❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Penyebab Kaki-kaki Mobil Bunyi Kletek-kletek yang Menganggu

Penyebab Kaki-kaki Mobil Bunyi Kletek-kletek yang Menganggu

Kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek dapat mengganggu kenyamanan dan bahkan menjadi tanda adanya masalah pada kendaraan Anda. Masalah pada kaki-kaki mobil dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Dalam artikel ini, kami akan membahas secara detail tentang penyebab kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek sehingga Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi masalah dan menyelesaikannya dengan tepat.

Penyebab Kaki-kaki Mobil Bunyi Kletek-kletek

Kaki-kaki mobil adalah salah satu bagian penting dari kendaraan yang berfungsi untuk menopang bobot mobil dan memastikan stabilitas serta kenyamanan saat berkendara. Namun, terkadang kita bisa mendengar kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek yang mengganggu ketika mobil sedang berjalan. Suara tersebut bisa menjadi tanda adanya masalah pada kaki-kaki mobil. Berikut adalah beberapa penyebab kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek beserta penjelasannya:

  1. Shock Absorber yang Rusak

Shock absorber atau peredam kejut adalah salah satu komponen penting pada kaki-kaki mobil yang berfungsi untuk menyerap getaran dan guncangan saat mobil berjalan. Jika shock absorber rusak atau aus, maka akan terjadi gesekan pada bagian-bagian kaki-kaki mobil, sehingga menghasilkan suara kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek saat mobil bergerak.

Penyebab kerusakan shock absorber bisa bervariasi, seperti usia yang sudah tua, kebocoran, atau benturan yang terlalu sering. Jika shock absorber rusak, maka tidak hanya menghasilkan suara kletek-kletek, tapi juga berdampak pada stabilitas mobil dan performa pengereman. Selain itu, kerusakan pada shock absorber juga bisa mengurangi kenyamanan berkendara dan membuat pengemudi merasa tidak nyaman saat melewati jalan yang berlubang atau bergelombang.

  1. Ball Joint yang Aus

Ball joint adalah bagian pada kaki-kaki mobil yang menghubungkan antara lower arm dan steering knuckle, sehingga memungkinkan roda untuk bergerak ke atas dan ke bawah. Jika ball joint aus, maka akan terjadi kelonggaran pada sambungan tersebut, sehingga menghasilkan kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek ketika mobil berjalan.

Penyebab kerusakan pada ball joint bisa bervariasi, seperti usia yang sudah tua, kurangnya perawatan, atau kondisi jalan yang buruk. Jika ball joint rusak atau aus, maka akan terjadi kerusakan pada sambungan antara lower arm dan steering knuckle, sehingga mengakibatkan kelonggaran dan berpotensi menyebabkan kecelakaan. Selain itu, kerusakan pada ball joint juga dapat membuat mobil terasa tidak stabil saat bermanuver dan menyebabkan ban mobil tidak teratur saat berjalan.

  1. Link Stabilizer yang Rusak

Link stabilizer adalah bagian pada kaki-kaki mobil yang berfungsi untuk menghubungkan antara stabilizer bar dan lower arm. Jika link stabilizer rusak atau aus, maka akan terjadi kelonggaran pada sambungan tersebut, sehingga menghasilkan masalah kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek ketika mobil bergerak.

Penyebab kerusakan link stabilizer bisa bervariasi, seperti aus, bengkok, atau putus. Jika link stabilizer rusak, maka dapat mempengaruhi stabilitas mobil dan kenyamanan saat berkendara. Selain itu, kerusakan pada link stabilizer juga dapat memperburuk performa pengereman mobil dan membuat mobil terasa tidak stabil saat bermanuver. Oleh karena itu, penting untuk segera memperbaiki kerusakan pada link stabilizer agar mobil tetap aman dan nyaman saat digunakan.

  1. Tie Rod End yang Rusak

Tie rod end adalah bagian pada kaki-kaki mobil yang menghubungkan antara steering knuckle dan steering gear box. Jika tie rod end aus atau rusak, maka akan terjadi kelonggaran pada sambungan tersebut, sehingga menghasilkan masalah kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek ketika mobil berjalan.

Penyebab kerusakan pada tie rod end bisa bervariasi, seperti usia yang sudah tua, kurangnya perawatan, atau kerusakan akibat kecelakaan. Jika tie rod end rusak atau aus, maka dapat mempengaruhi kemampuan pengemudi untuk mengendalikan mobil, terutama saat berbelok. Selain itu, kerusakan pada tie rod end juga dapat menyebabkan ban mobil tidak teratur saat berjalan, memperburuk performa pengereman, dan membuat mobil terasa tidak stabil saat bermanuver.

