❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Penyebab Cat Mobil Luntur, Gara-gara Salah Penanganan?

Penyebab Cat Mobil Luntur

Apakah Anda ingin menjaga cat mobil Anda tetap indah dan berkilau? Mengetahui penyebab cat mobil luntur adalah langkah pertama untuk melindungi investasi Anda dan menjaga tampilan mobil selalu memukau. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi kecerahan dan keindahan cat mobil Anda. Dalam artikel ini, kami akan mengungkapkan penyebab cat mobil luntur serta memberikan tips berharga untuk mencegahnya. Mari disimak!

Penyebab Cat Mobil Luntur

Penyebab cat mobil luntur bisa terjadi karena beberapa sebab, mulai dari pengaruh lingkungan hingga adanya salah penanganan, berikut adalah beberapa faktor penyebabnya:

  1. Pencuci Mobil yang Tidak Aman untuk Cat

Pencuci mobil yang tidak tepat dapat menjadi penyebab cat mobil luntur. Saat mencuci mobil, seringkali kita menggunakan deterjen atau bahan pembersih yang umum digunakan di rumah. Namun, kita perlu menyadari bahwa beberapa deterjen tersebut mengandung bahan kimia yang keras dan abrasif. Bahan-bahan tersebut dapat merusak lapisan cat mobil, mengikis kilapnya, dan membuat warnanya pudar seiring waktu.

Oleh karena itu, penting untuk memilih pencuci mobil yang dirancang khusus untuk melindungi dan mempertahankan kecerahan warna cat mobil. Pencuci mobil yang ramah pada cat biasanya memiliki pH netral atau lembut, sehingga tidak akan merusak lapisan pelindung. Memilih pencuci mobil yang tepat akan membantu menjaga cat mobil Anda tetap bersinar dan terhindar dari luntur yang tidak diinginkan.

  1. Paparan Sinar Matahari yang Berlebihan

Keindahan mobil baru dengan cat yang mengkilap seringkali menjadi sorotan mata. Namun, sinar matahari yang terus-menerus dapat menjadi musuh bagi cat mobil Anda. Teriknya sinar matahari yang kuat dan paparan sinar ultraviolet (UV) dapat merusak pigmen dalam cat, menyebabkan cat mobil luntur dan perubahan warna yang tidak diinginkan.

Untuk melindungi cat mobil Anda dari dampak buruk sinar matahari, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah menggunakan wax atau pelapis UV yang dapat membentuk lapisan pelindung di atas cat. Selain itu, parkirkan mobil di tempat yang teduh atau gunakan penutup mobil yang dapat melindungi dari sinar matahari langsung. Upaya perlindungan ini akan membantu mempertahankan kecerahan warna cat mobil Anda dan mencegah cat mobil luntur.

  1. Tindakan Kurang Perawatan

Setiap mobil membutuhkan perawatan rutin untuk menjaga keindahan dan keawetan catnya. Kurangnya perawatan rutin dapat menjadi faktor penyebab cat mobil luntur. Terkadang, kita terlalu sibuk atau malas untuk melakukan perawatan yang tepat, seperti mencuci mobil secara teratur atau memberikan perlindungan tambahan seperti wax.

Perawatan mobil yang tepat termasuk mencuci mobil secara teratur dengan menggunakan produk pembersih yang dirancang khusus untuk cat mobil. Selain itu, Anda juga bisa memberikan lapisan pelindung tambahan seperti wax untuk melindungi cat dari elemen-elemen eksternal yang merusak. Dengan melakukan perawatan yang baik dan rutin, Anda dapat memperpanjang umur cat mobil Anda dan mencegah cat mobil luntur yang tidak diinginkan.

  1. Debu dan Kotoran yang Menumpuk

Dalam kehidupan sehari-hari, mobil seringkali terkena debu, kotoran, dan serpihan kecil lainnya. Namun, seringkali kita mengabaikan pentingnya membersihkan dan menghilangkan kotoran tersebut. Menumpukkan debu dan kotoran pada permukaan mobil dapat menyebabkan cat mobil luntur seiring waktu.

Dalam konteks ini, perlunya menjaga kebersihan mobil Anda menjadi sangat penting. Debu, serpihan, dan kotoran yang menumpuk pada cat mobil dapat menimbulkan goresan halus saat tergesek atau terkena tekanan. Selain itu, partikel-partikel kecil tersebut dapat mengandung bahan abrasif yang merusak lapisan cat, membuatnya pudar dan kehilangan kilapnya.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Untuk mencegah cat mobil luntur, pastikan untuk membersihkan mobil secara teratur dan menyeluruh. Gunakan alat pembersih yang lembut dan aman untuk permukaan cat, seperti spons mikrofiber atau kain khusus mobil. Perhatikan juga area-area yang sulit dijangkau, seperti lipatan atau sela-sela bodi mobil, yang sering kali menjadi tempat penumpukan debu yang terabaikan.

Selain membersihkan secara rutin, penting juga untuk menghindari menggunakan bahan atau produk pembersih yang kasar dan berpotensi merusak cat. Pastikan Anda menggunakan produk yang dirancang khusus untuk mobil, dengan formulasi yang lembut namun efektif dalam menghilangkan kotoran. Dengan menjaga kebersihan mobil Anda dengan baik, Anda dapat mencegah cat mobil luntur dan mempertahankan tampilan yang segar dan indah.

