❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

7 Tips Bikin Mobil Irit BBM saat Mudik Nanti

7 Tips Bikin Mobil Irit BBM saat Mudik Nanti

Pulang kampung atau mudik menjadi momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang, terlebih lagi setelah masa pandemi yang membuat kita terisolasi dari keluarga dan kerabat. Namun, perjalanan mudik yang jauh dengan mobil pribadi tentu akan memakan banyak biaya, terutama dalam penggunaan bahan bakar. Oleh karena itu, perlu adanya tips dan trik untuk membuat mobil Anda lebih irit BBM saat dipakai mudik. Berikut adalah beberapa cara bikin mobil irit BBM yang dapat Anda coba terapkan pada mobil Anda agar perjalanan mudik menjadi lebih hemat dan terasa menyenangkan.

Tips Bikin Mobil Irit BBM saat Mudik

Meskipun mudik memberikan kebahagiaan tersendiri, namun seringkali diiringi dengan biaya yang tidak sedikit, salah satunya adalah biaya bahan bakar yang dikeluarkan untuk perjalanan. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda membuat mobil irit bahan bakar saat dipakai mudik.

  1. Periksa Kondisi Mesin dan Komponen Mobil

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan bahwa mesin dan komponen mobil Anda berada dalam kondisi yang baik dan prima. Pastikan bahwa oli mesin, air radiator, dan sistem bahan bakar telah terisi penuh dan dalam kondisi yang baik. Jangan lupa untuk memeriksa tekanan ban mobil. Tekanan ban yang tidak sesuai dapat mengurangi efisiensi bahan bakar dan menambah beban pada mesin mobil.

Pastikan juga untuk memeriksa apakah terdapat kebocoran pada sistem bahan bakar atau radiator mobil Anda. Kebocoran pada sistem bahan bakar dapat menyebabkan hilangnya bahan bakar yang seharusnya digunakan oleh mesin. Sedangkan kebocoran pada sistem pendingin mesin dapat menyebabkan mesin mobil menjadi overheat dan membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak untuk mendinginkannya.

  1. Hindari Beban yang Berlebihan

Bawa hanya barang-barang yang benar-benar diperlukan dan hindari membawa barang yang berlebihan. Semakin berat beban yang dibawa, semakin berat pula beban yang harus ditanggung oleh mesin mobil Anda, sehingga semakin banyak bahan bakar yang akan terkuras. Jangan lupa untuk meratakan beban yang dibawa pada mobil Anda. Sebisa mungkin, letakkan beban yang lebih berat di bagian bawah dan dekat dengan sumbu roda agar mobil Anda lebih stabil dan tidak mudah terguncang.

Selain itu, pastikan bahwa posisi beban yang dibawa tidak menghalangi visibilitas pengemudi. Pengemudi harus tetap dapat melihat jalan dan lalu lintas di sekitar mobil dengan jelas agar dapat menghindari bahaya dan mengemudikan mobil dengan aman.

  1. Gunakan Teknik Mengemudi yang Benar

Gunakan teknik mengemudi yang benar seperti menjaga kecepatan stabil, menghindari percepatan dan pengereman mendadak, dan memanfaatkan momentum saat meluncur turun bukit. Menghindari percepatan dan pengereman mendadak dapat membantu menghemat bahan bakar karena semakin sering melakukan aksi tersebut, semakin banyak bahan bakar yang terbuang.

Memanfaatkan momentum saat meluncur turun bukit dapat membantu menghemat bahan bakar karena mesin mobil tidak perlu bekerja keras untuk mempertahankan kecepatan. Namun, pastikan bahwa Anda tetap menjaga kendali mobil dan tidak melampaui batas kecepatan yang aman.

Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi jalan dan lalu lintas di sekitar Anda. Jika terdapat jalan yang rusak atau macet, sebaiknya mengurangi kecepatan dan tetap tenang. Mengemudi dengan tenang dan santai dapat membantu menghemat bahan bakar dan membuat perjalanan menjadi lebih nyaman.

