8 Penyebab Cat Mobil Seperti Kulit Jeruk

8 Penyebab Cat Mobil Seperti Kulit Jeruk

Apakah Anda pernah melihat cat mobil seperti kulit jeruk? Masalah ini seringkali menjadi momok bagi para pemilik mobil, karena dapat merusak tampilan mobil yang seharusnya indah dan bersih. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan masalah ini terjadi? Dalam artikel ini, kita akan membahas secara rinci tentang penyebab cat mobil seperti kulit jeruk dan bagaimana cara menghindarinya. Mari disimak!

Penyebab Cat Mobil Seperti Kulit Jeruk

Penyebab cat mobil seperti kulit jeruk adalah masalah yang sering dialami oleh pemilik mobil. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang dapat membuat cat mobil terlihat seperti kulit jeruk:

  1. Tekanan Udara yang Tidak Merata saat Proses Pengecatan

Tekanan udara yang tidak merata saat proses pengecatan dapat menjadi penyebab utama cat mobil seperti kulit jeruk. Hal ini terjadi karena penggunaan alat semprot yang tidak benar atau lingkungan yang tidak memadai untuk melakukan pengecatan mobil. Penggunaan alat semprot yang tidak benar dapat menghasilkan tekanan udara yang tidak merata pada permukaan mobil. Jika terjadi perbedaan tekanan udara yang signifikan pada suatu area, maka cat akan cenderung menggumpal dan membentuk tekstur seperti kulit jeruk. Sementara itu, lingkungan yang tidak memadai seperti kelembaban udara yang tinggi atau kurangnya sirkulasi udara dapat memperburuk kondisi tekanan udara yang tidak merata.

Untuk menghindari masalah ini, perlu dilakukan pengecatan pada lingkungan yang tepat. Pilihlah lingkungan yang memiliki sirkulasi udara yang baik, dengan kelembaban udara yang optimal, dan tanpa gangguan dari debu atau benda lain yang dapat mempengaruhi kualitas cat. Pastikan juga penggunaan alat semprot yang tepat dan dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman dalam pengecatan mobil.

  1. Perbedaan Suhu dan Kelembaban

Perbedaan suhu dan kelembaban dapat menjadi penyebab lain dari masalah cat mobil seperti kulit jeruk. Jika suhu terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka cat mobil dapat mengering terlalu cepat atau terlalu lambat. Hal ini dapat menyebabkan cat membentuk tekstur seperti kulit jeruk. Selain itu, kelembaban yang berlebihan juga dapat mempengaruhi kualitas cat pada mobil. Jika kelembaban terlalu tinggi, maka cat dapat terlalu lama mengering dan membentuk tekstur seperti kulit jeruk.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan suhu dan kelembaban di sekitar tempat pengecatan mobil terjaga dengan baik. Lakukan pengecatan pada suhu dan kelembaban yang optimal sesuai dengan instruksi pada cat yang digunakan. Pastikan juga untuk melakukan pengecatan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik agar cat dapat mengering dengan baik.

  1. Kualitas Cat yang Buruk

Kualitas cat yang buruk juga dapat menjadi penyebab dari masalah cat mobil seperti kulit jeruk. Penggunaan cat yang kurang berkualitas atau tidak sesuai dengan jenis mobil dapat menyebabkan cat tidak menempel dengan baik pada mobil dan membentuk tekstur seperti kulit jeruk. Cat yang buruk juga dapat mudah terkelupas atau terkikis oleh cuaca dan lingkungan.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan untuk menggunakan cat yang berkualitas dan sesuai dengan jenis mobil. Pilihlah cat yang memiliki sertifikasi dari badan pengawas yang terpercaya dan pastikan untuk mengikuti instruksi penggunaan yang tertera pada kemasan cat. Lakukan pengecatan pada suhu dan kelembaban yang optimal dan pastikan untuk melakukan perawatan mobil secara berkala agar cat tetap terjaga kualitasnya.

