❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

9 Penyebab Kaca Mobil Pelangi, Warnanya Justru Ganggu Tampilan Mobil

9 Penyebab Kaca Mobil Pelangi

Siapa yang tidak ingin mobilnya tampak kinclong dan terawat? Namun, ada satu masalah umum yang sering ditemui oleh pemilik mobil, yaitu kaca mobil yang berwarna pelangi. Warna pelangi pada kaca mobil seringkali dianggap sebagai masalah yang sepele, namun sebenarnya hal ini bisa mengganggu pandangan saat mengemudi dan juga menurunkan nilai estetika mobil. Kaca mobil pelangi bisa terjadi karena beberapa faktor. Mari kita bahas lebih lanjut tentang penyebab kaca mobil pelangi dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Kaca Mobil ‘Pelangi’

Kaca mobil pelangi bisa terjadi karena beberapa penyebab, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan Pembersih Kaca yang Tidak Sesuai

Salah satu penyebab kaca mobil pelangi adalah penggunaan pembersih kaca yang tidak sesuai. Banyak pembersih kaca yang beredar di pasaran mengandung bahan kimia yang keras dan dapat merusak lapisan kaca. Bahan-bahan tersebut bisa membuat kaca menjadi buram dan berwarna pelangi.

Selain itu, penggunaan lap yang kasar saat membersihkan kaca juga bisa merusak lapisan kaca dan membuatnya menjadi buram atau berwarna pelangi. Oleh karena itu, sebaiknya selalu gunakan pembersih kaca yang disarankan oleh produsen mobil dan lap yang lembut saat membersihkan kaca mobil. Pastikan juga untuk membilas kaca dengan air bersih setelah membersihkannya dengan pembersih kaca.

  1. Penyimpanan Mobil dalam Suhu yang Tinggi

Penyimpanan mobil dalam suhu yang tinggi juga bisa menyebabkan kaca mobil pelangi. Suhu yang tinggi dapat menyebabkan lapisan kaca mengalami perubahan fisik dan kimia, yang bisa menyebabkan kaca menjadi berwarna pelangi.

Oleh karena itu, sebaiknya mobil disimpan di tempat yang sejuk dan tidak terkena sinar matahari langsung. Jika memungkinkan, pasanglah kain penutup pada kaca mobil agar tidak terkena sinar matahari langsung. Selain itu, jangan biarkan mobil terlalu lama terparkir di bawah terik matahari, terutama saat musim panas.

  1. Kondisi Kaca Mobil yang Tidak Baik

Kondisi kaca mobil yang tidak baik juga bisa menyebabkan kaca mobil pelangi. Kaca yang tergores atau retak dapat menghasilkan warna pelangi karena sinar matahari memantul pada kerusakan tersebut. Selain itu, kaca yang buram atau kusam juga bisa menyebabkan warna pelangi. Oleh karena itu, sebaiknya perbaiki kerusakan pada kaca mobil secepat mungkin untuk mencegah terjadinya warna pelangi.

Jika terjadi goresan atau kerusakan lain pada kaca mobil, segera perbaiki di bengkel yang terpercaya agar kaca dapat kembali berfungsi dengan baik. Pastikan juga untuk merawat kaca mobil dengan baik, seperti membersihkannya secara rutin dan menghindari penggunaan bahan-bahan yang keras pada kaca.

  1. Radiasi Matahari yang Berlebihan

Radiasi matahari yang berlebihan juga bisa menjadi penyebab kaca mobil pelangi. Paparan sinar UV yang tinggi dari matahari dapat memicu perubahan fisik dan kimia pada kaca mobil, sehingga menyebabkan kaca berwarna pelangi. Hal ini terutama terjadi pada kaca mobil yang terus terkena sinar matahari langsung dalam waktu yang lama, terutama saat musim panas.

Oleh karena itu, sebaiknya parkirkan mobil di tempat yang teduh atau gunakan kain penutup pada kaca mobil saat tidak digunakan. Kain penutup bisa membantu mengurangi paparan sinar matahari langsung pada kaca mobil dan menghindari terjadinya warna pelangi pada kaca mobil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...
  1. Kerusakan pada Film Pelindung Kaca Mobil

Kerusakan pada film pelindung kaca mobil juga bisa menjadi penyebab kaca mobil pelangi. Film pelindung kaca mobil yang sudah aus atau rusak bisa memicu terjadinya warna pelangi pada kaca. Hal ini terjadi karena film pelindung kaca mobil berfungsi untuk melindungi kaca mobil dari paparan sinar matahari yang berlebihan dan kerusakan fisik lainnya.

Jika film pelindung kaca rusak atau aus, kaca mobil menjadi rentan terhadap kerusakan fisik dan perubahan kimia, yang bisa menyebabkan kaca berwarna pelangi. Oleh karena itu, sebaiknya periksa kondisi film pelindung kaca secara rutin dan ganti jika sudah aus atau rusak. Pastikan untuk memilih film pelindung kaca yang berkualitas dan sesuai dengan merek dan tipe mobil Anda.

  1. Kondisi Lingkungan yang Buruk

Kondisi lingkungan yang buruk juga bisa menyebabkan kaca mobil pelangi. Udara yang terpolusi atau penuh dengan debu dan kotoran dapat menempel pada kaca mobil dan merusak lapisan kaca. Selain itu, kondisi lingkungan yang lembap dan berdebu bisa membuat kaca menjadi kusam dan berwarna pelangi. Oleh karena itu, sebaiknya selalu menjaga kebersihan kaca mobil dan membersihkannya secara rutin dengan menggunakan pembersih kaca yang tepat.

