❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

4 Tips Merawat Mesin Mobil Bekas dan Kisaran Biayanya

tips merawat mesin mobil bekas

Tips Merawat Mesin Mobil Bekas– Membeli mobil bekas bisa menjadi pilihan yang cerdas bagi banyak orang, tetapi mempertahankan performa mesinnya bisa menjadi tantangan tersendiri. Melalui artikel ini, kami akan membagikan sejumlah tips mengenai cara merawat mobil bekas.

Namun, sebelum kita sampai kepada pembahasan, penting untuk memahami mengapa perawatan mesin mobil bekas sangat penting. Mesin mobil bekas mungkin telah mengalami banyak penggunaan oleh pemilik sebelumnya. Sehingga tanpa perawatan yang tepat, komponen-komponen mesin bisa saja mengalami keausan lebih cepat. Oleh karena itu, tips merawat mesin mobil bekas sangat penting untuk memperpanjang umur mesin dan memastikan performa mobil tetap optimal.

Tips Merawat Mesin Mobil Bekas

Berikut adalah beberapa tips merawat mesin mobil bekas yang dapat Anda ikuti:

1. Periksa dan Ganti Oli Secara Rutin

Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen mesin dan mencegah keausan. Tips merawat mesin mobil bekas yang satu ini adalah yang paling penting, karena dengan memeriksa dan mengganti oli secara rutin, Anda dapat memastikan bahwa kendaraan Anda selalu menggunakan oli yang sesuai dengan spesifikasi mobil Anda.

2. Periksa dan Bersihkan Filter Udara

Filter udara berfungsi untuk mencegah debu dan partikel lainnya masuk ke dalam mesin. Tips merawat mesin mobil bekas yang satu ini juga tidak kalah penting, karena jika filter udara kotor atau tersumbat, mesin akan bekerja lebih keras dan ini bisa menyebabkan kerusakan.

3. Periksa Sistem Pendingin

Tips selanjutnya dalam merawat mesin mobil bekas adalah memeriksa sistem pendingin. Sistem pendingin berfungsi untuk menjaga suhu mesin agar tetap optimal. Jika sistem pendingin tidak bekerja dengan baik, mesin bisa menjadi panas dan ini bisa menyebabkan kerusakan.

4. Servis Rutin

Tips merawat mobil bekas yang terakhir adalah melakukan servis secara rutin. Meski Anda bisa melakukan banyak perawatan dengan seorang diri, namun tetap ada beberapa hal yang sebaiknya ditangani oleh profesional.

Biaya Perawatan Mesin Mobil Bekas

Biaya perawatan mesin mobil bekas bisa sangat bervariasi harganya, tergantung pada berbagai faktor, seperti jenis mobil, usia mobil, kondisi mesin, dan jenis perawatan yang diperlukan. Berikut ini adalah beberapa perkiraan biaya perawatan mobil bekas yang mungkin Anda hadapi:

Ganti Oli dan Filter Oli: Ini adalah perawatan rutin yang harus dilakukan setiap 3.000 hingga 5.000 km, tergantung pada jenis oli yang Anda gunakan dan rekomendasi produsen mobil. Biaya untuk perawatan ini biasanya berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 500.000.

Servis Rutin: Ini biasanya mencakup pemeriksaan dan penyetelan berbagai komponen mesin, dan biasanya dilakukan setiap 10.000 hingga 30.000 km. Biaya perawatan mobil bekas yang satu ini bisa berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 2.000.000, tergantung pada apa yang perlu dilakukan.

Ganti Filter Udara: Ini biasanya perlu dilakukan setiap 12.000 hingga 15.000 km, dan biayanya biasanya sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000.

Ganti Timing Belt atau Timing Chain: Ini biasanya perlu dilakukan setiap 60.000 hingga 100.000 km, dan biaya untuk ini bisa berkisar antara Rp 1.000.000 hingga Rp 3.000.000, tergantung pada jenis mobil dan tingkat kesulitan pekerjaan.

Ganti Spark Plug: Ini biasanya perlu dilakukan setiap 30.000 hingga 100.000 km, tergantung pada jenis spark plug yang digunakan. Biaya perawatan mobil bekas yang satu ini biasanya sekitar Rp 200.000 hingga Rp 500.000.

Baca Juga: 5 Tips Memeriksa Karat pada Mobil Bekas sebelum Membeli

Mobil Bekas Berkarat? Serahkan Saja ke RustPro Spesialisnya Anti Karat!

RustPro adalah ahli dalam perlindungan anti karat mobil yang memiliki pengalaman luas dalam menangani karat pada bagian-bagian vital kendaraan. Dengan latar belakang yang kuat dalam industri otomotif, RustPro telah menjadi pilihan pertama bagi pemilik mobil bekas yang berkeinginan untuk menghilangkan karat pada mobil mereka.

Mengapa RustPro menjadi pilihan yang tepat?

Berikut beberapa alasan yang membuat RustPro menjadi solusi ideal untuk mengatasi masalah karat pada mobil bekas yang baru saja Anda peroleh.

Tim Ahli Teknik yang Berpengalaman: Tim kami terdiri dari ahli teknik yang memiliki pengetahuan mendalam dan pengalaman bertahun-tahun dalam bidang otomotif, khususnya dalam perlindungan anti karat mobil. Mereka selalu siap memberikan beragam rekomendasi perawatan kendaraan setelah pemasangan anti karat.

Perlindungan Maksimal: Kami menggunakan formula anti karat khusus yang memberikan perlindungan maksimal terhadap karat. Produk anti karat kami berbasis karet, yang tidak hanya mencegah korosi, tetapi juga membentuk lapisan pelindung pada logam untuk mencegah oksidasi.

Garansi Hingga 8 Tahun: RustPro memberikan garansi hingga 8 tahun untuk layanan pemasangan anti karat mobil. Ini tentu saja dapat memberikan Anda keyakinan bahwa produk anti karat kami dapat bertahan sangat lama dalam melindungi mobil dari karat.

Hanya di bulan ini, kami menawarkan DISKON HINGGA 30% dan DISKON 40% untuk pengerjaan dari jam 5 hingga 10 malam! Untuk informasi lebih lanjut dan pemesanan antrian, silakan menghubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di 0813-1150-2678. Anda juga dapat mengeksplorasi berbagai konten menarik tentang layanan RustPro di Instagram @rustpro_indonesia.

Bagi Anda yang berada di wilayah Jakarta, Cirebon, dan Surabaya, silakan kunjungi alamat cabang kami berikut ini:

  • RustPro cabang Pengangsaan Dua, Kelapa Gading: Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250

  • RustPro cabang Cirendeu, Tangerang: Jl. Raya Cirendeu, RT.2/RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

  • RustPro cabang Cirebon: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133

  • RustPro cabang Lontar: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Surabaya, Jawa Timur 60216

Itulah dia beberapa tips merawat mesin mobil bekas dan kisaran biaya perawatannya. Merawat mesin mobil bekas mungkin memerlukan sedikit usaha dan perhatian ekstra, tetapi hasilnya pasti akan sepadan dengan usaha yang dikeluarkan. Dengan mengikuti tips merawat mesin mobil bekas di atas, Anda bisa memastikan bahwa mobil Anda tetap berjalan dengan lancar dan efisien, dan Anda pun bisa menikmati pengalaman berkendara yang lebih baik. Selamat mencoba!

RUSTPRO

It's My Responsibility