❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

6 Cara Cek Mobil Bekas dari Tampilan Bodinya

Cara Cek Mobil Bekas dari Tampilan Bodinya

Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin memiliki mobil berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, penting untuk tahu cara cek mobil bekas di bagian bodinya terlebih dahulu. Bagian bodi mobil dapat memberikan banyak informasi tentang keadaan mobil bekas tersebut, mulai dari kondisi mesin, interior, hingga sejarah kendaraan.

Cara Cek Mobil Bekas dari Bagian Bodinya

Mencari mobil bekas bisa menjadi pilihan yang sangat menarik untuk mendapatkan kendaraan berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan Anda paham cara cek mobil bekas di bagian bodi mobilnya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam melakukan cara cek mobil bekas dari bagian bodinya:

  1. Periksa Kualitas Cat Mobil

Periksa kualitas cat mobil secara menyeluruh, baik itu di bagian depan, samping, atau belakang mobil untuk cara cek mobil bekas di bagian bodinya. Periksa apakah ada goresan atau retakan di permukaan cat mobil, karena hal ini bisa menjadi tanda bahwa mobil pernah mengalami kecelakaan atau bahkan pernah terendam banjir. Cat mobil yang terlihat mengkilap atau mulus mungkin menunjukkan bahwa mobil tersebut dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya. Namun, pastikan bahwa warna cat mobil konsisten dan tidak ada perbedaan warna yang mencolok di antara bagian mobil. Hal ini bisa menjadi indikasi bahwa mobil pernah dilakukan pengecatan yang tidak profesional atau tidak berkualitas.

  1. Periksa Kondisi Kaca Mobil

Kaca mobil adalah salah satu bagian yang paling penting dari kendaraan dan tak boleh terlewat untuk cara cek mobil bekas di bagian bodinya, karena kaca mobil yang buram atau retak bisa mengganggu pandangan Anda saat mengemudi dan bisa menjadi masalah besar di kemudian hari. Periksa keadaan kaca mobil dari dekat dan perhatikan apakah ada goresan atau retakan pada permukaannya. Selain itu, pastikan bahwa kaca mobil tidak terlalu buram atau keruh, karena hal ini bisa menjadi tanda bahwa mobil tidak dirawat dengan baik atau mungkin ada masalah pada sistem pendingin mobil atau kualitas udara di sekitar mobil.

  1. Periksa Kondisi Lampu Mobil

Lampu mobil adalah salah satu fitur penting yang harus diperhatikan saat cara cek mobil bekas dari bagian bodinya. Pastikan semua lampu mobil, seperti lampu depan, lampu belakang, rem, dan lampu sein berfungsi dengan baik. Jika ada lampu yang tidak berfungsi, tanyakan kepada penjual mobil apakah itu bisa diperbaiki atau perlu diganti. Selain itu, pastikan juga bahwa lampu mobil tidak rusak atau pecah, karena hal ini bisa mengganggu pandangan Anda saat mengemudi dan bisa menjadi masalah di kemudian hari. Lampu mobil yang masih terlihat baru atau memiliki kualitas yang baik bisa menjadi tanda bahwa mobil tersebut dirawat dengan baik oleh pemilik sebelumnya.

Baca Juga: 10 Alasan Detailing Lampu Mobil Penting Bagi Keselamatan

  1. Periksa Kondisi Ban Mobil

Ban mobil adalah salah satu bagian penting dari kendaraan Anda dan diperhatikan dalam cara cek mobil bekas di bagian bodinya, karena ban yang aus atau rusak bisa mengganggu kenyamanan Anda saat mengemudi dan bahkan bisa membahayakan keselamatan Anda. Pastikan untuk memeriksa kondisi ban mobil dengan cermat, termasuk kedalaman tapak ban dan kondisi permukaan ban. Jika terdapat tanda-tanda aus atau kerusakan pada ban, tanyakan kepada penjual mobil apakah itu bisa diperbaiki atau perlu diganti. Pastikan juga bahwa semua ban mobil memiliki tekanan udara yang sesuai dengan standar pabrik, karena tekanan udara yang kurang bisa menyebabkan ban mobil cepat aus dan berdampak buruk pada kenyamanan dan keamanan Anda saat mengemudi.

