❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Apa Itu Nano Coating, Manfaat, dan Prosesnya

apa itu nano coating

Terdapat beberapa jenis coating pada bodi mobil, mulai dari wax, sealant, hingga nano coating atau ceramic coating.

Wax adalah jenis coating terbuat dari bahan dasar alami, seperti lilin sintetis atau lilin lebah. Sementara sealant adalah jenis coating mobil yang terbuat dari bahan dasar akrilik.

Lalu apa itu nano coating?

Kami akan membahasnya secara lengkap mengenai apa itu nano coating. So, buat Anda yang berencana melakukan coating pada mobil kesayangan, pastikan simak artikel ini sampai selesai, ya!

Apa Itu Nano Coating?

Nano coating adalah perlindungan pelapisan yang menggunakan teknologi nano untuk memberikan perlindungan dan kilau ekstra pada bodi mobil.

Nano coating mobil atau biasa dikenal dengan nano ceramic coating atau nano paint protection ini terbuat dari partikel-partikel kecil (nanopartikel) yang mengisi pori-pori dan membentuk lapisan pelindung yang sangat tipis di atas permukaan mobil.

Kelebihan Nano Coating

Penggunaan nano coating pada mobil memiliki kelebihan sebagai berikut.

1. Membuat Tampilan Mobil Jadi Lebih Mengkilap

Kelebihan nano coating mampu memberikan kilau ekstra pada mobil, membuatnya terlihat lebih mengilap dan berkilau. Ini dapat meningkatkan penampilan mobil dan memberikan efek visual yang menarik.

2. Melindungi Bodi Mobil dari Goresan Halus

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Kelebihan nano coating berikutnya adalah dapat melindungi bodi mobil dari goresan halus. Bahan coating adalah perlindungan terbaik untuk melindungi mobil dari segala macam hal yang menyebabkan goresan, seperi kesalahan mencuci, terbeset ranting pohon, ataupun terkena kerikil di jalanan.

3. Mencegah Warna Cat dari Kepudaran dan Kekusaman

Selain dari goresan, kelebihan nano coating juga dapat membuat mobil tahan terhadap sinar UV yang menyebabkan kepudaran dan kekusaman pada warna cat. Tentunya ini dapat membuat tampilan mobil tetap optimal untuk berkegiatan sehari-hari meski di bawah sinar mentari.

4. Membuat Cat Tahan terhadap Air dan Jamur

Kelebihan nano coating terakhir adalah mampu membuat cat tahan terhadap air dan jamur. Bahan yang digunakan untuk nano coating dapat menciptakan efek layaknya daun talas yang kedap air.

Selain itu, bahan nano coating pun bisa membuat kotoran sulit menempel dan mengurangi penyebab bercak putih pada bodi mobil.

Proses Nano Coating

Adapun pengerjaan nano coating meliputi:

1. Washing

Ini adalah langkah awal dalam proses nano coating. Mobil terlebih dahulu dicuci hingga bersih menggunakan cairan pembersih khusus sampai tidak ada lagi kotoran yang menempel.

2. Pengeringan

Setelah dicuci, proses nano coating selanjutnya adalah mobil didiamkan dulu hingga kering sambil dilap menggunakan kain lembut khusus. Hal ini berguna agar bodi mobil terhindar dari goresan baru.

3. Pemolesan

Apabila sudah dipastikan kering, mobil lalu dipoles menggunakan mesin khusus untuk menghilangkan sisa goresan halus yang membuat kendaraan tidak dapat menunjukkan warna aslinya.

4. Detailing

Hampir sama seperti pemolesan, hanya saja proses nano coating yang satu ini dilakukan dengan sangat detail, yaitu dengan memoles mobil hingga pada bercak-bercak terkecil.

5. Coating

Terakhir, mobil lalu dimasukkan ke ruangan khusus tertutup untuk kemudian dilakukan coating atau pelapisan permukaan mobil menggunakan cairan nano ceramic secara merata.

Itulah informasi seputar apa itu nano coating, apa saja kelebihan dan manfaatnya, serta proses pengerjaannya.

Semoga setelah mengetahui apa itu coating, Anda menjadi lebih paham dan peduli terhadap tampilan fisik mobil, ya!

Baca Juga: Ini Dia Perbedaan Coating dan Detailing Mobil

Mau Pasang Nano Coating? Di RustPro Aja!

RustPro adalah sebuah bengkel modern yang berfokus pada coating dan detailing serta pemasangan anti karat pada mobil. Bersama kami, Anda dijamin akan mendapatkan kualitas pelayanan yang sangat memanjakan.

RustPro memastikan bahwa seluruh layanan yang diterapkan telah memiliki standar kualitas yang tinggi. Selain itu, kami juga berani memberikan jaminan hingga 8 tahun untuk setiap layanan di RustPro.

Hasil coating dan detailing mobil di RustPro pun dijamin sempurna. Permukaan mobil Anda dipastikan akan tahan dari terpaan cuaca, debu, hingga goresan yang dapat merusak tampilan mobil kesayangan.

Yuk, segera reservasi online sekarang melalui kontak WhatsApp Customer Service kami di 0813-1150-2678. Anda juga dapat langsung mengunjungi bengkel kami yang bertempat di Kelapa Gading, Jakarta Utara, tepatnya di Blok QJ 1 No, Jl. Boulevard Raya No.17, RT.12/RW.15, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.

RUSTPRO

It's My Responsibility