❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Tips Perawatan Sunroof Mobil dengan Maksimal

Tips Perawatan Sunroof Mobil dengan Maksimal

Sunroof pada mobil adalah fitur yang dapat memberikan sensasi berkendara yang berbeda dan menyenangkan. Namun, sunroof juga membutuhkan perawatan khusus agar dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama. Dalam artikel ini, kami akan memberikan beberapa tips perawatan sunroof mobil yang dapat membantu Anda menjaga performa dan penampilan sunroof mobil.

Kiat Perawatan Sunroof Mobil

Terkadang, sunroof pada mobil memberikan sensasi berbeda saat berkendara. Namun, sunroof juga membutuhkan perawatan khusus agar dapat berfungsi dengan baik dan awet. Berikut adalah beberapa tips perawatan sunroof mobil:

  1. Bersihkan Sunroof Secara Rutin

Bersihkan sunroof secara rutin adalah salah satu hal penting dalam perawatan sunroof mobil. Ketika Anda mencuci mobil, jangan lupa untuk membersihkan sunroof menggunakan sabun mobil dan air bersih. Pastikan juga untuk mengeringkan sunroof dengan kain lembut dan bersih agar tidak terbentuk bercak air atau noda yang sulit dihapus. Penting untuk dicatat bahwa bercak air atau noda dapat membuat sunroof macet atau sulit digunakan, sehingga merusak mekanisme sunroof. Selain itu, membersihkan sunroof secara teratur juga membantu Anda memeriksa apakah ada kerusakan atau masalah lain pada sunroof yang perlu segera diatasi.

  1. Periksa Kondisi Karet Sealing

Kondisi karet sealing pada sunroof mobil perlu selalu diperiksa untuk perawatan sunroof mobil, karena karet sealing yang rusak dapat menyebabkan air masuk ke dalam mobil saat hujan. Jika Anda melihat kerusakan pada karet sealing, segera ganti dengan yang baru. Mengganti karet sealing dapat dilakukan sendiri dengan cara membuka sunroof dan mengganti karet sealing yang rusak. Namun, jika Anda tidak yakin dengan cara mengganti karet sealing, sebaiknya bawa mobil ke bengkel atau tempat servis terdekat.

  1. Lindungi Sunroof dari Debu dan Kotoran

Hindari membiarkan debu dan kotoran menempel pada sunroof mobil untuk perawatan sunroof mobil. Debu dan kotoran dapat mengganggu kinerja sunroof dan membuatnya macet. Gunakan lap lembut dan bersih untuk membersihkan kotoran yang menempel pada sunroof untuk perawatan sunroof mobil. Jangan gunakan benda tajam atau kasar untuk membersihkan sunroof, karena dapat merusak permukaannya. Selain itu, pastikan bahwa mobil Anda parkir di tempat yang aman dan terhindar dari debu dan kotoran yang berlebihan, terutama pada saat musim hujan.

Baca Juga: Tips Membersihkan Mobil Sering Berdebu

  1. Jangan Memaksa Sunroof yang Macet

Jangan memaksa sunroof mobil yang macet atau sulit untuk dibuka atau ditutup untuk perawatan sunroof mobil. Hal ini dapat merusak mekanisme sunroof dan membuat biaya perbaikan menjadi lebih mahal. Jika sunroof macet, periksa terlebih dahulu apakah ada benda yang menghalangi sunroof, seperti daun atau ranting. Jika tidak ada benda yang menghalangi, coba buka dan tutup sunroof beberapa kali untuk melihat apakah ada perubahan. Jika sunroof masih macet, bawa mobil ke bengkel atau tempat servis terdekat untuk diperbaiki. Penting untuk dicatat bahwa memaksa sunroof yang macet dapat merusak mekanisme sunroof, sehingga biaya perbaikan menjadi lebih mahal.

  1. Periksa Kebocoran Air

Periksa apakah terdapat kebocoran air pada sunroof mobil saat hujan. Jika ada, maka periksa karet sealing dan pastikan bahwa sunroof sudah tertutup dengan benar. Kebocoran air pada sunroof dapat menyebabkan masalah pada kain jok, karpet, atau bagasi mobil. Kebocoran air juga dapat menyebabkan karat pada bagian dalam mobil, yang dapat menyebabkan biaya perbaikan yang lebih mahal. Jadi, pastikan untuk selalu memeriksa kondisi sunroof Anda secara berkala dan segera perbaiki jika ada masalah atau kerusakan.

Rawat Sunroof secara Maksimal dengan Lakukan Detailing dan Pasang Domo Film di Rustpro

Merawat sunroof mobil dengan melakukan detailing secara rutin dan pasang kaca film di sunroof sangat penting untuk menjaga performa dan penampilan mobil Anda. Detailing dapat membantu menjaga kebersihan dan kilau mobil, termasuk pada sunroof, sehingga terhindar dari kerusakan dan kotoran yang menumpuk. Pasang kaca film pada sunroof juga dapat membantu menahan panas dan sinar UV, sehingga menjaga kenyamanan berkendara dan mencegah kerusakan pada bagian dalam mobil.

Untuk layanan detailing terbaik, Rustpro adalah tempat yang paling banyak direkomendasikan untuk dituju. Rustpro menggunakan peralatan canggih, formula pembersih paling ampuh, ditangani oleh teknisi yang ahli, serta SOP yang sistematis. Sehingga kaca mobil sunroof dapat dilakukan pembersihan hingga bersih maksimal.

Sedangkan untuk merek kaca film yang bisa dipasang pada sunroof, Domo Film dari Rustpro bisa Anda coba karena kualitasnya yang sangat teruji. Domo Film ini memiliki teknologi khusus Nano Armor Technology yang membuatnya mampu melindungi dari efek sinar UV serta terik matahari hingga 99%. Fitur ini juga membuat kaca film mobil andalan dari Rustpro mampu menghalau radiasi inframerah yang sebabkan panas di suhu kabin mobil.

Jika Anda berdomisili di sekitar Jakarta Utara, Cirebon, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Pegangsaan Dua – Kelapa Gading
    Lokasi: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250
  2. Rustpro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133
  3. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  4. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena seringkali layanan detailing dan pemasangan Domo Film di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau hubungi di sini).

Akhir Kata

Dengan melakukan perawatan sunroof mobil yang maksimal, maka sunroof dapat bertahan lebih lama dan memberikan sensasi berkendara yang lebih nyaman. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi sunroof dan segera melakukan perbaikan jika ditemukan kerusakan, salah satunya dengan lakukan detailing dan pasang kaca film mobil Domo Film pada sunroof hanya di Rustpro!

RUSTPRO

It's My Responsibility