❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

6 Faktor Penyebab Karatan pada Mobil Baru

6 Faktor Penyebab Karatan pada Mobil Baru

Mobil baru adalah investasi yang mahal, jadi penting untuk memastikan bahwa mobil tersebut tetap terawat dan terlindungi agar tidak rusak atau terkena karat. Meskipun mobil baru biasanya telah dilapisi dengan pelindung anti-karat, ada beberapa penyebab karat pada mobil baru yang perlu diperhatikan.

Penyebab Karatan pada Mobil Baru

Jangan sampai karatan pada mobil baru yang Anda dapatkan membuat euforia dapatkan mobil baru jadi terganggu, pahami apa yang menjadi penyebabnya untuk segera berikan penanganan yang paling tepat. Nah, berikut adalah penyebab mengapa bisa terjadi karatan pada mobil baru Anda.

  1. Paparan Air dan Kelembapan

Paparan air dan kelembapan adalah salah satu penyebab utama munculnya karat pada mobil baru. Air dan kelembapan dapat menyebabkan karat pada mobil yang disebabkan oleh oksidasi pada permukaan mobil. Hal ini terutama terjadi pada bagian-bagian mobil yang mudah menahan kelembapan, seperti bagian bawah mobil, bagian bawah pintu, dan roda. Kelembapan yang tinggi juga dapat menyebabkan karat, terutama pada mobil yang sering disimpan di tempat yang lembap atau tidak terlindungi. Jika tidak segera diatasi, karat dapat menyebar ke seluruh bagian mobil dan merusak tampilan mobil.

Untuk menghindari karat pada mobil yang disebabkan oleh paparan air dan kelembapan, disarankan untuk menjaga mobil tetap kering. Hindari meletakkan mobil di tempat yang lembap dan pastikan untuk selalu mengeringkan mobil setelah terkena air hujan atau cuci mobil. Anda juga bisa melakukan pelapisan anti-karat pada bagian-bagian yang rentan terkena karat seperti bagian bawah mobil.

  1. Terkena Zat-zat Korosif

Zat-zat korosif seperti garam dan bahan kimia yang digunakan dalam proses pembersihan jalan juga dapat menjadi penyebab karat pada mobil baru. Ketika musim dingin, garam digunakan untuk mencairkan es di jalan raya, yang dapat menyebabkan korosi pada mobil. Zat-zat kimia yang digunakan dalam proses pembersihan jalan seperti asam sulfat, amonium, dan kalsium klorida juga dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan pelindung mobil, menyebabkan karat. Selain itu, penggunaan bahan kimia seperti pembersih kaca mobil yang mengandung amonia dapat merusak pelapisan pada bagian kaca mobil dan dapat menyebabkan karat pada kaca.

Untuk menghindari karat pada mobil yang disebabkan oleh zat korosif, hindari meletakkan mobil di tempat yang dekat dengan bahan kimia seperti garam dan hindari mengendarai mobil di tempat yang banyak dipenuhi air. Selain itu, hindari penggunaan bahan kimia yang berbahaya dan gunakan pembersih kaca mobil yang mengandung alkohol atau larutan ringan yang tidak merusak lapisan pelindung mobil.

  1. Cacat dalam Pelapisan

Cacat dalam pelapisan pada mobil dapat menjadi penyebab karat pada mobil baru. Pelapisan pada mobil yang tidak dilakukan dengan baik atau terdapat cacat dalam proses pelapisan dapat menyebabkan lapisan pelindung tidak merata dan tidak menutupi permukaan mobil secara sempurna. Hal ini akan memungkinkan air dan zat-zat korosif lainnya untuk menempel pada permukaan mobil dan menyebabkan karat. Kerusakan atau cacat pada pelapisan dapat terjadi pada mobil yang mengalami kecelakaan atau benturan, sehingga memungkinkan permukaan mobil terbuka dan rentan terkena karat. Selain itu, proses pelapisan yang tidak dilakukan dengan baik pada bagian mobil yang dilakukan perbaikan atau modifikasi dapat menyebabkan lapisan pelindung tidak merata dan dapat mempercepat terjadinya karat.

Untuk menghindari karat pada mobil yang disebabkan oleh cacat dalam pelapisan, pastikan bahwa mobil Anda dilapisi dengan pelindung anti-karat berkualitas dan dilakukan oleh ahli yang berpengalaman. Lakukan perbaikan atau modifikasi pada bagian mobil yang dikelola oleh ahli dan pastikan bahwa proses pelapisan dilakukan dengan baik agar lapisan pelindung dapat menutupi permukaan mobil secara sempurna dan tidak meninggalkan celah untuk air atau zat-zat korosif lainnya untuk menempel pada permukaan mobil.

  1. Goresan dari Serpihan Batu dan Kerikil

Serpihan batu dan kerikil di jalan raya dapat menjadi penyebab karat pada mobil baru. Ketika mobil melaju di jalan, serpihan batu dan kerikil dapat terlempar ke permukaan mobil dan menyebabkan goresan atau bahkan karat jika lapisan pelindung tidak cukup tebal. Beberapa bagian mobil yang rentan terkena serpihan batu dan kerikil meliputi bagian bawah mobil, bodi samping, dan bagian bawah pintu.