  1. Perhatikan Kebersihan Filter Udara dan Busi

Pastikan bahwa filter udara dan busi mobil Anda dalam kondisi yang bersih dan baik, karena keduanya berperan penting dalam penggunaan bahan bakar yang efisien. Filter udara yang kotor atau tersumbat akan menghambat aliran udara dan mengurangi efisiensi bahan bakar. Busi yang kotor atau rusak akan mengurangi pembakaran yang efisien, sehingga lebih banyak bahan bakar yang terbuang.

Untuk memastikan filter udara dalam kondisi yang baik, periksa apakah filter udara telah kotor atau tersumbat. Jika iya, bersihkan atau ganti filter udara sebelum perjalanan. Hindari menggunakan filter udara yang sudah terlalu kotor atau sudah habis masa pakainya karena dapat mengurangi efisiensi bahan bakar.

Sedangkan untuk memastikan busi dalam kondisi yang baik, pastikan bahwa busi tidak kotor atau rusak. Jika busi kotor, bersihkan atau ganti busi sebelum perjalanan. Jangan lupa untuk memeriksa apakah kabel busi dan sistem pengapian dalam kondisi yang baik. Kabel busi yang rusak atau sistem pengapian yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengurangi efisiensi bahan bakar.

  1. Gunakan Bahan Bakar yang Berkualitas Baik

Gunakan bahan bakar yang berkualitas baik, karena bahan bakar yang buruk dapat mengurangi efisiensi bahan bakar dan merusak mesin mobil Anda. Pastikan bahwa bahan bakar yang Anda gunakan sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Gunakan bahan bakar dengan oktan yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Anda. Bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi daripada yang diperlukan tidak akan meningkatkan performa mesin mobil Anda, tetapi malah dapat mengurangi efisiensi bahan bakar.

Hindari juga mengisi bahan bakar pada saat suhu udara sangat panas, karena tekanan pada tangki bahan bakar akan berkurang dan dapat mengurangi jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam mesin. Pilihlah stasiun pengisian bahan bakar yang terpercaya dan menggunakan bahan bakar berkualitas baik. Jangan lupa untuk memeriksa kembali kondisi tangki bahan bakar dan selang bahan bakar sebelum memasukkan bahan bakar ke dalam mobil.

Baca Juga: Bikin Boncos Budget, Ini Penyebab Bahan Bakar Boros

  1. Gunakan AC Mobil Sewajarnya

Menggunakan AC mobil sewajarnya dapat membantu menghemat bahan bakar dan membuat mobil Anda lebih irit BBM. Namun, penggunaan AC mobil yang berlebihan dapat memperburuk konsumsi bahan bakar dan membuat mobil Anda lebih boros BBM. Berikut adalah penjelasan mengapa menggunakan AC mobil sewajarnya dapat membantu menghemat bahan bakar.

Pertama, penggunaan AC mobil yang berlebihan dapat meningkatkan beban pada mesin mobil. Semakin besar beban pada mesin mobil, semakin banyak bahan bakar yang akan digunakan. Saat AC mobil dinyalakan, kompresor AC akan bekerja keras untuk menghasilkan udara dingin. Semakin lama AC mobil dinyalakan, semakin besar beban pada kompresor AC dan semakin besar konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan AC mobil hanya saat diperlukan dan matikan AC mobil saat tidak diperlukan.

Kedua, penggunaan AC mobil yang berlebihan dapat memperburuk aerodinamika mobil. Saat AC mobil dinyalakan, jendela mobil akan ditutup untuk menjaga suhu di dalam mobil agar tetap dingin. Hal ini dapat memperburuk aerodinamika mobil dan membuat mesin mobil bekerja lebih keras untuk menjaga kecepatan mobil. Saat AC mobil mati, sebaiknya buka jendela mobil dan biarkan udara luar masuk ke dalam mobil. Hal ini dapat membantu meningkatkan aerodinamika mobil dan mengurangi beban pada mesin mobil.

