❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Telah Hadir Di Wiyung Surabaya

Pakai Semir Sepatu untuk Dashboard Mobil, Benarkah Aman?

Pakai Semir Sepatu untuk Dashboard Mobil, Benarkah Aman

Mempertahankan kebersihan dan kenyamanan di dalam mobil adalah hal yang sangat penting, termasuk menjaga dashboard mobil tetap bersih dan terawat. Namun, beberapa orang mungkin berpikir bahwa menghitamkan dashboard mobil dengan semir sepatu adalah cara yang mudah untuk membuatnya terlihat lebih baik. Sayangnya, penggunaan semir sepatu untuk dashboard mobil tidak disarankan karena dapat memperburuk kondisi dashboard mobil. Artikel ini akan menjelaskan beberapa alasan mengapa penggunaan semir sepatu untuk dashboard mobil tidak disarankan dan memberikan alternatif yang lebih aman dan efektif untuk merawat dashboard mobil.

Efek Negatif Menggunakan Semir Sepatu untuk Dashboard Mobil

Meskipun semir sepatu dapat memberikan kilau yang indah pada permukaan sepatu, namun penggunaannya pada dashboard mobil justru dapat merusak dan memperburuk kondisi dashboard mobil. Berikut adalah alasan-alasan penggunaan semir sepatu untuk dashboard mobil sangat tidak disarankan:

  1. Mengandung Bahan Kimia yang berbeda dengan Pembersih Dashboard Mobil

Semir sepatu biasanya mengandung bahan kimia yang berbeda dari produk pembersih dashboard mobil. Hal ini disebabkan oleh tujuan dari produk semir sepatu itu sendiri, yaitu memberikan kilau pada permukaan sepatu. Bahan kimia dalam semir sepatu mungkin tidak sesuai untuk permukaan dashboard mobil. Beberapa bahan kimia dalam semir sepatu, seperti silikon, dapat merusak lapisan permukaan dashboard mobil. Selain itu, produk semir sepatu biasanya tidak diformulasikan untuk mencegah pengumpulan debu atau kotoran pada permukaan dashboard mobil. Oleh karena itu, lebih baik menggunakan produk pembersih dashboard mobil yang dirancang khusus daripadai pakai semir sepatu untuk dashboard mobil.

  1. Mengandung Silikon yang Menyebabkan Dashboard Mobil Sangat Licin

Semir sepatu mengandung silikon, yang bisa membuat dashboard mobil menjadi terlalu licin dan mengurangi kualitas pandangan pengemudi. Silikon adalah bahan kimia yang umum digunakan dalam produk semir sepatu untuk memberikan kilau. Namun, ketika digunakan pada permukaan dashboard mobil, silikon dapat membuat permukaan terlalu licin dan mengurangi kualitas pandangan pengemudi. Ketika permukaan dashboard terlalu licin, cahaya akan memantul dan memantulkan bayangan pada jendela mobil, yang akan mengganggu penglihatan pengemudi. Hal ini dapat sangat berbahaya dan meningkatkan risiko kecelakaan.

  1. Mempercepat Debu dan Kotoran Menempel di Dashboard Mobil

Semir sepatu memiliki kandungan minyak yang dapat menempel pada permukaan dashboard mobil dan mempercepat kotoran dan debu menempel pada permukaan tersebut. Penggunaan semir sepatu untuk dashboard mobil dapat membuat permukaan dashboard mobil menjadi lebih mudah menempel kotoran dan debu karena kandungan minyaknya. Minyak yang menempel pada permukaan dashboard mobil dapat mempercepat pengumpulan debu dan kotoran, sehingga membuat permukaan dashboard mobil menjadi lebih cepat kotor dan sulit dibersihkan. Selain itu, minyak dapat merusak permukaan dashboard mobil dan membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan. Penggunaan semir sepatu untuk dashboard mobil dapat mempercepat penggantian atau perbaikan dashboard mobil karena kerusakan.