  1. Per Sumpitan yang Aus atau Rusak

Per sumpitan adalah bagian pada kaki-kaki mobil yang berfungsi untuk menahan pergerakan lower arm ke arah depan dan belakang. Jika per sumpitan aus atau rusak, maka akan terjadi kelonggaran pada sambungan tersebut, sehingga menghasilkan masalah kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek saat mobil bergerak.

Penyebab kerusakan pada per sumpitan bisa bervariasi, seperti usia yang sudah tua, kurangnya perawatan, atau kerusakan akibat kecelakaan. Jika per sumpitan rusak atau aus, maka dapat mempengaruhi kemampuan mobil untuk menghadapi guncangan dan getaran saat berjalan. Selain itu, kerusakan pada per sumpitan juga dapat memperburuk performa pengereman mobil dan membuat mobil terasa tidak stabil saat bermanuver.

  1. Bushing yang Rusak

Bushing adalah bantalan yang terdapat pada kaki-kaki mobil untuk mengurangi gesekan antara bagian-bagian yang bergerak. Jika bushing rusak atau aus, maka akan terjadi kelonggaran pada sambungan tersebut, sehingga menghasilkan masalah kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek ketika mobil bergerak.

Penyebab kerusakan pada bushing bisa bervariasi, seperti usia yang sudah tua, kurangnya perawatan, atau kerusakan akibat kecelakaan. Jika bushing rusak atau aus, maka dapat mempengaruhi kemampuan mobil untuk menyerap getaran dan guncangan saat berjalan. Selain itu, kerusakan pada bushing juga dapat memperburuk performa pengereman mobil dan membuat mobil terasa tidak stabil saat bermanuver.

Baca Juga: 6 Faktor Penyebab Bushing Arm Mobil Rusak

  1. Roda yang Tidak Terpasang dengan Baik

Jika roda tidak terpasang dengan baik pada kaki-kaki mobil, maka akan terjadi kelonggaran pada sambungan tersebut, sehingga menghasilkan masalah kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek saat mobil bergerak.

Penyebab roda tidak terpasang dengan baik bisa bervariasi, seperti kurangnya perawatan, keausan pada baut dan mur roda, atau kesalahan dalam memasang roda. Jika roda tidak terpasang dengan baik, maka dapat mempengaruhi kemampuan mobil untuk menghadapi guncangan dan getaran saat berjalan. Selain itu, kerusakan pada roda juga dapat memperburuk performa pengereman mobil, membuat mobil terasa tidak stabil saat bermanuver, dan bahkan dapat menyebabkan kecelakaan. Oleh karena itu, penting untuk selalu memastikan roda terpasang dengan baik pada kaki-kaki mobil dan melakukan perawatan secara rutin agar mobil tetap aman dan nyaman saat digunakan.

Atasi Masalah Kaki-kaki Mobil Bunyi Kletek-kletek dengan Segera Hanya di Rustpro!

Dalam menghadapi masalah kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek, pengemudi harus segera mengidentifikasi penyebabnya dan melakukan perbaikan secepat mungkin. Selain dapat mempengaruhi kenyamanan dan performa mobil, masalah pada kaki-kaki mobil juga dapat menyebabkan kecelakaan yang berbahaya.

Salah satu solusi untuk mencegah munculnya masalah kaki-kaki mobil bunyi kletek-kletek adalah dengan mengaplikasikan lapisan anti karat mobil di Rustpro.

Kaki-kaki mobil seringkali menjadi komponen yang terpapar oleh debu hingga air genangan yang membuatnya lebih mudah terkena karat dan keropos. Jika kaki-kaki mobil sudah keropos, biasanya muncul masalah seperti bunyi kletek-kletek pada komponen ini.

Pengaplikasian anti karat mobil di Rustpro mampu mencegah karat tumbuh di bagian kaki-kaki mobil. Berbahan dasar rubber atau karet, anti karat mobil Rustpro jauh lebih ampuh dalam mencegah karat karena lebih ringan, cepat kering, dan tahan hingga di suhu tinggi sekalipun.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Cirebon, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat
  2. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  3. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Seringkali layanan anti karat mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau hubungi di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho. Jangan lupa, garansi anti karat mobil di Rustpro sampai 8 tahun dan bisa diklaim di seluruh cabang Rustpro di Indonesia!

RUSTPRO

It's My Responsibility