  1. Gunakan Kaca Film Mobil Berkualitas Terbaik dari Domo Film

Menggunakan kaca film mobil berkualitas bagus dapat membantu membuat mobil lebih irit BBM saat dipakai mudik. Kaca film mobil berkualitas bagus dapat membantu mengurangi panas yang masuk ke dalam mobil, sehingga Anda tidak perlu menyalakan AC mobil terlalu sering. Selain itu, kaca film mobil berkualitas bagus juga dapat membantu melindungi interior mobil dari sinar UV yang berbahaya.

Panas matahari yang masuk ke dalam mobil dapat meningkatkan suhu di dalam mobil dan membuat AC mobil bekerja lebih keras. Hal ini dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar yang lebih besar. Namun, dengan menggunakan kaca film mobil berkualitas bagus, Anda dapat mengurangi panas yang masuk ke dalam mobil dan mengurangi beban pada AC mobil. Hal ini dapat membantu menghemat bahan bakar dan membuat mobil lebih irit BBM.

Selain itu, kaca film mobil berkualitas bagus juga dapat membantu melindungi interior mobil dari sinar UV yang berbahaya. Sinar UV dapat merusak interior mobil, seperti dashboard dan kursi mobil. Jika interior mobil rusak, Anda harus menggantinya dengan yang baru, yang dapat menjadi biaya yang tidak sedikit. Namun, dengan menggunakan kaca film mobil berkualitas bagus, Anda dapat melindungi interior mobil dari sinar UV dan mengurangi risiko kerusakan pada interior mobil. Hal ini dapat membantu menjaga kualitas interior mobil dan mengurangi biaya perawatan mobil.

Salah satu produk kaca film yang kualitas dan kredibilitasnya sudah banyak dipercaya oleh banyak pengguna mobil di Indonesia adalah Domo Film dari Rustpro.

Domo Film ini memiliki teknologi khusus Nano Armor Technology yang membuat kaca film mobil dari Domo Film mampu melindungi dari efek sinar UV serta terik matahari hingga 99%. Fitur ini juga membuat kaca film mobil andalan dari Rustpro mampu menghalau radiasi inframerah yang sebabkan panas di suhu kabin mobil.

Tersedia dalam beberapa tingkat kegelapan 40%, 60%, dan 80%, sehingga bisa Anda pilih sesuai dengan preferensi dan aturan perundang-undangan yang berlaku. Domo Film juga hadir dalam dua varian warna, yakni Fuji (Hitam) dan Daisen (Biru).

Kegelapan dari Domo Film ini tak akan menganggu jarak pandang dari pengguna mobil sebab Domo Film sudah hadir dengan fitur Night Vision yang canggih, sehingga dari luar kaca mobil terlihat gelap dan dari dalam akan tetap terang jarak pandangnya.

Selain itu, Domo Film juga dilengkapi dengan masa garansi 8 tahun. Semakin membuat kualitas dari kaca film mobil dari Rustpro ini begitu terpercaya kualitasnya.

Dengan keunggulan yang ditawarkan, jelas menggunakan Domo Film untuk perlindungan kaca mobil kesayangan Anda adalah pilihan tepat untuk dilakukan.

Nah, jika Anda berdomisili di sekitar Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Surabaya, dan Bandung, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Lebak Bulus
    Lokasi: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
  2. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216
  3. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235

Karena seringkali produk Domo Film di Rustpro ini banyak dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho.

Penutup

Dalam rangka membuat mobil Anda lebih irit BBM saat dipakai mudik, perlu dilakukan beberapa hal seperti memeriksa kondisi mesin dan komponen mobil, hindari beban yang berlebihan, menggunakan teknik mengemudi yang benar, memperhatikan kebersihan filter udara dan busi, gunakan bahan bakar yang berkualitas baik, menggunakan AC mobil sewajarnya, serta mengaplikasikan kaca film mobil berkualitas bagus. Dengan melakukan hal-hal tersebut, Anda dapat membantu menghemat bahan bakar, mengurangi risiko kerusakan pada mobil, dan menjaga agar mobil Anda lebih awet dan tahan lama.

RUSTPRO

It's My Responsibility