 

  • Produk Kimia yang Tidak Sesuai

Penggunaan produk kimia yang tidak sesuai dapat menjadi penyebab cat mobil luntur. Terkadang, kita cenderung menganggap semua produk pembersih sama dan menggunakannya tanpa mempertimbangkan komposisi dan formulasi yang tepat. Penggunaan produk pembersih atau zat-zat kimia yang keras dan beracun dapat merusak lapisan cat mobil.

Penting untuk selalu membaca petunjuk dan rekomendasi produsen sebelum menggunakan produk pembersih pada cat mobil Anda. Pastikan produk yang Anda pilih aman dan dirancang khusus untuk digunakan pada permukaan cat. Selain itu, hindari penggunaan bahan kimia yang keras seperti asam atau pelarut kuat yang dapat merusak lapisan pelindung cat. Dengan memilih dan menggunakan produk yang sesuai, Anda dapat menjaga keindahan cat mobil dan mencegah cat mobil luntur yang tidak diinginkan.

  1. Efek Cuaca Ekstrem

Cuaca ekstrem juga dapat menjadi faktor penyebab cat mobil luntur. Jika Anda tinggal di daerah dengan kondisi cuaca yang keras seperti hujan asam, salju, atau suhu yang sangat tinggi, cat mobil Anda dapat terkena dampak negatif.

Hujan asam, misalnya, mengandung asam sulfat dan asam nitrat yang dapat merusak lapisan cat. Garam yang digunakan untuk melawan es di jalan juga dapat menyebabkan cat mobil luntur. Selain itu, suhu yang tinggi juga dapat mengubah struktur dan warna cat mobil.

Untuk melindungi cat mobil dari efek cuaca ekstrem, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan. Pertama, cuci mobil secara teratur untuk menghilangkan residu hujan asam, garam, atau kotoran yang mungkin menempel pada permukaannya. Gunakan produk pembersih yang tepat dan khusus untuk membersihkan dan melindungi cat dari korosi.

  1. Goresan dan Benturan

Goresan atau benturan pada permukaan mobil dapat menjadi penyebab cat mobil luntur luntur dan mengurangi keindahan cat. Mobil sering terkena benturan kecil, seperti goresan dari cabang pohon, debu yang terbawa angin, atau kontak dengan objek lain di jalan. Meskipun goresan kecil mungkin tampak sepele, namun seiring waktu, goresan tersebut dapat merusak lapisan cat dan membuatnya mudah luntur.

Untuk menghindari cat mobil luntur luntur akibat goresan dan benturan, hindari kontak langsung dengan objek tajam atau keras yang dapat merusak cat. Parkirkan mobil Anda di tempat yang aman dan hindari garasi yang sempit atau tempat parkir dengan risiko goresan. Jika Anda mendapati adanya goresan pada cat, segera lakukan perbaikan atau tindakan yang diperlukan untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Dalam mengatasi goresan kecil, Anda dapat menggunakan produk penghilang goresan yang dirancang khusus untuk cat mobil. Namun, jika goresan cukup dalam atau merusak lapisan cat secara signifikan, sebaiknya berkonsultasi dengan ahli perbaikan atau bengkel cat profesional untuk memperbaikinya.

Baca Juga: Cara Hindari Kerusakan Cat Mobil Kena Kerikil

Cegah Cat Mobil Luntur dengan Perawatan Sempurna dari Graphene Coating di Rustpro

Paparan lingkungan serta kerusakan akibat salah penanganan untuk penyebab cat mobil luntur memang tak bisa dihindari. Setiap mobil berpotensi untuk mengalami masalah ini. Namun agar tak terjadi dengan cepat, pastikan untuk jaga cat mobil Anda agar tak mudah luntur dengan Graphene Coating di Rustpro!

Graphene Coating adalah lapisan pelindung inovatif yang menggunakan material Graphene 10H+ Protection yang sangat kuat dan tahan lama. Pelapisan ini membentuk lapisan yang tipis namun kuat di atas body mobil, melindunginya dari retakan dan kerusakan akibat paparan lingkungan eksternal. Dengan menggunakan Graphene Coating, body mobil Anda akan mendapatkan perlindungan terbaik dari benturan, goresan, sinar UV, korosi, dan bahan kimia berbahaya.

Selain itu, Rustpro adalah satu-satunya bengkel di Indonesia yang menggunakan formulasi coating Graphene 10H+ Protection ini. Dengan demikian, Anda bisa merasakan keunggulan eksklusif yang tidak dapat Anda temukan di tempat lain.

Karena seringkali layanan Graphene Coating di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau hubungi  di sini).

Kesimpulan

Merawat cat mobil Anda dengan baik dan memperhatikan faktor-faktor yang dapat menyebabkan cat mobil luntur sangat penting untuk menjaga tampilan dan keindahan mobil Anda. Pilihlah pencuci mobil yang tepat, hindari paparan sinar matahari berlebihan, lakukan perawatan rutin, jaga kebersihan, hindari penggunaan produk kimia yang tidak sesuai, dan perlakukan mobil Anda dengan hati-hati untuk mencegah goresan dan benturan. Dengan mengikuti langkah-langkah perlindungan ini, Anda dapat memastikan cat mobil Anda tetap indah dan terlindungi dari luntur yang tidak diinginkan.

RUSTPRO

It's My Responsibility