  1. Timbul Bau Khas yang Tidak Enak

Semir sepatu menghasilkan bau yang khas dan tidak enak pada bagian dashboard mobil. Semir sepatu umumnya memiliki bau yang khas dan tidak enak, yang mungkin akan tercium di dalam mobil. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan pengemudi dan penumpang dalam mobil. Selain itu, bau semir sepatu bisa bertahan cukup lama dan sulit untuk dihilangkan. Jika Anda ingin menjaga kenyamanan dan kesehatan pengemudi dan penumpang, disarankan untuk tidak menggunakan semir sepatu untuk dashboard mobil.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Bau Pesing di Mobil dengan Efektif

  1. Mempercepat Kerusakan Dashboard Mobil Karena Paparan Sinar UV

Penggunaan semir sepatu untuk dashboard mobil juga bisa membuat permukaan dashboard menjadi lebih mudah rusak akibat paparan sinar UV matahari. Dashboard mobil rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari dan panas yang dihasilkan olehnya. Penggunaan semir sepatu pada dashboard mobil tidak hanya dapat membuat permukaan menjadi lebih cepat rusak, tetapi juga mempercepat pemudaran dan penurunan kualitas permukaan dashboard mobil. Ini karena semir sepatu tidak melindungi permukaan dashboard mobil dari sinar UV dan panas. Untuk mencegah kerusakan akibat sinar matahari, disarankan untuk menggunakan produk conditioner dashboard mobil yang dapat melindungi permukaan dashboard dari sinar UV dan panas.

Jaga dan Optimalkan Warna Dashboard Mobil dengan Coating Mobil di Rustpro

Banyak yang menganggap semir sepatu untuk dashboard mobil adalah hacks paling cepat untuk mengatasi dashboard mobil yang kusam. Padahal sesungguhnya lebih banyak dampak negatif yang ditimbulkan akibat penggunaan semir sepatu untuk dashboard mobil daripada kelebihannya.

Hindari Antrian,
Ayo Reservasi Online!

Loading...

Untuk cara yang lebih efektif dan keamanannya terjaga, coating mobil adalah pilihan paling tepat untuk menjaga dan mengoptimalkan warna dashboard mobil Anda. Pastikan agar memilih bengkel dengan kualitas coating mobil terbaik agar pengaplikasiannya bisa optimal dan kualitas coating pun lebih maksimal.

Rustpro menghadirkan layanan coating mobil menggunakan formulasi Graphene 10H+ Protection yang memiliki sifat hydraphobic atau seperti ‘efek daun talas’. Sehingga percikan cairan, kotoran, dan polusi tak akan menempel di permukaan dashboard mobil yang menyebabkan baret atau rusak. Selain itu, sifat Graphene memiliki perlindungan yang jauh lebih kuat dari ceramic dan nano coating biasa dalam menjaga kondisi permukaan dashboard mobil dari goresan.

Dengan masa garansi 3 tahun, Anda bisa melakukan maintenance ulang dengan klaim garansi secara berkala di seluruh cabang Rustpro di Indonesia, selama garansi masih berlaku.

Jika Anda berdomisili di sekitar Cirebon, Bandung, dan Surabaya, cabang-cabang Rustpro ini bisa dengan mudah Anda tuju:

  1. Rustpro Cirebon
    Lokasi: Jl. Kesambi No.74A, Kesambi, Kec. Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45133
  2. Rustpro Bandung
    Lokasi: Jl. Soekarno Hatta No.372, Kb. Lega, Kec. Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat 40235
  3. Rustpro Lontar
    Lokasi: Jl. Raya Lontar No.81, Lontar, Kec. Sambikerep, Kota Surabaya, Jawa Timur 60216

Karena seringkali layanan coating mobil di Rustpro ini banyak dituju dan dipesan, pastikan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu agar bisa langsung dapatkan penanganan tanpa menunggu antrean dengan hubungi customer service Rustpro via WhatsApp di 0813-1150-2678 (atau hubungi di sini).

Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho. Jangan sampai ketinggalan, segera dipesan!

Akhir Kata

Disarankan tidak menggunakan semir sepatu untuk dashboard mobil, melainkan menggunakan produk pembersih dan conditioner dashboard mobil yang dirancang khusus untuk merawat dan melindungi permukaan dashboard mobil, seperti coating di Rustpro. Produk tersebut akan membantu menjaga keindahan dan daya tahan tampilan pada dashboard mobil kesayangan Anda.

RUSTPRO

It's My Responsibility