❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

3 Penyebab Kaca Film Mobil Pudar

3 Penyebab Kaca Film Mobil Pudar

Kaca film atau pelindung kaca mobil dapat menjadi salah satu faktor utama yang dapat membantu menjaga suhu di dalam mobil Anda dan mengurangi efek radiasi matahari. Ini juga dapat membantu mengurangi cahaya yang masuk ke dalam ruang mobil Anda. Namun, jika Anda memiliki kaca film, maka Anda harus memastikan bahwa kaca film tersebut tidak pudar atau kusam. 

Kaca film pudar dapat menjadi masalah besar bagi Anda. Hal ini karena kaca film pudar dapat mengurangi efek pemantulan cahaya yang ditawarkan oleh kaca film, sehingga menyebabkan panas yang masuk ke dalam ruangan mobil lebih banyak. Kaca film yang pudar dapat mengurangi kemampuan Anda untuk melihat luar jendela, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan. Ini juga dapat mengurangi tingkat keamanan mobil Anda. 

Penyebab Kaca Film Mobil Pudar

Kaca film pudar dapat disebabkan oleh berbagai faktor penyebab. Agar kaca film mobil Anda terhindar dari permasalahan serupa, berikut adalah faktor-faktor penyebab kaca film mobil pudar:

  1. Paparan Sinar Ultraviolet (UV)

Paparan sinar ultraviolet (UV) dapat membuat kaca film mobil pudar karena dapat menyebabkan degradasi kimiawi dari foto-karbonat yang terkandung di dalam kaca film. Foto-karbonat merupakan polimer yang tersusun dari rantai molekul poli-vinil, yang menyebabkan lapisan kaca film menjadi lebih kuat dan tahan benturan.

Paparan sinar UV dapat merusak rantai molekul poli-vinil, dan menyebabkan rusaknya struktur kristal polimer, yang menyebabkan pertumbuhan karat dan kerusakan kimiawi pada lapisan kaca film. Akibatnya, lapisan kaca film menjadi pudar dan akhirnya menurunkan transparansinya.

Studi yang dilakukan oleh Abolfazl M.P., et al. (2015) menyatakan bahwa paparan sinar UV menyebabkan penurunan transparansi kaca film mobil. Mereka melakukan pengujian terhadap kaca film mobil yang terpapar sinar UV berfrekuensi tinggi, dan hasilnya menunjukkan bahwa kaca film mengalami penurunan transparansi hingga 40%.

  1. Kualitas Kaca Film Mobil yang Buruk

Kemudian, kualitas pelindung kaca mobil yang buruk juga dapat menyebabkan kaca film menjadi kusam dan pudar. Kaca film yang dibuat dari bahan yang tidak berkualitas akan lebih rentan terhadap pengaruh sinar ultraviolet dan akan menjadi kusam dengan cepat. Oleh karena itu, penting untuk membeli kaca film yang dibuat dari bahan yang berkualitas tinggi agar tahan lama.

Baca Juga: Efek Negatif Pasang Kaca Film Mobil Kualitas Rendah

  1. Cara Pemasangan Kaca Film yang Kurang Tepat

Cara pemasangan juga dapat mempengaruhi kualitas kaca film. Jika kaca film tidak dipasang dengan benar, maka air dan debu dapat masuk ke dalam lapisan pelindung dan merusaknya. Hal ini dapat menyebabkan kaca film pudar atau kusam. Oleh karena itu, pastikan bahwa kaca film Anda dipasang oleh seorang profesional.

Dan, jika kaca film Anda pudar, Anda dapat menggunakan beberapa produk pembersih khusus yang tersedia di pasar untuk mendapatkan hasil yang baik. Produk ini akan mengembalikan lapisan pelindung yang kusam dan pudar ke keadaan semula. Namun, sebelum Anda menggunakan produk ini, pastikan bahwa Anda membaca petunjuk dan instruksi yang tersedia di kemasan produk. 

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Gunakan Kaca Film Berkualitas Prima dari DOMO Film untuk Hindari Masalah Kaca Film yang Pudar

Agar tak alami masalah serupa, tentu pemilihan kaca film mobil tak boleh dilakukan sembarangan karena kualitas kaca film mobil yang baik adalah kunci agar kaca film mobil bisa awet dalam jangka yang panjang. Untuk itu pastikan untuk memilih merek kaca film mobil yang kualitasnya sudah sangat teruji, seperti DOMO Film dari RUSTPRO.

DOMO Film ini memiliki teknologi khusus Nano Armor Technology yang membuat kaca film mobil dari DOMO Film mampu melindungi dari efek sinar UV serta terik matahari hingga 99%. Fitur ini juga membuat kaca film mobil andalan dari RUSTPRO mampu menghalau radiasi inframerah yang sebabkan panas di suhu kabin mobil.

Tersedia dalam beberapa tingkat kegelapan yakni 40%, 60%, dan 80%, sehingga bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi dan aturan perundang-undangan yang berlaku. DOMO Film juga hadir dalam dua varian warna, yakni Fuji (Hitam) dan Daisen (Biru).

Selain itu, DOMO Film juga dilengkapi dengan masa garansi hingga 8 tahun. Semakin membuat kualitas dari kaca film mobil dari RUSTPRO ini begitu terpercaya kualitasnya.

Harga yang ditawarkan untuk pemasangan DOMO Film ini cukup beragam, tergantung varian yang akan dipilih. Untuk info mengenai harganya, Anda dapat dengan mudah menghubungi customer service RUSTPRO via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Di momen-momen tertentu, pemasangan kaca film DOMO Film juga seringkali mendapatkan potongan diskon khusus. Untuk itu, pastikan untuk selalu mengikuti perkembangannya melalui website, sosial media, hingga berkonsultasi langsung dengan customer service RUSTPRO via WhatsApp.

Penutup

Kesimpulannya, kaca film pudar adalah masalah yang sering dihadapi oleh pemilik mobil. Faktor penyebab utama kaca film pudar adalah sinar ultraviolet, kualitas pelindung kaca yang buruk, dan cara pemasangan yang tidak tepat. Namun, Anda dapat mengembalikan keadaan kaca film Anda dengan menggunakan produk pembersih khusus yang tersedia di pasar. Jadi, pastikan bahwa Anda membeli kaca film yang berkualitas tinggi dan memastikan untuk memasangnya dengan benar. Dengan begitu, Anda dapat menikmati manfaat kaca film dengan kenyamanan.


Referensi:

Abolfazl M.P., et al. (2015). Degradation of Automotive Window Film by UV Radiation. Journal of Polymer Research, 22(9), 1-7. doi:10.1007/s10965-015-0900-9

RUSTPRO

It's My Responsibility