❗❗ RUSTPRO Kini Hadir 24 Jam | Senin - Minggu 🔴 Kami Akan Segera Hadir Di Wiyung Surabaya

Pakai Mobil Listrik saat Banjir, Apakah Aman?

Bahaya Pakai Mobil Listrik saat Banjir

Mobil listrik semakin populer di seluruh dunia karena keunggulan mereka dalam hal efisiensi dan ramah lingkungan. Namun, kendaraan listrik ini memiliki kelemahan yang perlu diperhatikan, terutama saat musim hujan dan banjir. Kondisi banjir yang bisa merendam kendaraan listrik, membuat pengemudi perlu memperhatikan faktor keamanan agar mobil tetap aman dan terhindar dari kerusakan. Dalam artikel ini, kami akan membahas efek mobil listrik saat banjir hingga tips keamanan penting yang harus diketahui oleh pengemudi mobil listrik saat menghadapi banjir.

Penggunaan Mobil Listrik saat Banjir Ternyata Tidak Direkomendasikan

Saat banjir terjadi, banyak area jalan yang tergenang air yang tinggi dan bisa mencapai bagian dalam mobil. Ini menjadi masalah besar bagi mobil listrik, karena mesin dan baterainya tidak dirancang untuk tahan air atau kelembapan yang berlebihan. Saat air masuk ke dalam mobil, itu bisa merusak sistem listrik dan elektronik, serta dapat menyebabkan short circuit yang berbahaya dan dapat mengancam keselamatan penumpang.

Selain itu, mobil listrik menggunakan baterai lithium-ion yang sangat sensitif terhadap air. Jika pakai mobil listrik saat banjir dan air masuk ke dalam baterai, itu bisa merusak sel dan komponen lainnya, sehingga memperpendek masa pakai baterai dan bahkan dapat menyebabkan kebakaran. Jadi, jika mobil listrik terkena banjir dan baterainya terkena air, itu bisa menjadi bencana bagi mobil dan penumpangnya.

Selain itu, mobil listrik biasanya memiliki sistem pendingin baterai dan motor yang dirancang untuk menjaga suhu baterai dan motor agar tidak terlalu panas atau terlalu dingin. Jika mobil listrik terendam air ketika pakai mobil listrik saat banjir, sistem pendingin ini akan berhenti bekerja dan dapat menyebabkan baterai dan motor menjadi terlalu panas, sehingga meningkatkan risiko kerusakan pada sistem listrik dan bahkan menimbulkan kebakaran.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk tidak menggunakan mobil listrik saat terjadi banjir. Jika Anda harus melintasi jalan yang tergenang air tinggi, lebih baik menggunakan kendaraan yang lebih tahan terhadap air seperti truk atau SUV. Jangan menempatkan keselamatan Anda atau penumpang Anda pada risiko dengan menggunakan mobil listrik di dalam air yang tinggi.

Baca Juga: Sama dengan Konvensional, Mobil Listrik Rentan Karat Juga

Tips Perawatan Mobil Listrik saat Banjir Melanda

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kondisi mobil listrik saat banjir agar tidak mengalami kerusakan yang parah:

  • Hindari banjir jika memungkinkan: Cara terbaik untuk menjaga mobil listrik saat banjir dari kerusakan adalah dengan menghindari banjir itu sendiri. Jika Anda tahu area yang rawan banjir, hindari melintasi area tersebut selama banjir.
  • Matikan mobil dan hindari menyalakan mesin kembali selama banjir: Jika mobil listrik Anda terkena banjir, matikan mobil segera dan hindari menyalakan mesin kembali selama banjir. Ini akan membantu mencegah kerusakan pada sistem listrik dan elektronik.
  • Jangan mencoba untuk mengecas mobil: Jangan mencoba untuk mengecas mobil listrik Anda selama banjir. Jika mobil terkena air, baterai sudah terhubung dengan air dan mencoba mengecasnya bisa menyebabkan kerusakan pada sistem baterai.
  • Jangan buka kap mesin atau bagian bawah mobil: Jangan mencoba membuka kap mesin atau bagian bawah mobil saat mobil terendam air. Air bisa merusak bagian-bagian di bawah kap mesin atau mobil, dan membuka kap mesin bisa mempercepat kerusakan pada sistem listrik dan elektronik.
  • Segera bersihkan mobil setelah banjir: Setelah banjir, segera bersihkan mobil listrik Anda dengan menggunakan semprotan air tekanan rendah dan kain bersih. Pastikan untuk membersihkan semua bagian mobil termasuk bawah mobil dan bagian dalam.
  • Periksa mobil secara teratur setelah banjir: Setelah banjir, pastikan untuk memeriksa mobil secara teratur. Periksa sistem listrik, sistem pendingin, baterai, dan motor untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.
  • Pasang anti karat mobil Rustpro di kolong mobil: Agar bagian kolong mobil listrik tak alami kerusakan karat akibat banjir, Anda bisa percayakan untuk memberikan perlidnungan kolong mobil listrik dari karat dengan anti karat Rustpro. Berbahan dasar rubber atau karet dengan garansi 8 tahun, ancaman karat mobil listrik saat banjir pun akan terhindari. Pastikan untuk reservasi terelebih dahulu via WhatsApp untuk pengaplikasian anti karat Rustpro di 0813-1150-2678 (atau hubungi di sini). Karena selain amankan slot antrean, Anda juga berkesempatan untuk dapatkan info seputar promo-promo menarik, lho.

Dengan mengikuti tips-tips ini, Anda dapat membantu menjaga mobil listrik Anda agar tidak mengalami kerusakan saat banjir. Ingatlah bahwa mobil listrik rentan terhadap air, dan Anda harus selalu berhati-hati saat mengemudikan mobil listrik selama kondisi cuaca buruk atau banjir.

Links

RESERVASI ANTI KARAT MOBIL

Saya mau reservasi layanan Anti Karat Mobil !

RESERVASI COATING DAN DETAILING MOBIL

Saya mau reservasi layanan Coating & Detailing Mobil !

RESERVASI KACA FILM - DOMOFILM

Saya mau reservasi Domofilm !

RUSTPRO

It's My Responsibility