Pertolongan Pertama Mobil Karatan

Pertolongan Pertama Mobil Karatan

Jika musim penghujan datang pasti banyak para owner mobil yang mengeluhkan genagan air dan lumpur yang ada di jalan. Tak heran sih jika seperti itu, karena ketika kita mencuci mobil pasti akan kotor lagi. Apalagi kemungkinan terjadinyanya korosi pada logam yang terdapat di dalam mobil akan semakin tinggi. Maka dari itu kita perlu tahu pertolongan pertama mobil karatan. Agar kita dapat meminimalisir terjadinya pengkaratan yang lebih parah pada mobil kita.

Padahal banyak dari para pemilik mobil yang memiliki impian mobil yang mereka miliki terbebas dari karat. Karena apabila mobil terbebas dari karat maka akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi daripada mobil yang terdapat karat di bawah kolong mobilnya .tetapi jika sudah terlanjur ada karat di mobil kita. kita perlu melakukan pertolongan pertama mobil karatan, dan hal tersebut dapat kita lakukan tanpa harus pergi ke bengkel.

Pertolongan Pertama Mobil Karatan

Pertolongan Pertama Mobil Karatan

Tidak sedikit dari kita Ketika menemukan sedikit karat di mobil, tidak segera melakukan tindakan untuk mencegah karat menyebar lebih luas. Padahal semakin lama karet di dalam mobil akan meluas, Hal tersebut diakibatkan karena paparan udara serta kelembaban udara yang tinggi. Hal tersebutlah yang mempercepat terjadinya oksidasi pada logam. Pertolongan pertama mobil karatan yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal tersebut adalah cara mencuci mobil sampai ke kolong-kolongnya.

Langkah-langkah Awal Sebagai Pertolongan Pertama Mobil Karatan

Untuk mencegah terjadinya korosi maka kamu harus sering membersihkan mobil secara berkala. Tetapi apabila sudah terlanjur berkarat maka harus segera dilakukan tindakan. Beberapa tindakan yang perlu kamu lakukan sebagai pertolongan pertama mobil karatan.

  1. Mengamplas bagian yang terkena karat

Jika karat sudah mulai menyebar ke berbagai bagian mobil, maka harus segala dilakukan tindakan untuk mencegah karat tersebut menyebar lebih luas. Mungkin salah satu langkah yang bisa kamu gunakan adalah mengamplas secara manual bagian yang sudah terkena karat. Apabila bagian yang terkena karat memiliki dimensi yang luas kamu bisa menggunakan sander dan grinder.

Apabila bagian yang berkarat sudah bersih, maka hal yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah melakukan pengecatan primer, kemudian dilapisi dengan cat untuk lapisan kedua dan di tutup dengan clear coat sebagai bagian finishing untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Dempul

Ternyata karat yang dibiarkan terlalu lama tanpa dilakukan pertolongan pertama mobil karatan akan berakibat fatal pada mobil kita. Bahkan hal yang paling parah adalah bank pada mobil yang diakibatkan oleh karat. Biasanya untuk menanggulangi Hal tersebut dilakukan proses pendempulan. Dimana proses pendempulan pada mobil biasanya dilakukan ketika mobil sudah mengalami berlubang yang di akibatkan oleh karat.

Untuk melakukannya hampir sama dengan mengamplas, yaitu menggunakan grinder untuk membersihkan karat yang menempel. Setelah bersih maka bank tersebut ditutup menggunakan dempul hingga tertutup sempurna. Setelah dempul mengeras langkah selanjutnya adalah melakukan pengecatan primer sebagai lapisan dasar. Dan di lanjutkan dengan cat lapisan kedua dan terakhir lakukan finishing.

  1. Cairan cuka

Kamu tahu cuka, ya cairan yang biasa digunakan untuk pelengkap masakan ini ternyata juga dapat digunakan untuk membersihkan karat pada mobil. Hal tersebut dikarenakan kandungan asam asetat dan asam sitrat yang mampu menghilangkan karat yang membandel. Caranya ada kamu lakukan pembongkaran pada bagian yang berkarat. Kemudian kalian rendam di dalam air cuka selama 2 hari.

Tetapi jika setelah dilakukan perendaman selama 2 hari saat masih terlihat maka dapat dipantulkan perancangan sampai karate hilang. Kamu bisa menggunakan sikat untuk membantu membersihkan sisa karat yang masih menempel.

  1. Lemon

Siapa yang mengira bahwa buah yang satu ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan karat dari mobil. Lemon memiliki zat yang sangat efektif untuk menghilangkan karat karat mobil, meskipun biasanya lemon juga digunakan untuk menghilangkan noda yang membandel pada baju. Dan untuk cara menghilangkan karat dengan lemon adalah kamu hanya perlu memberikan garam di bagian yang berkarat.

Setelah semua sudah ditaburi dengan rata, maka langkah selanjutnya adalah kalian rendam bagian yang terkena karat di dalam air lemon. Setelah itu kalian sikat dan pada bagian yang berkarat sampai bersih. biasanya bagian yang bisa dilakukan pembersihan dengan metode ini adalah bagian-bagian yang dapat dilepas.

  1. Baking soda

Salah satu bahan yang biasanya digunakan untuk makanan ini ternyata juga mempunyai khasiat untuk menghilangkan noda-noda salah satunya adalah menghilangkan karat pada mobil. Jika kamu ingin menggunakan bahan ini untuk menghilangkan karat maka caranya sangatlah mudah. kamu Siapkan air yang dicampur dengan baking soda. Kemudian kamu celupkan sikat dan kamu sikat bagian yang berkarat pada mobil dengan air yang sudah dicampur dengan baking soda.

Dibaca Juga: Bagaimana Sih Cara Penghilangan Karat Mobil Agar Terhindar dari Karat yang Membandel

Lakukan Langkah Ini Beberapa Kali Sampai Menghasilkan hasil yang maksimal

  • Menggunakan Rustpro

Selain ke 5 tips di atas, kamu juga dapat menggunakan cairan permbersih karat Ruspro ini. gimana Ruspro sudah dipercaya banyak orang sebagai anti karat pada kapal. Maka saat ini Ruspro juga hadir untuk membasmi karat pada mobil.

Ke enam langkah di atas adalah merupakan upaya untuk melakukan pertolongan pertama mobil karatan. Setelah kita membahas masalah cara penangana karat pada mobil, kita akan membahas tentang bagaimana cara mencegah agar mobil kita tidak berkarat.

  • Periksa wheel well mobil kamu

Biasanya karat akan muncul pada komponen yang satu ini. tak lain karena pada komponen ini sering sekali kotor. Dan letaknya yang sulit di jangkau mengakibatkan banyak orang tidak begitu memperhatikannya. Jika kamu pernah mendengar saran dari pada produsen ban untuk melakukan rotasi pada jarak tertentu. Sebenarnya bukan tanpa alasan mereka menyarankan seperti itu, karena agar karat pada ruang roda dapat di ketahui dan di lakukan tindakan pertolongan pertama mobil karatan.

  • Cek pada samnbungan-sambungan pada komponen mobil

Hal ini perlu di lakukan karena biasanya awal karat muncul adalah pada sambungan-sambungan logam. Karena karat dapat muncul pada bagian itu adalah karena terjadi gesekan-gesekan yang mengikis anti karat pada komponen tersebut.

  • Periksa bagian dasar pada mobil

Kenapa kamu perlu memeriksa bagian bawah mobil. Karena sesungguhnya pada bagian bawah mobil memiliki beban yang lebih berat di banding dengan bagian yang lain. Itu yang menyebabkan karat mudah menyerang logam pada mobil. Terlebih lagi bagi kamu yang tinggal di pesisir pantai, dimana biasanya air laut sering naik ke darat dan sampai ke jalan-jalan.

Sebenarnya ada langkah-langkah untuk kita menghindari karat pada mobil pertolongan pertama mobil karatan. Tetapi jika langkah pencegahan tidak bisa mengatasi karat pada mobil dan mulai menyebar, kita butuh melakukan pertolongan pertama mobil karatan. Agar karat tidak meluas kemana-mana dan merugikan kamu sebagai pemilik mobil

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.