❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Ternyata Ini 5 Penyebab Body Mobil Kasar!

penyebab body mobil kasar

Mempertahankan tampilan mobil yang indah dan terawat merupakan hal penting bagi pemilik mobil. Namun, seringkali body mobil dapat terasa kasar atau kurang halus seiring berjalannya waktu dan penggunaan.

Penyebab body mobil kasar biasanya terjadi oleh beberapa faktor, seperti cuaca, lingkungan, dan kontaminasi bahan kimia. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir, ada beberapa tips dan trik detailing yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi masalah body mobil yang kasar dan mengembalikan kelembutan permukaannya.

Baca Juga: Ketahui Masalah Body Mobil yang Sering Terjadi

Penyebab Body Mobil Kasar

Ada beberapa penyebab umum mengapa body mobil dapat terasa kasar atau tidak halus. Berikut adalah beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab body mobil kasar:

1. Penumpukan Kotoran

Penyebab utama cat mobil kasar adalah tentunya karena penumpukan kotoran pada permukaan mobil. Jika mobil tidak dicuci atau dibersihkan secara rutin, kotoran, debu, dan residu lainnya dapat menempel pada permukaan body mobil. Hal ini dapat menyebabkan permukaan body mobil terasa kasar.

2. Kerusakan pada Cat

Selain karena penumpukan kotoran, penyebab body mobil kasar juga bisa terjadi karena adanya kerusakan pada cat mobil tersebut. Jika cat mobil mengalami goresan, noda, atau oksidasi, permukaannya tentu akan terasa kasar. Rusaknya permukaan cat ini dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, cuaca buruk, atau penggunaan produk pembersih yang tidak cocok.

3. Oksidasi Logam

Bagian logam pada body mobil seperti trim, grill, atau aksesori lainnya dapat mengalami oksidasi seiring berjalannya waktu. Hal ini bisa menjadi penyebab body mobil kasar dan warnanya pun menjadi terlihat kusam.

4. Kontaminasi Bahan Kimia

Hal lain yang menyebabkan body mobil terasa kasar adalah penggunaan produk kimia yang tidak tepat atau kuat pada permukaan body mobil. Misalnya, penggunaan bahan kimia yang keras pada plastik atau kaca yang bisa merusak permukaan mobil dan membuatnya terasa kasar.

5. Usia dan Keausan

Seiring waktu, body mobil dapat mengalami keausan dan penurunan kualitas permukaan. Ini juga bisa menjadi penyebab body mobil kasar atau kurang halus dibandingkan dengan kendaraan keluaran baru.

Cara Mengatasi Body Mobil yang Kasar

Supaya terhindar dari penyebab body mobil kasar, berikut kami sajikan beberapa cara mengatasi body mobil yang kasar.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

1. Cuci Mobil secara Menyeluruh

Cara pertama yang bisa Anda coba agar terhindar dari penyebab body mobil kasar adalah dengan mencuci mobil menggunakan sabun mobil yang lembut dan air bersih secara rutin. Pastikan Anda membersihkan seluruh permukaan body mobil, termasuk bagian-bagian yang sulit dijangkau. Gunakan sikat lembut atau spons mikrofiber untuk membersihkan dengan lembut dan menghilangkan kotoran yang menempel.

2. Hilangkan Goresan

Jika ada goresan pada body mobil, Anda dapat mencoba menggunakan komponen atau produk khusus yang dirancang untuk menghilangkan goresan pada cat. Ikuti petunjuk penggunaan yang terdapat pada produk tersebut dan gunakan secara hati-hati untuk menghindari kerusakan lebih lanjut pada permukaan. Dengan menerapkan cara mengatasi body mobil yang kasar, dijamin Anda akan terhindar dari hal-hal yang menjadi penyebab body mobil kasar.

3. Lakukan Polishing

Setelah mobil dicuci dan goresan dihilangkan, proses polishing juga dapat membantu mengatasi body mobil yang kasar dan mengembalikan kilap serta kehalusan pada permukaan body mobil. Gunakan produk polishing yang sesuai dengan cat mobil Anda dan aplikasikan dengan gerakan melingkar menggunakan aplikator atau kain microfiber lembut. Polishing akan membantu menjauhi dari potensi penyebab body mobil kasar.

Hal ini karena dengan melakukan polishing dapat menghilangkan baret kecil, oksidasi, dan noda kecil yang dapat membuat permukaan terasa kasar.

4. Aplikasikan Lapisan Pelindung

Setelah proses polishing selesai, Anda dapat melindungi permukaan body mobil dari beberapa penyebab body mobil kasar dengan menerapkan lapisan pelindung seperti ceramic coating atau paint protection film. Lapisan pelindung ini akan membantu mencegah goresan, noda, dan kerusakan lain pada cat mobil. Pastikan Anda mengikuti petunjuk penggunaan dan aplikasikan lapisan pelindung dengan benar.

5. Perawatan Rutin

Agar body mobil tetap halus dan terlindungi dari sejumlah penyebab body mobil kasar, lakukan perawatan rutin seperti mencuci secara teratur, menghilangkan noda segera, dan memberikan perlindungan tambahan seperti wax atau sealant secara berkala.

Untuk mengatasi masalah permukaan body mobil yang kasar, Anda juga dapat mempertimbangkan melakukan detailing mobil yang mencakup proses pembersihan, penghilangan goresan, dan perlindungan permukaan. Menggunakan produk yang tepat dan prosedur yang benar dapat membantu mengembalikan kehalusan dan kilap pada body mobil Anda. Jika kerusakan parah atau oksidasi terjadi, mungkin diperlukan perbaikan atau perawatan yang lebih intensif oleh profesional yang ahli dalam perbaikan body mobil.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Permukaan Cat Mobil Kasar, Yuk Coba!

RustPro Adalah Solusi Nyata Mengatasi Body Mobil yang Kasar

Kami menyediakan layanan “Coating and Detailing” untuk mengatasi permasalahan body mobil yang kasar. Bersama kami, permukaan mobil akan tampak seperti baru dan lebih menarik. Hal ini karena kami menggunakan bahan dasar berkualitas untuk setiap layanan yang kami berikan.

Dengan penggunaan bahan berkualitas tinggi, mobil Anda dijamin tahan dari sinar matahari, goresan benda asing, dan debu untuk jangka waktu beberapa tahun. Kami pun berani memberikan garansi hingga 8 tahun untuk hasil pengerjaan yang dilakukan oleh tim teknisi RustPro. So, Anda dijamin akan lebih hemat biaya deh karena tidak perlu bolak-balik mengeluarkan biaya untuk merawat mobil kesayangan Anda.

Segera lakukan reservasi secara online melalui kontak Customer Service kami di WhatsApp 0813-1150-2678. Anda juga dapat langsung mengunjungi bengkel kami yang beralamat di Blok QJ 1 No, Jl. Boulevard Raya No.17, RT.12/RW.15, Klp. Gading Bar., Kec. Klp. Gading, Jakarta, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14240.

 

RUSTPRO

It's My Responsibility