  1. Kurangnya Pengamatan pada Proses Pengecatan

Kurangnya pengamatan pada proses pengecatan juga dapat menyebabkan cat mobil seperti kulit jeruk. Hal ini terjadi karena tidak ada pengawasan yang dilakukan saat proses pengecatan sehingga masalah pada cat tidak terdeteksi dengan cepat. Pengecatan yang kurang berkualitas dapat menghasilkan cat yang tidak rata dan membentuk tekstur seperti kulit jeruk. Selain itu, jika terdapat kesalahan pada proses pengecatan seperti terkena debu atau kotoran, maka hal ini juga dapat mempengaruhi kualitas cat pada mobil.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan untuk melakukan pengamatan dan pengawasan saat proses pengecatan dilakukan. Pastikan bahwa pengecatan dilakukan oleh tenaga ahli yang sudah berpengalaman dalam pengecatan mobil. Lakukan pengecatan di lingkungan yang bersih dan tidak terganggu oleh debu atau kotoran lainnya. Selain itu, pastikan untuk melakukan pengamatan pada hasil pengecatan setelah selesai dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat masalah atau tidak pada cat mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  1. Perawatan Mobil yang Tidak Baik

Perawatan mobil yang tidak baik dapat memperburuk kondisi cat mobil seperti kulit jeruk. Kurangnya perawatan seperti tidak mencuci mobil secara berkala atau tidak melindungi mobil dari sinar matahari langsung dapat membuat cat mobil semakin terlihat seperti kulit jeruk. Sinar matahari yang terlalu kuat dapat mempercepat pengeringan cat mobil dan membentuk tekstur seperti kulit jeruk. Selain itu, kotoran dan debu yang menempel pada mobil dapat menyebabkan cat mobil menjadi terkikis dan menghasilkan tekstur yang tidak rata.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan untuk melakukan perawatan mobil secara berkala. Lakukan pencucian mobil secara rutin agar mobil tetap bersih dan terhindar dari kotoran dan debu yang dapat merusak cat. Selain itu, pastikan untuk melindungi mobil dari sinar matahari langsung dengan menggunakan payung atau penutup mobil. Dengan melakukan perawatan mobil secara berkala, maka cat mobil dapat tetap terjaga kualitasnya dan tidak terlihat seperti kulit jeruk.

Baca Juga: 8 Perawatan Body Mobil Agar Mengkilap & Tidak Kusam

  1. Pencampuran Cat yang Tidak Tepat

Pencampuran cat yang tidak tepat juga dapat menjadi penyebab cat mobil seperti kulit jeruk. Pencampuran cat yang tidak tepat dapat membuat cat tidak menempel dengan baik pada mobil dan membentuk tekstur seperti kulit jeruk. Pencampuran cat yang salah juga dapat membuat cat mengering terlalu cepat atau terlalu lambat dan menghasilkan tekstur yang tidak rata.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan untuk mencampur cat dengan benar dan sesuai dengan instruksi yang tertera pada kemasan cat. Pastikan juga untuk memilih cat yang sesuai dengan jenis mobil dan kondisi mobil yang akan dicat. Dengan melakukan pencampuran cat yang tepat, maka cat mobil dapat menempel dengan baik pada mobil dan tidak membentuk tekstur seperti kulit jeruk.

  1. Pemakaian Thinner yang Tidak Tepat

Pemakaian thinner yang tidak tepat juga dapat menyebabkan masalah pada cat mobil seperti kulit jeruk. Thinner adalah zat pelarut yang digunakan untuk mengencerkan cat sehingga mudah untuk diaplikasikan pada permukaan mobil. Pemakaian thinner yang tidak tepat dapat membuat cat tidak menempel dengan baik pada permukaan mobil dan menghasilkan tekstur yang tidak rata seperti kulit jeruk. Pemakaian thinner yang terlalu banyak atau terlalu sedikit juga dapat mempengaruhi kualitas cat pada mobil.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan untuk menggunakan thinner yang tepat sesuai dengan jenis cat yang digunakan. Pastikan juga untuk menggunakan thinner yang sesuai dengan kondisi lingkungan dan suhu saat melakukan pengecatan. Pemakaian thinner yang tepat dapat membuat cat menempel dengan baik pada permukaan mobil dan menghasilkan hasil pengecatan yang rata dan menghindari masalah cat mobil seperti kulit jeruk.