Untuk menghindari karat pada mobil yang disebabkan oleh serpihan batu dan kerikil, pastikan bahwa mobil Anda dilengkapi dengan pelindung seperti mud guard atau rock guard pada bagian bawah mobil dan bodi samping. Pelindung ini dapat membantu melindungi mobil dari serpihan batu dan kerikil yang terlempar saat mobil melaju di jalan. Selain itu, hindari mengemudi terlalu dekat dengan kendaraan lain dan hindari melaju pada jalan yang memiliki banyak serpihan batu atau kerikil.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Baca Juga: Cara Hindari Kerusakan Cat Mobil Kena Kerikil

  1. Tumpukan Debu dan Kotoran

Tumpukan debu dan kotoran pada permukaan mobil dapat menahan kelembapan dan menyebabkan karat. Kotoran yang menumpuk pada permukaan mobil dapat menahan kelembapan dan menyebabkan korosi. Kotoran dan debu yang menumpuk pada bagian bawah mobil juga dapat menyebabkan karat, terutama jika mobil sering digunakan pada lingkungan yang berdebu atau berpasir.

Untuk menghindari karat pada mobil yang disebabkan oleh tumpukan debu dan kotoran, pastikan bahwa mobil Anda selalu bersih dan teratur. Lakukan pencucian mobil secara teratur dan bersihkan bagian bawah mobil setelah mengemudi pada lingkungan yang berdebu atau berpasir. Hindari meletakkan mobil di tempat yang berdebu atau terkena kotoran seperti di pinggir jalan atau di sekitar pabrik atau bangunan industri. Selain itu, pastikan bahwa mobil Anda dilengkapi dengan pelindung anti-karat yang baik dan berkualitas untuk membantu melindungi mobil dari karat.

  1. Bekas Goresan dan Cacat pada Permukaan Mobil

Bekas goresan atau cacat pada permukaan mobil dapat menyebabkan karat jika lapisan pelindung mobil rusak atau terkelupas. Bekas goresan atau cacat pada permukaan mobil dapat membuat permukaan mobil rentan terhadap kelembapan dan zat korosif lainnya, sehingga memicu terjadinya karat. Bagian mobil yang sering terkena bekas goresan atau cacat meliputi bagian bawah pintu, bagian bawah mobil, dan bagian-bagian yang sering terkena benturan seperti bumper atau fender.

Untuk menghindari karat pada mobil yang disebabkan oleh bekas goresan atau cacat pada permukaan mobil, pastikan bahwa mobil Anda dilapisi dengan pelindung anti-karat yang baik dan berkualitas. Lakukan perbaikan atau penggantian pada bagian mobil yang terkena bekas goresan atau cacat secepat mungkin untuk menghindari terjadinya karat. Hindari menunda perbaikan karena karat yang dibiarkan terus berkembang dapat menyebabkan kerusakan yang lebih parah pada mobil.

Cegah Karatan pada Mobil Baru dengan Aplikasikan Anti Karat Mobil di Rustpro

Munculnya karat pada mobil baru memang membuat Anda selaku pengguna mobil jadi jengkel, bukan? Euforia kebahagian yang seharusnya Anda rasakan karena memiliki mobil baru berubah jadi perasaan sedih dan naik pitam.

Itulah mengapa penting untuk mengaplikasikan kembali anti karat mobil tambahan meskipun Anda baru membeli mobil tersebut secara baru dari dealer. Karena seringkali lapisan anti karat mobil bawaan dari pabrikan mobil dirasa kurang maksimal dalam berikan perlindungan.

Untuk dapatkan lapisan anti karat mobil terbaik kualitasnya, pastikan untuk mengaplikasikan lapisan anti karat mobil di bengkel spesialis anti karat mobil terbaik di Indonesia, Rustpro.

Rustpro menggunakan cairan anti karat berbahan dasar rubber atau karet yang jauh lebih unggul dibandingkan anti karat biasa yang terbuat dari tar dan aspal.

Biasanya anti karat dari aspal perlindungannya kurang ampuh jika dihadapkan dengan suhu tinggi dan paparan zat pelarut, seperti oli hingga bensin dan solar. Sedangkan anti karat berbahan dasar rubber atau karet dari Rustpro lebih tahan dari suhu tinggi, tak akan mengelupas dan luruh jika terpapar zat pelarut, dan juga bisa mengurangi suara bising dari bagian komponen mesin.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Cirebon, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Drajat, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat
    Maps: Klik di Sini
  2. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
    Maps: Klik di Sini
  3. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216
    Maps: Klik di Sini

Seringkali layanan anti karat mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho. Jangan lupa, garansi anti karat mobil di Rustpro sampai 8 tahun dan bisa diklaim di seluruh cabang Rustpro di Indonesia!

RUSTPRO

It's My Responsibility