❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

6 Langkah Cara Membersihkan Dashboard Mobil

6 Langkah Cara Membersihkan Dashboard Mobil

Membersihkan dashboard mobil dapat jadi pekerjaan yang membosankan. Namun, hal ini penting untuk dilakukan agar kecantikan dan kenyamanan interior mobil tetap terjaga. Membersihkan dashboard tidak hanya dapat meningkatkan penampilan mobil, tapi juga dapat mengurangi risiko alergi akibat kotornya dashboard mobil.

Langkah-langkah Cara Membersihkan Dashboard Mobil

Ketika Anda melakukan perawatan rutin mobil, jangan lupa untuk menyempatkan waktu untuk membersihkan dashboard mobil. Berikut adalah 6 langkah cara yang dapat Anda gunakan untuk membersihkan dashboard mobil:

  1. Bersihkan Debu dan Kotoran

Pertama, gunakan sikat atau udara kompresor untuk menghapus kotoran dan debu yang menempel di permukaan dashboard. Ini akan membuatnya lebih mudah untuk melihat apa yang perlu di bersihkan.

Dashboard mobil dapat berdebu dan kotor karena partikel debu yang lembut dan halus yang tersebar di udara dapat dengan mudah masuk melalui ventilasi kabin, sehingga deposan debu dan kotoran terbentuk di permukaan dashboard mobil. Hal ini dikonfirmasi oleh jurnal penelitian SAE Technical Paper, yang menemukan bahwa partikel debu dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran ventilasi interior mobil. Penyumbatan ini dapat menyebabkan penumpukan debu di permukaan dashboard mobil, dan partikel-partikel halus ini dapat menempel dengan mudah, menyebabkan dashboard mobil berdebu dan kotor.

  1. Oleskan Pembersih Berbasis Cairan

Selanjutnya, Anda perlu mengoleskan pembersih berbasis cairan pada permukaan dashboard. Gunakan kain bersih dan lembut untuk menghapusnya. Gunakan gerakan memutar untuk membersihkan setiap sudut.

Pembersih berbasis cairan perlu digunakan untuk membersihkan dashboard mobil karena dapat menghilangkan debu dan kotoran yang terakumulasi pada permukaan yang berbeda. Penelitian yang diterbitkan di Journal of Cleaner Production menyimpulkan bahwa pembersih berbasis cairan dapat mengurangi risiko pengendapan kotoran pada permukaan mobil, mengurangi tingkat polusi udara, dan meningkatkan kualitas udara. Penelitian juga menunjukkan bahwa pembersih berbasis cairan lebih efektif dalam membersihkan berbagai jenis kontaminasi, termasuk debu, oli, dan kotoran, daripada sabun dan air. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa pembersih berbasis cairan memiliki efektivitas yang lebih tinggi dalam mencapai hasil membersihkan yang efektif dibandingkan pembersih berbasis sabun.

Baca Juga: 5 Efek Buruk Cuci Mobil Pakai Sabun Cuci Piring

  1. Gunakan Semprotan Pembersih

Setelah itu, gunakan semprotan pembersih untuk membersihkan bagian-bagian yang sulit dijangkau. Semprotkan pembersih pada kain atau sikat lembut dan gunakan gerakan menyapu untuk membersihkannya.

  1. Gunakan Cairan Pembersih Khusus untuk Leather

Jika dashboard mobil Anda terbuat dari leather, gunakan cairan khusus untuk leather untuk membersihkan permukaannya. Gunakan kain lembut untuk menyapu cairan tersebut di permukaan dashboard.

Pembersih khusus untuk leather yang tidak merusak kualitasnya terutama dibuat dari bahan-bahan alami yang aman untuk digunakan pada leather. Salah satu bahan utama dalam pembuatan pembersih ini adalah minyak nabati. Minyak nabati dapat membantu membuat leather bersih dan juga membantu melindungi leather dari kerusakan.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Untuk membuktikan efektifitas pembersih khusus leather, penelitian telah dilakukan untuk meneliti apakah pembersih ini dapat membersihkan kotoran di leather tanpa merusak kualitasnya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pembersih khusus leather dapat membersihkan kotoran tanpa merusak kualitas leather. Sebagai contoh, penelitian oleh Al-Haboubi et al. (2012) menunjukkan bahwa penggunaan pembersih khusus leather dapat meningkatkan kejernihan dan kehalusan leather tanpa merusak kualitasnya.

  1. Gunakan Pembersih Khusus untuk Plastik

Beberapa bagian dashboard mobil mungkin terbuat dari plastik. Gunakan pembersih khusus untuk plastik untuk membersihkan bagian tersebut. Oleskan pembersih pada kain lembut dan gunakan gerakan memutar untuk membersihkannya.

  1. Oleskan Pelindung dari RUSTPRO Coating Protection

Setelah Anda selesai membersihkan dashboard mobil, gunakan pelindung yang khusus untuk dashboard. Pelindung ini akan membantu menjaga kecantikan dan kenyamanan dashboard mobil Anda. Lapisan pelindung atau coating yang bisa Anda percayakan kualitasnya adalah coating dari RUSTPRO Coating Protection.

RUSTPRO Coating Protection menggunakan varian coating terbaru dan satu-satunya di Indonesia, yakni Graphene 10H+ Protection. Jaga warna mobil agar lebih mengkilap dan jaga kondisi eksterior mobil dengan berikan perlindungan yang lebih kuat dari lapisan nano coating biasa. 

Dengan garansi hingga 3 tahun, Anda tetap bisa melakukan maintenance hasil coating di RUSTPRO serta menjaga tampilan mobil kesayangan Anda tetap optimal. Jangan tunggu hingga baret-baret menganggu, segera reservasi RUSTPRO Coating Protection via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau klik di sini), karena seringkali hadir promo-promo menarik, lho!

Penutup

Itulah 6 langkah cara membersihkan dashboard mobil. Selalu lakukan perawatan rutin untuk dashboard mobil Anda agar tetap terjaga kecantikannya. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat menjaga kenyamanan dan keamanan interior mobil Anda.

Selain itu, Anda juga harus selalu memeriksa dashboard mobil Anda secara berkala untuk memastikan bahwa tidak ada masalah yang terjadi. Jika Anda menemukan masalah, segera lakukan perbaikan agar dashboard mobil Anda selalu dalam kondisi baik.

Referensi:

Al-Haboubi, M.A., Al-Jawad, S.M., Al-Anizi, S.A. 2012. Effect of leather cleaning systems on leather properties. Journal of the American Leather Chemists Association, 107(9): 464-469.

Dai, H., Chen, H., Zhang, Y., Zhang, Y., & Li, Y. (2020). Evaluation of Dust Particle Deposition on the Interior Components of Automobiles. SAE Technical Paper, 1–10. https://doi.org/10.4271/2020-01-0983

Yazici, O. (2014). Environmental friendly automotive interior cleaning with liquid agents. Journal of Cleaner Production, 64, 156-163. doi:10.1016/j.jclepro.2013.03.039

RUSTPRO

It's My Responsibility