  1. Kurangnya Waktu Pengeringan

Kurangnya waktu pengeringan juga dapat menjadi penyebab masalah cat mobil seperti kulit jeruk. Jika cat mobil tidak mengering dengan baik sebelum mobil digunakan kembali, maka cat dapat membentuk tekstur seperti kulit jeruk. Hal ini dapat terjadi karena adanya pengaruh debu atau kotoran yang menempel pada cat mobil yang belum kering, sehingga menghasilkan tekstur yang tidak rata.

Untuk menghindari masalah ini, pastikan untuk memberikan waktu pengeringan yang cukup pada cat mobil sebelum mobil digunakan kembali. Pastikan untuk melakukan pengecatan di tempat yang memiliki sirkulasi udara yang baik agar cat dapat mengering dengan baik. Jika perlu, gunakan alat pengering atau penghangat udara untuk mempercepat proses pengeringan cat. Dengan memberikan waktu pengeringan yang cukup, maka cat mobil dapat terjaga kualitasnya dan tidak terlihat seperti kulit jeruk.

Cegah Cat Mobil Seperti Kulit Jeruk dengan Perawatan Paripurna dari Rustpro!

Cat mobil seperti kulit jeruk ini umumnya akibat dari pengecatan yang tidak sempurna kualitasnya. Sehingga solusi utama dari mengatasi masalah ini adalah dengan mengaplikasikan cat mobil kembali agar permukaan cat mobil jadi merata.

Namun, seringkali juga ada faktor lingkungan hingga karena salah penggunaan yang mengakibatkan cat mobil seperti kulit jeruk. Agar hal ini tidak terjadi, pastikan untuk melindungi bagian bodi mobil agar permukaan cat mobil tidak seperti kulit jeruk. Salah satu solusi paling jitu untuk mengatasi hal ini adalah mempercayakan pada layanan Graphene Coating di Rustpro.

Rustpro menghadirkan layanan coating mobil menggunakan formulasi Graphene 10H+ Protection yang memiliki sifat hydraphobic atau seperti efek daun talas. Sehingga percikan cairan, kotoran, dan polusi tak akan menempel di permukaan mobil yang menyebabkan baret atau rusak. Selain itu, sifat Graphene memiliki perlindungan yang jauh lebih kuat dari ceramic dan nano coating biasa dalam menjaga kondisi permukaan mobil dari goresan.

Dengan masa garansi 3 tahun, Anda bisa melakukan maintenance ulang dengan klaim garansi secara berkala di seluruh cabang Rustpro di Indonesia, selama garansi masih berlaku.

Jika Anda berdomisili di sekitar Cirebon, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133
  2. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  3. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena seringkali layanan Graphene Coating mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau hubungi di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho. Jangan sampai ketinggalan, segera dipesan!

Akhir Kata

Dalam menghindari masalah cat mobil seperti kulit jeruk, penting untuk melakukan pengecatan pada lingkungan yang tepat, memilih cat yang berkualitas, dan melakukan perawatan mobil dengan baik. Jangan lupa untuk selalu melakukan pengamatan dan pengawasan saat proses pengecatan agar masalah pada cat dapat terdeteksi dengan cepat dan diatasi dengan baik serta percayakan perawatan paling optimalnya hanya dengan layanan Graphene Coating di Rustpro!

RUSTPRO

It's My Responsibility