  1. Periksa Keadaan Bodi Mobil

Periksa keadaan bodi mobil dengan cermat dan perhatikan apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti baret, goresan, atau dent. Dalam cara cek mobil bekas di bagian ini, pastikan juga bahwa panel mobil terlihat rata dan tidak ada tanda-tanda bahwa mobil pernah mengalami kecelakaan atau pernah diperbaiki. Jika ada tanda-tanda seperti itu, tanyakan kepada penjual mobil apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan atau pernah diperbaiki.

Selain itu, pastikan bahwa semua pintu dan jendela mobil terbuka dan tertutup dengan baik. Periksa juga keadaan pintu mobil, apakah ada bagian yang terlihat aus atau cacat. Jangan lupa untuk memeriksa bagian bawah mobil, terutama di bawah pintu dan roda, untuk melihat apakah ada tanda-tanda karat atau kerusakan lainnya. Kebanyakan mobil bekas memiliki beberapa goresan atau cacat kecil pada bodinya, tetapi pastikan bahwa hal ini tidak terlalu signifikan dan tidak berdampak pada fungsi mobil secara keseluruhan.

  1. Periksa Interior Mobil

Periksa juga interior mobil untuk memastikan bahwa mobil tersebut nyaman untuk dikendarai saat lakukan cara cek mobil bekas di bagian bodinya. Pastikan bahwa kursi mobil dalam kondisi baik dan tidak rusak atau kotor. Periksa juga dashboard mobil, apakah semua instrumen dan lampu indikator berfungsi dengan baik. Jangan lupa untuk memeriksa sistem pendingin mobil dan AC, pastikan semua berfungsi dengan baik dan dapat mengeluarkan udara dingin. Selain itu, pastikan juga bahwa sistem audio mobil berfungsi dengan baik, termasuk radio dan CD player. Hal ini mungkin terdengar sepele, tetapi pastikan bahwa semua fitur interior mobil berfungsi dengan baik dapat membantu Anda menemukan mobil bekas yang berkualitas.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Cara Cek Mobil Bekas dan Perawatannya yang Terpercaya Hanya di Rustpro!

Pastikan untuk mengetahui kondisi mobil secara menyeluruh pada mobil bekas yang akan Anda beli dengan percayakan layanan inspeksi mobil terpercaya hanya dari Chekko di Rustpro.

Chekko adalah satu pilihan jasa inspeksi mobil paling tepat yang bisa Anda tuju. Chekko menggunakan peralatan paing canggih terkini, ditangani oleh teknisi yang ahli, serta menggunakan SOP sistematis dalam pemeriksaannya. Selain itu, Anda akan langsung mendapatkan bukti kondisi mobil serta sertifikatnya dalam bentuk fisik dan digital yang hasilnya keluar dengan cepat.

Jika ternyata ada permasalahan karat pada bagian komponen mobil—seperti kolong mobil dan fender roda—pastikan untuk segera membersihkan karat dengan rust remover dan mengaplikasikan anti karat mobil di Rustpro.

Rustpro menggunakan anti karat mobil berbahan dasar rubber atau karet yang jauh lebih kuat, tahan lama, ringan, dan tahan panas di suhu tinggi sekalipun. Kualitasnya sudah sangat terbukti dan terjamin, berkata danya masa garansi hingga 8 tahun yang bisa diklaim di seluruh cabang Rustro di Indonesia.

Pastikan untuk reservasi terelebih dahulu via WhatsApp untuk pengaplikasian anti karat Rustpro di 0813-1150-2678 (atau hubungi di sini). Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho.

Penutup

Demikian cara cek mobil bekas dari bagian bodinya dan beberapa hal penting yang perlu diperiksa sebelum membeli mobil bekas. Meskipun lakukan cara cek mobil bekas bisa memakan waktu dan usaha, namun hal ini sangat penting untuk menghindari biaya perbaikan yang mahal dan membuat Anda merasa puas dengan mobil bekas yang Anda beli. Selalu lakukan pengecekan yang cermat dan jangan ragu untuk bertanya kepada penjual mobil jika Anda memiliki pertanyaan atau kekhawatiran tentang mobil bekas tersebut.

Pastikan untuk melakukan pemeriksaan dan perawatan untuk mobil bekas yang akan Anda beli pada bengkel terpercaya hanya di Rustpro!

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility