❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ragam Tips Menjaga Harga Jual Mobil Bekas

Ragam Tips Menjaga Harga Jual Mobil Bekas

Bagi Anda yang tertarik untuk menjual mobil, Anda tentu harus memperhatikan tips menjaga harga jual mobil bekas. Tips semacam ini tentu sangat penting karena dengan demikian Anda bisa mempertahankan harga jualnya. Oleh sebab itu, berikut telah kami rangkum penjelasan lengkap mengenai tips menjaga harga jual mobil bekas di bawah ini.

Ragam Tips Menjaga Harga Jual Mobil Bekas

  • Rawat Eksterior Mobil Anda

Tips menjaga harga jual mobil bekas yang pertama adalah merawat eksterior mobil. Jika Anda ingin mendapatkan harga tertinggi untuk mobil Anda ketika tiba saatnya untuk menjual, maka Anda perlu merawat pekerjaan catnya. Perubahan warna dan pemudaran dapat terjadi dengan cepat jika cat tidak dirawat dengan baik. Apabila tampilan eksterior mobil berubah drastis, sangat sulit untuk diperbaiki. Oleh karena itu mencuci, polishing, dan waxing secara teratur adalah kunci untuk menjaga mobil baru Anda tetap bersinar.

Untuk menjaga mobil Anda tetap bersih dan mencegah korosi, cucilah secara teratur, mengikuti metode dua ember (1 ember sabun dan 1 ember bilas). Untuk noda yang lebih keras, gunakan alat pemoles berkualitas tinggi sampai noda hilang. Anda juga harus merencanakan untuk waxing kendaraan Anda dua kali setahun, sekali sebelum musim hujan dimulai dan sekali lagi saat musim kemarau dimulai, dengan produk wax keras berkualitas baik.

  • Jangan Lupakan Velg Roda

Tips menjaga harga jual mobil bekas yang kedua adalah dengan memperhatikan tampilan velg roda. Satu set velg yang bersih selalu memuaskan untuk dilihat. Selain itu, calon pembeli pasti akan memperhatikannya. Tidak hanya membuat mobil tampak keren, tetapi velg mengkilap juga dapat mengatakan banyak tentang seberapa baik mobil telah dikendarai dan dirawat secara umum.

Karena terus-menerus digunakan, velg roda dapat dengan cepat dilapisi oleh endapan jalan yang berbahaya dan debu rem. Jika tidak dibersihkan secara teratur, dapat menyebabkan korosi, karat, lubang, dan perubahan warna. Untuk membersihkan velg roda Anda tanpa merusaknya lebih lanjut, bilas dengan pembersih ringan bila memungkinkan.

  • Bersihkan Lampu Depan

Tips menjaga harga jual mobil bekas yang ketiga adalah dengan membersihkan lampu depan. Kerusakan akibat goresan dan lecet membuat lampu depan terlihat tidak menarik dan menghambat seberapa banyak cahaya yang dipancarkan. Meskipun banyak pengemudi membersihkan lampu depan mobil mereka sebagai bagian dari rutinitas pembersihan, komponen ini tetap harus dibersihkan secara mendalam secara terpisah setiap beberapa bulan. Ada sejumlah produk yang dipasarkan khusus untuk tujuan ini.

Jika lampu mobil Anda tampak redup bahkan setelah dibersihkan dengan baik, bisa jadi karena aki atau alternator yang rusak. Perbaiki ini sebelum Anda mencoba dan menjual mobil Anda.

  • Perbaiki Penyok dan Goresan

Tips menjaga harga jual mobil bekas yang keempat adalah dengan memperbaiki penyok dan goresan. Banyak orang berpikir bahwa penyok dan goresan pada bagian luar mobil mereka tidak masalah jika kendaraan itu sudah tua atau jika mereka tidak berencana untuk menjualnya.

Namun, masalah ini dapat mengakibatkan penurunan nilai jual yang signifikan dan menyebabkan calon pembeli menjadi tidak tertarik. Selain itu, karat dan korosi dapat berkembang dari penyok dan goresan ini, yang dapat dilihat dengan mudah oleh pembeli yang berpengalaman. Akibatnya, Anda kemungkinan akan menerima penawaran dengan harga yang lebih rendah untuk mobil Anda yang rusak.

  • Jaga Kondisi Interior

Tips menjaga harga jual mobil bekas selanjutnya adalah dengan menjaga kondisi interior. Interior mobil Anda mengalami banyak penurunan kondisi selama masa pakainya. Goresan, debu, noda, dan bau tak sedap semuanya dapat berdampak besar pada nilai jual kembali Anda. Merawat interior Anda sama pentingnya dengan mencuci dan waxing eksterior, dan itu harus menjadi bagian dari rutinitas pembersihan rutin Anda.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Pertama, gunakan alat vakum untuk menghilangkan debu dan kotoran dari karpet dan jok interior mobil dengan memberikan perhatian ekstra pada area yang sulit dijangkau. Jika keset lantai terlihat sedikit lebih buruk untuk dipakai, pertimbangkan untuk menggantinya sebelum menjualnya. Detail kecil seperti ini dapat membantu meningkatkan nilai jualnya.

Untuk membersihkan jok kulit, gunakan pembersih kain yang akan membantu menghilangkan noda dan bau tak sedap. Untuk membersihkan permukaan kaca interior, gunakan pembersih kaca khusus. Untuk mengembalikan tampilan dasbor, gunakan tisu basah atau lap khusus. Terakhir, gunakan pembersih udara dan masukkan pengharum ruangan untuk membuat bagian dalam mobil harum bagi calon pembeli.

BACA JUGA: Jelang Musim Hujan, Inilah 4 Tips Merawat Mobil Saat Musim Hujan

Beberapa Pertimbangan dalam Tips Menjaga Harga Jual Mobil Bekas

  • Jual mobil Anda sebelum mencapai tonggak jarak tempuh

Pertimbangan pertama dalam tips menjaga harga jual mobil bekas adalah menjualnya sebelum mencapai tonggak jarak tempuh. Calon pembeli kendaraan bekas umumnya mempertimbangkan kendaraan yang berada dalam rentang tahun dan jarak tempuh tertentu.

Misalnya, mobil bekas dengan jarak kurang dari 50.000 km pada odometer akan menarik lebih banyak pembeli potensial dengan penawaran lebih tinggi daripada mobil dengan jarak lebih dari 50.000 km. Hal yang sama dapat dikatakan untuk 80.000 km, 100.000 km, dan lain-lain. Menjual mobil bekas Anda sebelum mencapai tonggak jarak tempuh yang besar selalu merupakan ide yang bagus.

  • Jual mobil Anda sebelum tahun model baru dimulai

Pertimbangan kedua dalam tips menjaga harga jual mobil bekas adalah dengan menjual mobil Anda sebelum tahun model baru dimulai. Sebagian besar produsen mobil mendesain ulang model setiap beberapa tahun. Saat model-model baru itu dirilis, keinginan dan nilai model lama bisa turun drastis. Menjual sebelum mereka merilis model baru dapat membantu Anda memeras lebih banyak uang dari mobil bekas Anda.

  • Jual mobil Anda saat kondisi pasar tepat

Pertimbangan ketiga dalam tips menjaga harga jual mobil bekas adalah dengan menjual mobil Anda ketika kondisi pasar tepat. Jika Anda menjual mobil secara lokal, waktu terbaik untuk menjual mobil dapat berubah tergantung di mana Anda tinggal. Anda harus mendapatkan cukup banyak pengetahuan seputar pasar mobil bekas lokal untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang nilai jual kembali mobil Anda.

Secara keseluruhan, pasar saat ini sedang dipengaruhi oleh masalah rantai pasokan global pada penjualan mobil baru. Ini menjadikannya waktu yang tepat untuk penjualan mobil bekas. Penawaran dan permintaan adalah bagian utama dari pasar, jadi ingatlah itu saat memilih kapan harus mengambil risiko.

Rekomendasi Tips Menjaga Harga Jual Mobil Bekas

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ada beberapa tips menjaga harga jual mobil bekas yang bisa dilakukan untuk menjaga harga nilai jual. Tips terbaik yang bisa dilakukan untuk menjaga harga jual mobil bekas adalah dengan membawa mobil Anda untuk perawatan ke RustPro. Di RustPro, Anda akan mendapatkan layanan perawatan mobil terbaik. Semua jenis perawatan bisa Anda dapatkan di sini. Dan yang paling penting adalah semua layanan dikerjakan oleh para ahli di bidangnya masing-masing dan dijamin beres.

Untuk mendapatkan layanan terbaik dari RustPro, silahkan lakukan reservasi terlebih dahulu ke customer service RustPro melalui WhatsApp (klik di sini). Atau datang langsung ke cabang layanan RustPro terdekat di kota Anda.

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai tips menjaga harga jual mobil bekas. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memang ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga nilai jual mobil bekas. Akan tetapi, cara terbaik adalah dengan melakukan perawatan eksterior kendaraan secara berkala di bengkel terpercaya seperti RustPro agar hasilnya dapat menjadi maksimal.

Referensi:

How to Sell Your Car: What You Need To Know – USNews. Tautan: https://cars.usnews.com/cars-trucks/advice/how-to-sell-your-car (Diakses: 3 Desember 2022)

RUSTPRO

It's My Responsibility