Jangan biarkan kotoran menempel terlalu lama pada kaca mobil karena bisa merusak lapisan kaca dan membuatnya berwarna pelangi. Selain itu, pastikan juga lingkungan sekitar mobil dalam kondisi yang bersih dan sehat, terutama di tempat parkir yang sering digunakan.

  1. Proses Produksi Kaca Mobil yang Tidak Baik

Penyebab lain dari kaca mobil pelangi adalah proses produksi kaca mobil yang tidak baik. Jika proses produksi kaca mobil tidak terkontrol dengan baik, bisa menghasilkan kaca mobil yang tidak sehat dan rentan terhadap kerusakan. Kaca mobil yang kurang berkualitas atau tidak memenuhi standar dapat rentan terhadap perubahan fisik dan kimia, sehingga menyebabkan kaca berwarna pelangi.

Oleh karena itu, sebaiknya memilih kaca mobil dari produsen yang terpercaya dan memiliki kualitas terbaik. Pastikan juga untuk membeli kaca mobil dari bengkel resmi atau toko yang terpercaya agar kaca mobil yang dipasang berkualitas dan sesuai dengan standar.

  1. Penggunaan Wiper yang Tidak Sesuai

Penggunaan wiper yang tidak sesuai dengan kaca mobil juga bisa menjadi penyebab kaca mobil pelangi. Penggunaan wiper yang kasar atau kotor dapat merusak lapisan kaca dan menyebabkan kaca menjadi berwarna pelangi. Selain itu, penggunaan wiper yang aus atau sudah tidak efektif dapat meninggalkan goresan pada kaca, yang bisa menyebabkan kaca berwarna pelangi. Oleh karena itu, sebaiknya selalu memeriksa kondisi wiper secara rutin dan menggantinya jika sudah aus atau tidak efektif. Pastikan juga memilih wiper yang sesuai dengan merek dan tipe mobil Anda agar tidak merusak kaca mobil.

  1. Usia Kaca Mobil yang Sudah Lama

Usia kaca mobil yang sudah lama juga bisa menyebabkan kaca mobil pelangi. Seiring waktu, kaca mobil bisa mengalami kerusakan fisik dan kimia yang menyebabkan perubahan warna pada kaca. Oleh karena itu, sebaiknya memeriksa kondisi kaca mobil secara berkala dan memperbaikinya jika ditemukan kerusakan atau perubahan warna.

Pastikan juga untuk merawat kaca mobil dengan baik, seperti membersihkannya secara rutin dan menghindari penggunaan bahan-bahan yang keras pada kaca. Dengan merawat kaca mobil dengan baik, kita dapat mencegah terjadinya warna pelangi dan memperpanjang umur kaca mobil tersebut.

Solusi Jitu Mengatasi Masalah Kaca Mobil Muncul Warna Pelangi dengan Coating & Detailing Rustpro

Dalam menghadapi masalah kaca mobil yang berwarna pelangi, proses coating dan detailing mobil adalah solusi yang tepat dan efektif. Dengan melakukan proses ini, kita dapat melindungi kaca mobil dari kerusakan dan perubahan warna, serta memberikan manfaat lain pada mobil kita. Oleh karena itu, sebaiknya melakukan proses coating dan detailing mobil secara berkala untuk menjaga mobil kita tetap terawat dan terlindungi dengan baik.

Untuk perawatan coating detailing mobil terbaik dan terpercaya, Anda bisa percayakan pada Rustpro dengan layanan coating & detailing mobilnya yang sudah terkenal akan kualitas dan kredibilitasnya.

Rustpro menggunakan formulasi coating mobil Graphene 10H+ Protection pertama dan satu-satunya di Indonesia, coating Graphene di Rustpro ini selain efektif melindungi mobil dari goresan, juga memiliki proteksi dari sinar UV dan memiliki sifat hydraphobic, yang membuat tetesan air hujan tak akan menyerap ke dalam permukaan kaca mobil.

Dengan masa garansi 3 tahun, klaim garansi ini bisa dengan mudah Anda klaim di seluruh cabang Rustpro tanpa terkecuali selama masa garansi masih berlaku.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Cirebon, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133
  2. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  3. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena seringkali layanan coating detailing mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho.

Akhir Kata

Dari paparan informasi di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa penyebab kaca mobil pelangi, seperti penggunaan pembersih kaca yang tidak sesuai, penyimpanan mobil dalam suhu yang tinggi, kondisi kaca mobil yang tidak baik, radiasi matahari yang berlebihan, kerusakan pada film pelindung kaca mobil, proses produksi kaca mobil yang tidak baik, penggunaan wiper yang tidak sesuai, usia kaca mobil yang sudah lama, dan kondisi lingkungan yang buruk. Untuk mengatasi masalah kaca mobil pelangi, dapat melakukan tindakan tepat seperti melakukan proses coating dan detailing mobil secara berkala di Rustpro. Dengan melakukan tindakan ini, kita dapat menjaga kaca mobil tetap bersih, jernih, dan bebas dari warna pelangi, serta memperpanjang umur kaca mobil dan mobil secara keseluruhan.

RUSTPRO

It's My Responsibility